6 Langkah Pengembangan Karir Untuk Para Freshgraduate Millenials

By Gustyana

Bagaimana pengembangan karir freshgraduate yang baik? Setelah lulus dari bangku kuliah tentunya anda pun akan dihadapkan dengan  dunia kerja. Dunia kerja dikenal sebagai dunia sesungguhnya yang mengharuskan anda untuk menjalani hidup dengan lebih mandiri. Dalam hal ini anda akan melewati beberapa tahapan terlebih dahulu, dimulai dari proses melamar pekerjaan, mengikuti seleksi, hingga lolos dan masuk ke dalam dunia kerja. 

Bagi anda yang baru saja lulus dan ingin mengembangkan karir di dunia kerja, maka pastikanlah untuk melakukan pengembangan karier dengan beberapa langkah di bagian bawah ini : 

1. Kumpulkan prestasi yang pernah diraih

Jika anda termasuk dalam mahasiswa berprestasi, baik itu dalam bidang akademik maupun non akademik. Maka tidak ada salahnya untuk mengumpulkan beragam bukti prestasi yang pernah anda raih tersebut. Pasalnya dengan beragam prestasi yang pernah anda raih, maka nilai jual anda dalam dunia kerja pun akan meningkat. Hal ini dapat anda lakukan dengan mencantumkan beragam bukti prestasi tersebut pada cv yang anda miliki ketika melamar pekerjaan, sehingga pihak perusahaan pun dapat mempertimbangkan kemampuan yang anda miliki untuk kemudian diterima di perusahaannya. 

2. Kenali potensi diri 

Bagi anda yang telah masuk dalam dunia kerja, tentunya tidak mudah untuk mengajukan resign dari perusahaan tempat anda bekerja. Apalagi jika anda terikat kontrak kerja yang tentunya mewajibkan anda untuk menuntaskan pekerjaan dalam jangka waktu lama. Namun alasan tidak sesuai passion seringkali membuat anda merasa jenuh dan ingin keluar dari pekerjaan yang anda miliki. Untuk menghindari hal tersebut, maka ada baiknya bagi anda untuk mengenali passion yang anda miliki terlebih dahulu. Pasalnya pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan passion akan lebih mudah untuk dilakukan dan menyenangkan bagi para pelakunya, tetapi tidak semua orang sukses dimulai dari passion Anda, ini hanya salah satu saran.

3. Target pekerjaan 

Dalam dunia kerja, anda bisa saja menekuni bidang yang tidak sesuai dengan masa perkuliahan yang telah anda lewati. Tidak ada masalah dengan hal tersebut, selama anda fokus di dalamnya dan memiliki target yang pasti. Karena itulah, dalam melakukan pekerjaan pastikan untuk memiliki target khusus yang tentunya akan membuat anda semakin semangat dalam memulai pekerjaan. 

4. Menguasai skill tertentu

Penggunaan teknologi yang semakin canggih tentu menuntut sumber daya agar lebih berkualitas. Karena itulah bagi anda yang baru saja lulus kuliah, maka ada baiknya untuk menguasai satu skill khusus yang dapat menjadikan anda lebih istimewa dibandingkan dengan pesaing lainnya. Selain bertujuan untuk menjadikan sosok anda yang lebih menjual, skill tersebut juga dapat membantu anda agar tidak terkalahkan oleh penggunaan teknologi masa kini yang tentunya lebih banyak menggantikan peran manusia. 

Skill yang anda miliki juga tidak hanya berguna dalam dunia kerja saja, tetapi dapat membantu anda dalam kehidupan yang akan datang. 

5. Gagal dan berjuang

Bukan rahasia lagi, jika banyak diantaranya para fresh graduate yang gagal dalam melamar pekerjaan. Baik itu kegagalan dalam proses melamar, ketika seleksi, wawancara dan lainnya. Namun ketika anda mengalami kegagalan pastikan untuk bangkit dan berjuang kembali. Pasalnya ada banyak pula pihak lainnya yang mengalami hal serupa dan bahkan jauh lebih mengkhawatirkan dibandingkan dengan apa yang anda alami. Selain itu, gagal dalam melamar pekerjaan juga dinyatakan sebagai hal wajar. Karena itulah penting bagi anda untuk terus melanjutkan langkah dengan berjuang. Pasalnya setiap usaha yang telah dilakukan tentu akan membuahkan hasil yang luar biasa. 

6. Membangun jaringan dengan orang sekitar

Jika anda termasuk dalam tipe orang yang pemalu, maka ketika anda memasuki dunia kerja ada baiknya untuk menghilangkan rasa malu tersebut. Pasalnya ketika anda menjadi sosok pemalu, maka karir dalam dunia pekerjaan pun akan sulit untuk anda bangun. Selain harus berhubungan dengan para pekerja lain, komunikasi juga menjadi bagian penting dalam dunia kerja. Karena itulah ada baiknya bagi anda untuk meningkatkan kepercayaan diri dan membangun jaringan dengan orang-orang yang ada di sekitar anda. 

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai beberapa langkah tepat untuk mengembangkan karir bagi fresh graduate yang dapat penulis uraikan kali ini.