3 TEKNIK PRESENTASI YANG MEMUKAU DAN MEMBUAT TERPUKAU AUDIENS

By Gustyana

Banyak orang yang tidak berani untuk tampil sebagai public figure (contoh), atau berani tampil di depan umum, atau berani menunjukkan ide kepada orang lain. Menyampaikan ide kepada orang lain dibutuhkan skills khusus. Beberapa orang hanya jago sebagai konseptor saja, ketika menyampaikan ide brilian di depan umum, wah dia merasa ketakutan, deg-degan, nervous dan lain – lain. Jadi tidak banyak orang yang jago untuk menyampaikan pendapatnya di depan umum, dan dikuat pada sisi konseptor.

            Belum lagi bagaimana ketika Anda yang ingin karirnya meningkat, secara otomatis, Anda membutuhkan kemampuan untuk menyampaikan ide Anda kepada tim Anda dengan public speaking, betulkan? Bagaimana Anda bisa maju kalau tidak mampu mengkomunikasikan dan menyampaikan ide Anda kepada tim Anda. Kekuatan leader salah satunya adalah public speaking ini.

Kita akan membahas mengenai, teknik – teknik  public speaking ini yang powerfull :

  1. Teknik pembukaan

Bagaimana teknik pembukaan ini sangat penting, ingat bagaimana seseorang saat first impressed , nah kemampuan menancapkan impresi positif ketika pembukaan training akan membawa mood awal kepada peserta training baik, dan alur ke belakangnya berjalan dengan enak.

2. Teknik Penyampaian Materi

Bagaimana memberikan penyampaian materi yang begitu powerfull, dengan content yang menarik dan berbasiskan pada tujuan (obyektif) training. Ini hal yang tidak mudah, karena inti materinya ini justru adalah hal yang terpenting, dengan penyampaian yang menarik dengan praktik yang lebih banyak kalau dalam teknik learning development adalah 70% praktik, dan 30% konsep.

3. Teknik Closing

Teknik closing yang baik adalah summary dari berbagai tema dan materi yang telah disampaikan. Untuk menanamkan materi yang begitu melekat dibenak peserta training, biasanya teknik closing yang baik adalah dengan memberikan satu kunci khusus dari begitu banyaknya materi kita sehingga closing kita pun kita pilih yang begitu sangat nyeleneh, lucu, dan simple mengena dibenak peserta, insyaallah akan diingat lebih lama dan menempel.

Demikian 3 teknik presentasi yang harus kita pikirkan :

  1. Bagaimana teknik pembukaan
  2. Bagaimana teknik penyampaian yang efektif (materi inti)
  3. Bagaimana teknik closing yang membekas diakhir sessi

Semoga bermanfaat untuk menjadi seorang leader, ataupun pebisnis yang mampu menyampaikan ide brilian Anda di depan tim Anda.