Jangan Membandingkan Kita Dengan Yang Lain

By Gustyana

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

sukses 1

Manusia hanya bisa merencanakan dan kerapkali harapan vs kenyataan tidak seindah seperti yang dikatakan oleh Mario Teguh. Hambatan sering membuat kita terpukul, dicela, dihina, diremehkan, jatuh dan tersungkur membuat mental kita rapuh dan luruh redam.

Orang berbondong – bondong mencari kerja, berharap karir bisa mulus melesat bak kita jalan di Tol bebas tanpa hambatan, tapi itu hanya sebuah slogan belaka. Kita sering membandingkan perjalanan karir kita VS karir teman atau orang lain yang jauh lebih baik dari kita. Saat masih sekolah biasanya kita bercita-cita ingin jadi seseorang yang hebat. Seseorang yang sangat sukses hingga menghasilkan banyak sekali uang. Namun nyatanya saat lulus kuliah kita justru bekerja di tempat yang biasa. Tidak sesuai dengan impian. Akhirnya saat bertemu dengan teman yang jauh lebih ‘sukses’ baik secara karier maupun kehidupan. Timbul benih rasa iri. Akhirnya kita jadi membanding-bandingkan. Kenapa aku tidak bisa seperti dia? Apa aku salah memilih jurusan kuliah? Dia pasti uangnya banyk?

Mulai hari ini stop membanding-bandingkan karier dan keberhasilan orang dengan diri kita sendiri. Ini lima alasan yang mendasarinya!

1.Apa yang kita bandingkan tidak relevan

Melihat posisi teman yang berada di atas membuat kita jadi sedikit iri hingga berharap bisa sama sepertinya. Hal ini adalah salah. Kita memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Satu dengan yang lain tidak akan memiliki ketertarikan yang sama. Bisa jadi kita tertarik di bidang akuntansi berbeda dengan seseorang yang tertarik pada bidang Marketing, karena karir marketing malah jauh lebih terbuka dan jelas karir pathnya apabila seseorang mampu menunjukkan performance yang bagus. Itulah mengapa membanding-bandingkan karier adalah pekerjaan yang melelahkan. Terlebih tidak ada manfaatnya selain merasa iri dan kehilangan fokus pekerjaan. Daripada mengurusi hal tak penting seperti ini lebih baik kita bekerja dengan tekun.

2.Kita Akan Kehilangan Fokus Target Kita

Setiap orang memiliki target dalam hidupnya, termasuk kita semua. Target ini bisa berupa jabatan dalam pekerjaan atau target dalam bidang kehidupan pribadi Misal memiliki rumah dan kendaraan yang mewah. Saat kita masih menyewa rumah mungkin teman sudah punya rumah mewah dan mobilnya sangat bagus. Akhirnya kita membanding-bandingkan lagi, acapkali membuat buyar semua target pribadi, karena emosi dan energi kita habis bersikap iri terhadap pencapaian, alhasil Anda gagal fokus dan Anda yang merugi.

3. Hanya membuat Diri Kita Kecil (Nothing)

Terus membandingkan kesuksesan kita dengan orang lain hanya membuat kita makin tidak bersyukur guys, justru akan menyudutkan nyali dan diri kita yang ada terus merasa gagal dan frustrasi, sampai lupa caranya bersyukur dengan kesehatan yang kita punya, dan masih bisa menghirup dan sarapan pagi dengan sehat dan nyaman hal – hal kecil seperti itu kita lupa bersyukur pada sang pencipta sehingga yang ada hanyalah mengeluh guys.

4.Membandingkan Hanya Membuat Wasting Time

Sering membanding-bandingkan orang lain dengan diri sendiri akan membuang waktu kita. Harusnya waktu yang banyak itu bisa kita gunakan untuk hal-hal jauh lebih bermanfaat. Misal berpikir mengenai ide-ide baru. Ataupun bisa memberikan ide yang luar bisa dalam pekerjaan kita, hanya akan habis energi untuk membandingkan iri dengan kondisi orang lain, sudah cukupkan dan segera hentikan malah justru karya dan kualitas pekerjaan Anda akan jatuh jungkir balik sehinggan kondite penilaian kantor terhadap Anda dipandang tidak profesional.

5. Kesuksesan adalah sesuatu yang tidak bisa diukur

Bisa jadi saat ini kita hanya memiliki kendaraan biasa, rumah pun masih mengontrak. Namun apa yang kita miliki ini sudah membuat kita bahagia. Kita menyukai pekerjaan yang dilakukan dan terus berusaha tanpa menyerah. So, untuk apa memikirkan karier dan kesuksesan orang lain? Lagi pula kesuksesan adalah sesuatu yang tidak bisa diukur. Kita boleh jadi merasa sukses meski memiliki sesuatu yang sederhana. Teman kita bisa jadi merasa tidak sukses meski memiliki banyak hal. Karena kesuksesan tidak hanya dilihat dari seberapa mapan secara materi. Tapi juga kebahagiaan untuk mendapatkan dan menikmati apa yang kita punya.

Demikian sedikit ulasan yang membuat inspirasi di pagi ini, semoga kita selalu bersyukur dalam hal terkecil dalam hidup kita, Salam Sukses Penuh Keberkahan.

Note:
Mau update artikel - artikel mencerahkan seperti diatas langsung melalui smartphone Anda? Langsung saja Invite PIN BBM saya : 518EA00E atau Save No WA saya 087700350056. Bagi yang invite, saya akan berikan BONUS 4 EBOOK DAHSYAT tentang MINDSET, Kebebabasan FInancial dan cara meraih Karir Impian. Financial-Freedom-Banner

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

Berlangganan dan Download 6 Ebook Dasyat