Mempelajari 6 Kiat Gendeng Berbisnis ALA Jack Ma

By Gustyana

Apakah anda termasuk orang yang ingin belajar bisnis dari jackma alibaba? Jika benar, maka ada baiknya bagi anda untuk mengenal siapa Jack Ma serta bisnis seperti apa yang dimilikinya terlebih dahulu. Berikut penjelasannya : 

Siapa Jack Ma dan apa bisnis yang dimilikinya? 

Jack Ma dikenal sebagai salah satu deretan orang terkaya di dunia. Sebagai pendiri dari online marketplace dengan nama Alibaba Jack Ma tentunya memiliki penghasilan yang luar biasa. Bahkan pada tahun 2014 lalu, situs miliknya tersebut dinobatkan sebagai online marketplace dengan keuntungan tinggi. Berbicara mengenai bisnis, usaha dari online marketplace yang didirikannya tersebut tentu telah dibuatnya dalam jangka waktu lama, yaitu sejak 1999 dan keberadaannya hingga kini menjadikan marketplace tersebut sebagai bisnis yang menguntungkan. Tidak heran jika kemudian Jack Ma pun dinyatakan sebagai orang terkaya di negara Cina. 

Sebagai pengusaha, Jack Ma tentunya memiliki beberapa kiat khusus yang dapat anda gunakan untuk dijadikan contoh dalam bisnis ataupun usaha yang anda miliki. Ingin tau kiat sukses apa saja? Simaklah penjelasannya berikut ini : 

1. Ekspansi bisnis mendunia

Dalam hal ini Jack Ma memiliki anggapan untuk tidak hanya melakukan bisnis di satu negara saja, melainkan di seluruh negara. Melalui prinsip tersebut tentunya bisnis Alibaba yang dilakukan olehnya pun lebih terdorong untuk mencapai pangsa pasar yang lebih besar dan global. Selain itu, Jack Ma juga sangat mempercayai bahwa bisnis yang dilakukan secara global dapat bertahan jauh lebih lama. Karena itulah ia pun memanfaatkan internet untuk mengembangkan beragam kegiatan bisnis yang dimilikinya. 

2. Ingin maju 

Jack Ma juga dikenal sebagai sosok yang selalu ingin maju. Dalam hal ini Jack Ma memiliki anggapan bahwa bisnis tidak hanya berkaitan dengan produk serta pelanggan saja, tetapi ada pula kompetitor. Memikirkan kompetitor membuat Jack Ma selalu ingin maju, hingga akhirnya ia pun berpikir bagaimana caranya agar menjadikan bisnis yang dimilikinya lebih mendunia atau terjun secara global. Dari hal itulah bisnis Alibaba yang dimilikinya kini dikenal di seluruh penjuru dunia dan bahkan digunakan oleh banyak pihak. 

3. Fokus pelanggan 

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting adalah memperhatikan pelanggan. Dalam hal ini, Jack Ma berusaha agar para pelanggan yang dimilikinya tetap loyal dengan bisnisnya. Dalam hal ini banyak sekali kompetitor yang terus bermunculan dalam dunia marketplace. Namun Jack Ma tidak pernah merasa khawatir selama pelanggan yang dimilikinya tetap loyal. Pasalnya apabila kompetitor yang ada tidak memiliki pelanggan, maka bisnis atau usaha yang dimilikinya pun akan gulung tikar. Dengan kata lain, pastikan untuk menomorsatukan pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan menjaga kepercayaan atau bahkan layanan yang diberikan sehingga pelanggan tetap bertahan dengan usaha atau bisnis yang anda miliki. 

4. Pintar dalam menangkap peluang 

Selain beberapa hal di bagian atas tadi, Jack Ma juga termasuk dalam sosok yang tidak melewatkan peluang begitu saja. Seperti halnya yang terjadi pada tahun 1999 di Cina, yang mana masalah infrastruktur yang minim menjadikan Cina sulit untuk mengembangkan usaha-usaha yang dimilikinya. Sementara itu, Jack Ma dengan ide kreatif yang dimilikinya mulai mendirikan Alibaba sebagai online marketplace yang tentunya dapat membantu para pengusaha untuk memasarkan produk yang dimilikinya dengan lebih mudah. 

5. Inovatif serta Kreatif 

Tidak dapat dipungkiri bahwa jiwa yang inovatif serta kreatif dapat mempengaruhi bisnis untuk maju dengan lebih mudah. Dalam hal ini,  Jack Ma seringkali memutar otak untuk mencari ide yang lebih kreatif atau bahkan berinovasi pada bisnis yang dimilikinya agar bisnis atau usaha tersebut lebih maju ke depan. Adapun, jika bisnis yang dimilikinya mengalami kegagalan maka ia akan mencari ide yang lebih kreatif lainnya. 

6. Tidak memperdulikan Haters

Hal terakhir yang perlu anda pelajari dari sosok Jack Ma dalam bisnis online yang dimilikinya adalah mengabaikan haters. Dalam hal ini, Jack Ma sempat menerima banyak cibiran karena idenya dalam membuat sistem pembayaran khusus bagi online marketplace yang dimilikinya. Namun Jack Ma tidak memperdulikan hal tersebut, hingga akhirnya ia pun berhasil membuat sistem pembayaran tersebut yang kemudian dikenal dengan nama Alipay dan kini menjadi salah satu sistem pembayaran terbesar yang ada di Cina.