Kenapa Produk China Terbilang Edan dan Murah, Pesaing Pikir Ulang Untuk Bersaing

By Gustyana

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

Banyak orang yang bertanya mengapa produk elektronik yang berasal dari Cina memiliki harga murah? Untuk mengetahui alasannya simaklah uraian penjelasan berikut ini : 

Mengenal Negara Cina 

Cina dikenal sebagai salah satu negara besar yang memiliki banyak penduduk. Selain itu, Cina juga dikenal pada tingkat kemajuan teknologi serta industri yang dimilikinya. Bahkan Cina juga dinyatakan sebagai salah satu negara yang memberikan pengaruh besar bagi perekonomian dunia melalui kegiatan industri yang dimilikinya. 

Pada dasarnya ada beragam jenis barang atau produk yang dihasilkan oleh Cina dimulai dari produk komunikasi, elektrik hingga otomotif. Setiap produk yang dihasilkannya tersebut dijual dengan harga terjangkau, sehingga konsumen yang berasal dari berbagai negara pun turut memburunya. 

Bagi anda yang ingin mengetahui apa alasan dibalik harga produk dari industri Cina dijual murah, pastikanlah untuk memperhatikan penjelasannya di bagian bawah ini :

Melimpahnya Bahan Baku 

Banyak orang yang berpendapat bahwa produk dari Cina dijual murah karena disesuaikan dengan kualitas yang dimilikinya, faktanya tidak demikian. Hal ini justru berkaitan dengan Barang dari cina bahan baku murah. Mengapa bahan baku dari beragam jenis produk tersebut dijual murah? Pasalnya keberadaan bahan baku itu sendiri terbilang banyak dan bahkan dapat ditemukan dengan mudah di Negara Cina, sehingga tidak heran jika kemudian beragam produk yang dihasilkan olehnya pun dijual dengan harga murah pula. 

Seperti pada produksi produk elektronik atau pun produk komunikasi yang dijual murah. Selain karena keberadaan bahan baku yang melimpah, Cina juga membuatnya dengan sistem produksi rumahan. Dengan demikian, beragam produk yang dimilikinya pun dapat dinikmati dengan mudah oleh seluruh masyarakat di berbagai belahan dunia. 

Selain itu, Cina juga dapat menyesuaikan produk yang dimilikinya sesuai dengan apa yang diinginkan pelanggan, sehingga beragam jenis produk tersebut tentunya jauh lebih kompetitif dan banyak diminati. 

Tenaga kerja dengan harga murah

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Cina dikenal dengan jumlah penduduknya yang banyak. Jika sebagian besar orang akan menganggap hal tersebut sebagai masalah bagi negara, namun justru sebaliknya bagi pemerintahan Cina. Dengan jumlah penduduk yang banyak, pihak pemerintah merasa diuntungkan. Pasalnya proses produksi dapat dilakukan dengan cara masal dan biaya yang dikeluarkan pun jelas jauh lebih hemat. 

Lebih dari itu, proses produksi yang dilakukan di Cina seringkali dilakukan dalam skala rumahan, sehingga gaji yang dikeluarkan untuk para pegawainya pun jauh lebih rendah. Dengan demikian, tentunya biaya produksi pun dapat ditekan dengan lebih mudah dan menjadikan produk yang dihasilkan dapat dijual murah. 

Biaya marketing lebih murah 

Alasan lain yang menjadikan produk dari Cina dapat dijual dengan harga murah adalah biaya marketing yang dimilikinya. Dalam dunia perindustrian Cina memang lebih mengutamakan branding dibandingkan dengan keuntungan yang bisa diraihnya. Bahkan dalam beberapa kasus, Cina lebih memilih untuk tidak mendapatkan keuntungan asalkan produk yang dimilikinya habis terjual dan laris di pasaran. 

Sebagai contoh utama, anda dapat melihat beragam jenis produk smartphone keluaran China. Dengan strategi yang dimilikinya tersebut, apabila produk smartphone yang dimilikinya telah banyak dikenal dan cukup populer maka mereka pun akan mulai membuat produk baru dengan kualitas yang lebih baik dan tentunya dijual dengan harga tinggi. Selain tidak perlu melakukan branding kembali, cara tersebut juga lebih efektif untuk dilakukan dalam menjual produk terbarunya itu sendiri. 

Penjualan online

Tidak mau kalah dengan negara maju lainnya, Cina pun memanfaatkan penjualan dengan menggunakan sistem online. Hal ini terbukti dengan munculnya Alibaba sebagai e-commerce terbesar kedua yang ada di dunia setelah Amerika. Selain itu, melalui sistem online, Cina tentunya dapat menggaet pangsa pasar dunia dengan lebih mudah. Sehingga tujuan untuk mencari pelanggan pun telah sampai ke berbagai belahan dunia lainnya. Dengan sistem online, penjualan produk pun dapat dilakukan dengan lebih mudah dan murah tentunya. 

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai beragam alasan mengapa produk yang dihasilkan Negara Cina dijual dengan harga murah dan dapat dikenal dengan mudah oleh penduduk di seluruh penjuru dunia. 

Note:
Mau update artikel - artikel mencerahkan seperti diatas langsung melalui smartphone Anda? Langsung saja Invite PIN BBM saya : 518EA00E atau Save No WA saya 087700350056. Bagi yang invite, saya akan berikan BONUS 4 EBOOK DAHSYAT tentang MINDSET, Kebebabasan FInancial dan cara meraih Karir Impian. Financial-Freedom-Banner

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

Berlangganan dan Download 6 Ebook Dasyat