Kunci Rahasia Membuat Manajemen Pelatihan Yang Powerfull

050414200_1460615531-FOTO_LIPUTAN6

Pelatihan manajemen yang bagus ditujukan untuk mendidik kinerja bekerja dan disiplin waktu pada karyawan. Tujuan pelatihan SDM yang digelar oleh perusahaan tidak lain adalah dalam rangka meningkatkan kualitas SDM sehingga mendukung pembentukan kondisi dan situasi kerja kondusif. Pelatihan sejenis sebenarnya juga bermanfaat bagi setiap individu yang ingin memperbaiki kualitas hidupnya yang diharapkan bisa memberi dampak baik pada perkembangan karirnya.

Diketahui beberapa perusahaan besar menggunakan bermacam model dalam sebuah program pelatihan. Tentunya model yang diterapkan disesuaikan dengan kebutuhan. Bahkan tidak sedikit pula yang sampai harus mendatangkan narasumber dari luar guna menjamin kesuksesan program pelatihan. Memang tidak ada yang salah. Karena narasumber pelatihan itu sendiri bisa berasal dari dalam ataupun luar perusahaan.
Namun, sebenarnya ada 2 kunci utama yang tidak boleh dilupakan dalam membetuk sistem manajemen yang baik. Sehingga mampu mendukung terciptanya situasi kondusif dalam perusahaan. Adapun kedua kunci pelatihan manajemen yang bagus tersebut adalah waktu dan juga prioritas. Untuk lebih jelasnya, berikut diberikan tabel seputar kunci utama dalam pelatihan manajemen:

1. Manajemen waktu

Waktu adalah satu-satunya hal yang sulit untuk dikalahkan. Sekali saja waktu itu pergi, maka tidak akan pernah kembali. Oleh karena itu pula ada banyak model latihan dalam sesi pelatihan SDM yang pada umumnya memiliki tujuan sama. Tujuan tersebut yaitu menciptakan waktu efektif dan efisien. Dalam poin ini bisa menghargai waktu menjadi hal wajib yang tidak bisa dianggap remeh.

2. Manajemen prioritas

Dalam sebuah agenda, tidak dipungkiri selalu ada dorongan agar bisa mencapai suatu target. Karena itu sudah semestinya bisa memutuskan hal-hal apa saja yang perlu diprioritaskan dan apa yang bisa dipending untuk dikerjakan di lain hari. Adapun pada manajemen prioritas suatu sistem pengelolaan dari rancangan waktu yang sudah dibuat sebelumnya sangat diandalkan.

Poin Crucial Pelatihan Manajemen

a. Dalam manajemen waktu ketepatan waktu tidak melulu berarti suasana kaku. Pasalnya pelatihan manajemen itu sendiri selalu menekankan pada konsep tepat waktu agar masing-masing individu mampu memberi kualitas kerja optimal.

b. Dalam manajemen prioritas ada beberapa patokan yang dapat digunakan seperlu mengetahui skala prioritas dalam agenda kegiatan, diantaranya penting, mendesak, tidak penting, dan tidak mendesak.

Itulah uraian seputar 2 kunci utama dalam pelatihan manajemen yang bagus. Lantas sejauh mana suatu pelatihan SDM dikatakan akan berjalan sukses? Hal ini bergantung dari tingkat pembiasaan yang bisa diimplementasikan para peserta. Alasannya karena suatu program pelatihan SDM direncanakan untuk 2 tataran, yakni kerja kelompok dan kerja individu. Mungkin Anda memiliki pertanyaan, kira-kira mana yang lebih sulit?

Perlu diketahui, penerapan pelatihan dirasa akan lebih sulit pada sistem kerja kelompok. Mengapa bisa demikian? Satu alasan yang pasti karena adanya tingkat individualitas yang cenderung cukup tinggi. Individualitas itu pula yang melahirkan persaingan ketat dalam tim kerja, sehingga tidak jarang dapat berbuntut pada perpecahan dalam tim. Padahal sistem kerja kelompok inilah yang di kemudian hari dibutuhkan dalam melakoni segudang aktivitas kerja dalam ruang lingkup kerja nyata.

Oleh karena itu, dalam kerja kelompok kekompakan amat penting. Kekompakan harus selalu dijaga agar dapat memperkuat ikatan kepedulian antara sesama anggota tim. Proses penerapannya bisa dibilang cukup lama. Meskipun demikian, penerapan yang baik menjanjikan hasil optimal. Selanjutnya bisa dibiasakan dan dijalankan secara rutin dalam program pelatihan manajemen yang bagus.

Salam Sukses Penuh Keberkahan