Ini Dia Keterampilan Yang Harus Dimiliki Para Leader Agar Makin Mempesona

good leader

Sekarang ini banyak sekali tips ketrampilan presentasi bagi para leader yang mana bisa anda baca sebagai panduan dalam menyampaikan sebuah presentasi di depan umum. Anda bisa melihatnya diberbagai  website di Internet.

Seorang leader ( pemimpin ) harus dituntut untuk bisa menyampaikan presentasi di depan khayalak ramai
Pasti bagi sebagian pembaca disini sudah tidak asing lagi dengan istilah leader , bukan? Leader atau yang disebut juga dengan pemimpin merupakan seseorang yang bisa kita panuti dan juga seseorang yang segala gerak dan tingkahnya menjadi sorotan masyarakat. Misalnya saja seorang pimpinan dalam suatu perusahaan. Seorang pemimpin dalam suatu perusahaan harus selalu dituntut untuk berpenampilan menarik dan mempunyai etika yang baik. Hal ini karena segala gerak dan tingkahnya menjadi sorotan dan panutan bagi bawahanya. Selain itu, seorang pemimpin atau leader harus mempunyai kemmapuan dan ketrampilan dalam presentasi.

Good Leader 2

Apa itu presentasi? Dan mengapa seorang pemimpin harus mempunyai kemampuan dalam berpresentasi ini? Apa pentingnya?
Pada dasarnya , presentasi adalah sebuah aktivitas dimana kita bisa memberikan, menyampaikan dan menampilkan segala macam ide gagasan kita dalam suatu kasus permasalahan. Dengan melalui kegiatan presentasi ini, seseorang bisa menyampaikan berbagai macam pandangan atau gambaran dan penyelesaian terhadap suatu masalah. Melaui presentasi ini seorang pemimpin ( guide ) bisa menyampaikan segala macam rencana maupun pandangan terhadap suatu permasalahan dan bawahan atau orang lain bisa memberikan berbagai macam pendapat mereka sehingga bisa mencapai tujuan yang bagus dan terarah.
Sama halnya dengan pemimpin pada umumnya, seorang leader pada suatu perusahaan juga harus mempunyai ketrampilan dalam berpresentasi ini. Hal ini sangat penting karena beberapa alasan berikut ini , yaitu:

a. Agar komunikasi antar leader dengan bawahan / karyawana tetap terjaga karena ketika melakukan presentasi , peserta presentasi dapat juga ikut serta dalam menyampaikan pendapat atau memberikan pandangan terhadap suatu proyek.

b. Agar sebuah proyek berjalan dengan lancar. Sebelum sebuah proyek dilakukan tentu saja ada beberapa prosedur dan pembagian tugas pada masing – masing pekerjaanya. Nah disini tugas seorang leader atau pemimpin untuk menyampaikan berbagai macam prosedur yang harus dilakukan dalam pengerjaan suatu proyek sehingga paea karyawan mempunyai gambaran yang jelas mengenai tugasnya dan proyek akan berjalan dengan lancar.

c. Menjadikan seorang leader lebih bisa tampil berwibawa dan lebih percaya diri. Selain itu juga membuat seorang leader lebih berfikir kreatif dan inovatif

d. Presentasi membuat segalanya lebih jelas dan terarah

e. Presentasi juga bisa digunakan sebagai salah satu ajang diskusi anara atasan dan bawahan untuk mencapai suatu mufakat bersama.

f. Dengan presentasi yang bagus bisa menambah link kerjasama antara berbagai macam pihak perusahaan yang lain.

g. Presentasi yang bagus menentukan tingkat keberhasilan suatu project dalam perusahaan
Tips meningkatkan ketrampilan presentasi bagi para leader.

Presentasi memang bukan aktivitas yang mudah bagi sebagian orang. Pada dasarnya yang terpenting dalam suatu presentasi adalah rasa percaya diri dan bagaimana cara membawakanya. Selain itu anda bisa mengikuti tips presentasi berikut ini :

a. Persiapankanlah materi jauh jauh hari sebelum presentasi dan sebaiknya dipelajari dulu secara mendetail. Anda juga bisa mengemas materi anda dengan menarik agar audience tertarik.

b. Berlajarnya menguasai kondisi. Mungkin anda bisa melakukan presentasi dengan menjelaskan sambil berjalan dan sesekali melontarkan gurauan atau pertanyaan keapada audience. Gunakan gesture ( bahasa tubuh ) ketika presentasi.
c. Jelaskan secara singkat dan jelas mengenai point – point utama yang menjadi tema presentasi anda menjadi salah satu keterampilan presentasi bagi para leader.