Refresh Bagaimana Pengukuran Level Evaluasi Pengembangan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia

By Gustyana

Banyak program pelatihan yang dianggap tidak efektif dibanyak perusahaan, tidak banyak praktisi HRD yang mampu membuktikan bagaimana program training dan pengembangan karyawan berdampak kepada bisnis dan organisasi pertanyaannya mengapa?

1. Karena training banyak perusahaan bukan dianggap sebagai investasi;

2. Karena training dianggap menghabiskan dana perusahaan;

3. Para praktisi HRD belum mampu membuktikan bagaimana program pelatihan dan pengembangan HR belum mampu memiliki dampak kepada paska training seperti perubahan perilaku, nilai investasi yang berimpak kepada return on investment training;

4. Training belum mampu membuktikan p bagaimana impak pelatihan kepada organisasi bisnis mereka.

Bagaimana melakukan evaluasi program training Anda:

a. Evaluasi training level 1 Reaksi (Reaction)

Pada tingkat ini keberhasilan suatu pelatihan dapat dievaluasi dari reaksi atau respon peserta pelatihan. Minat dan keaktifan peserta pelatihan menjadi indikasi  bahwa peserta dapat mengikuti pelatihan dengan antusias dan penuh semangat.

b. Evaluasi Level 2 : Evaluasi Belajar (Learning)

Efektifitas pelatihan, dalam level ini, diukur dari dampaknya terhadap peserta. Apakah setelah pelatihan berakhir ada perubahan dari aspek pengetahuan, ketrampilan atau perilaku kerja ke arah yang lebih baik

Cara melakukan evaluasi pelatihan lainnya adalah dengan melakukan pre test dan post test, yaitu peserta diberikan tes terlebih dahulu sebelum pelatihan dijalankan dan sesudah pelatihan dijalankan. 

c. Evaluasi Level 3 : Tingkah Laku (Behavior)

Evaluasi training level 3 ini lebih memfokuskan pada evaluasi pelatihan karyawan dari aspek perubahan perilaku, pada level 3, evaluasi akan menilai apakah setelah mengikuti pelatihan peserta mengalami perubahan perilaku yang berdampak pada kinerja.

d. Evaluasi Level 04 : Evaluasi Akhir (Result)

Evaluasi training pada level 4 menekankan pada hasil akhir (result) setelah mengikuti diklat. Hasil akhir dalam hal ini dapat berupa indikator-indikator kinerja yang nyata seperti kenaikan produktifitas, peningkatan laba, penurunan biaya, penurunan tingkat kesalahan, peningkatan kualitas, penurunan keluhan pelanggan.

e. Evaluasi Level 05 : Evaluasi Return On Investment Training (ROI)

Perhitungan ROI ini sangat fleksibel dan dapat digunakan untuk investasi apapun. Manajemen perusahaan dapat menggunakan ROI ini untuk mengukur laba atas modal yang diinvestasikan, Investor dapat menggunakannya untuk mengukur kinerja saham yang mereka investasikan sedangkan Individu dapat menggunakan Return on Investment ini untuk mengukur laba atas aset mereka.

  • jangka waktu pengembalian biaya (payback period). Cara lain untuk mengukur ROI adalah dengan menghitung berapa lama (bulan) jangka waktu yang dibutuhkan agar biaya yang telah investasikan untuk pelatihan menjadi impas. Adapun rumus untuk menghitung jangka waktu pengembalian investasi adalah:
  • Jangka Waktu Pengembalian = Biaya Program / Keuntungan Bulanan

Demikian ulasan dari sedikit tentang 5 evaluasi training :

1. Evaluasi training level 1 : Reaksi (Reaction)

2. Evaluasi training level 2 : Evaluasi Belajar (learning)

3. Evaluasi training level 3 : Tingkah Laku (Behaviour)

4. Evaluasi training level 4: Evaluasi Akhir (Result)

5. Evaluasi training level 5 : ROI Training