Bagaimana Artifisial Intelligent Menggantikan Manusia

By Gustyana

1 2qqjQQ0wW37Lbvkx50zPxg AI 3

Ada banyak hal menarik yang terjadi belakangan ini salah satunya adalah perkembangan teknologi yang sangat pesat. Perkembangan teknologi yang sangat pesat ini memiliki banyak kelebihan tapi juga kekurangan. Salah satu teknologi yang banyak membawa keuntungan namun juga keresahan adalah AI atau Artificial Intelegent. Teknologi ini merupakan teknologi yang berguna untuk meniru kecerdasan yang dimiliki manusia agar dapat diterapkan pada benda mati, seperti pada mesin, pada program atau pada robot. Meskipun teknologi ini sangat menguntungkan tapi juga menyebabkan banyak keresahan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Apakah teknologi ini benar-benar meresahkan? Berikut ini adalah ulasannya.

Mengenai AI
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, AI adalah sebuah teknologi kecerdasan buatan. Teknologi ini digunakan untuk membuat benda mati menjadi memiliki kecerdasan seperti manusia sehingga ia dapat membantu melakukan hal-hal yang dilakukan oleh manusia. Untuk saat ini teknologi ini sangat bermanfaat untuk melakukan komputasi teori dan juga perhitungan yang rumit sehingga membantu cukup banyak aspek dalam kehidupan.
Akan tetapi keberadaan AI yang dapat digunakan untuk membantu melakukan tugas manusia ini lama-lama membuat banyak orang takut bahwa mereka akan kehilangan pekerjaan mereka karena perusahaan menggantikan tenaga mereka dengan menggunakan mesin dengan kecerdasan buatan ini.

Robot dengan AI
Sesungguhnya teknologi AI dan juga robot merupakan teknologi yang banyak ditunggu oleh orang-orang. Sepuluh tahun yang lalu banyak orang berpikir apakah mungkin kita menciptakan robot yang bisa membantu pekerjaan rumah tangga? Saat ini sudah ada banyak penelitian yang dilakukan untuk mencapai hal tersebut. Akan tetapi makin dekat dengan hasil ini banyak orang yang merasa makin terancam dan takut.
Saat ini penggunaan robot dengan kecerdasan sesungguhnya sudah banyak di gunakan. Robot dengan kecerdasan ini salah satunya digunakan pada pabrik-pabrik besar seperti pabrik pembuatan dan perangkaian motor dan mobil dan masih banyak lagi yang lainnya. Melihat saat ini penggunaan robot dengan AI sudah banyak dilakukan, apakah pekerjaan manusia menjadi aman?

Akankah semua pekerjaan diganti dengan robot AI
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penggunaan robot untuk melakukan pekerjaan pengganti manusia memang sudah bisa dilakukan. Akan tetapi tetap ada banyak bidang yang mengalami kesulitan dalam penetrasi penggunaan AI. Jadi tidak semua pekerjaan yang dahulu dilakukan oleh manusia kini dapat digantikan sepenuhnya oleh mesin. Akan tetapi pekerjaan yang berat dan memiliki risiko tinggi saat ini sudah cukup banyak digantikan dengan mesin sehingga kecelakaan kerja menjadi lebih minim.

Lalu apa jenis pekerjaan yang tidak mudah digantikan dengan menggunakan mesin robot AI ini? Pekerjaan yang tidak mudah digantikan dengan menggunakan robot AI adalah adalah pekerjaan yang membutuhkan kreativitas manusia, contohnya pembuatan seni dan juga musik dan juga seni tulis menulis.
Penulisan konten dengan robot AI

Bidang seni paling dekat dengan penggunaan robot AI adalah bidang tulis menulis. Bahkan pada tahun 2015 yang lalu pernah ada sumber yang mengemukakan bahwa lebih dari 20% bisnis konten akan menggunakan robot AI pada tahun 2020. Disebut bahwa tulisan dari robot AI akan dapat menggantikan penulisan manusia dengan cara mengenerate tulisan dari sistem. Seperti yang kita tahu, salah satu cara untuk melakukan pemasaran saat ini dilakukan dengan menggunakan teks yaitu dengan teknik SEO.

Kemunculan SEO dan juga kemampuan mesin mengenerate topik yang sedang hangat dan hal-hal yang penting membuat penulisan konten dengan menggunakan robot AI menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Akan tetapi hingga saat ini penulisan konten dengan menggunakan mesin AI belum memiliki kualitas yang sama baiknya dengan kualitas tulisan manusia. Oleh karena itu, bidang ini meski sudah menjadi incaran tapi masih belum bisa sepenuhnya dikuasai oleh robot AI.

Perbedaan tulisan manusia dengan tulisan robot
Mengapa robot masih belum bisa digunakan? Hal ini disebabkan ada perbedaan besar antara penulisan robot dengan manusia. Salah satu hal yang paling mendasar yang membedakan penulisan keduanya adalah mengenai adanya kreativitas baik dalam penggunaan ide atau pemilihan kata yang dimiliki oleh manusia. Hal ini membuat tulisan manusia menjadi lebih mudah dan lebih nyaman untuk dibaca dan belum bisa digantikan sepenuhnya dengan mesin. Jadi apakah anda perlu khawatir pekerjaan anda diambil oleh robot AI? Jawabannya adalah masih diperlukan waktu panjang untuk robot bisa menyaingi kecerdasan alami manusia ciptaan Tuhan.