Bahaya Seorang Praktisi Tidak Memahami Business Process

By Gustyana

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

foundations-for-success-hr-business-processes-brick-by-brick

Seperti diketahui bersama, peran dan fungsi unit Human Resources Management (HRM) pada intinya adalah sebagai “Strategic partner” bagi Board of Directors dan Line Managers dalam mengelola SDM dengan tujuan akhir mendapatkan SDM yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan untuk mencapai sasaran bisnis perusahaan. Sedangkan tujuan dari Business Process Reengineering itu sendiri tidak lain adalah untuk mendapatkan proses yang paling efisien namun efektif hasilnya.

Efisien dalam arti Line Manager (LM) melakukan proses bisnis yang mudah, cepat, dengan waktu dan biaya yang lebih rendah. Sedangkan hasil yang diperoleh sangat efektif karena dapat secara lebih “akurat” dan optimal mendapatkan SDM yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga kinerja yang dihasilkan juga akan optimal.

Memaksimalkan peran HR itu sendiri dalam proses shifting perusahaan adalah mengkomunikasikan kepada karyawan tujuan dari transformasi proses bisnis secara terbuka dan transparan kepada karyawan, karena sebenarnya tujuan akhir dari proses ini adalah change management yang justru akan meresahkan karyawan, nah tugas seorang HR ini sendiri bagaimana membuat keadaan karyawan tetap nyaman bekerja dan tetap berjalan sebagaimana mestinya, ini adalah tantangan bagi para praktisi HR. Pada prakteknya posisi seorang HR berada ditengah – tengah antara management dan karyawan yang harus menentukan sikap kepada karyawan namun tetap menjaga perintah dari management (sangat berat memang) he..he…

Kembali lagi, sobat praktisi harus mengetahui proses bisnis sangat penting, karena dari teori turunan proses bisnis level 4 itu sendiri adalah aktifitas based (atau dalam prakteknya akan ditajamkan pada work instruction) yang dimana nanti akan digunakan untuk merumuskan sampai penyusunan kamus technical competency. Apabila kita masuk pada ranah rekrutmen nanti ujungnya adalah menentukan kualifikasi (requirement) orang – orang yang dibutuhkan dalam set up untuk kebutuhan sebuah organisasi (man power planning) nah keterkaitannya panjang dan sangat penting. Untuk itulah seorang praktisi HR ketika memasuki organisasi bisnis baru pertama-tama yang harus dilakukan adalah pemetaan proses bisnis pada organisasi yang baru, tujuannya untuk mengenal industrinya (eksternal organisasi) dan keadaan internal organisasi.

Okay, masuk kenapa pentingnya para praktisi HR harus menguasai proses bisnis adalah yang kedua perkembangan pasar yang bergerak menjadi sangat kompetitif dan persaingan bisnis yang semakin kompleks dan ketat telah menghadirkan tantangan baru bagi perusahaan. Kecepatan menjadi masalah yang patut diperhatikan yaitu bagaimana cara perusahaan atau organisasi untuk mendapatkan dan mengevaluasi informasi dengan segera, dan untuk kemudian menggunakan informasi tersebut untuk merespon setiap kejadian dan masalah secara cepat dan tepat pula. Karena itu kecepatan menjadi faktor penting dalam menumbuhkan nilai kompetitif suatu perusahaan atau organisasi. Masalah yang sering kali terjadi adalah perusahaan gagal atau terlambat dalam merespon tantangan bisnis yang muncul secara tidak terduga. Sebagai contoh: banyak perusahaan sangat lambat dalam mendeteksi adanya peluang-peluang bisnis baru serta dalam mendeteksi pergerakan yang dilakukan oleh kompetitor; lebih jauh lagi adalah perusahaan kadang cenderung mempunyai sifat reaktif dan tidak dapat mendeteksi masalah secara dini, dimana ini merupakan hal yang sangat kontraproduktif bagi perusahaan dalam menghadapi perkembangan bisnis di masa seperti sekarang ini.

Untuk mengatasi masalah tersebut, para leader perusahaan sangat membutuhkan suatu solusi yang dapat membantu mereka untuk melihat gambaran bisnis mereka secara menyeluruh (komprehensif) dan real-time, dalam arti apa yang mereka lihat saat itu di laporan adalah benar-benar menggambarkan kondisi perusahaan sebenarnya saat itu juga, bukan 1 minggu yang lalu, 1 hari yang lalu, atau bahkan 1 jam yang lalu. Untuk itu peranan teknologi di sini menjadi sangat vital. Perusahaan dapat mengandalkan teknologi yang tepat untuk membantu mereka dalam meningkatkan efisiensi, mempertajam daya respons, dan pada akhirnya adalah mampu menghasilkan nilai kompetitif bagi perusahaan.

Demikian kiranya betapa penting untuk menguasai proses bisnis untuk menajamnkan analisa dan solusi kondisi pemetaan bisnis terkini, kecepatan persaingan bisnis menuntut para leader dan praktisi HR untuk melakukan sebuah gebrakan perubahan yang efisen dan efektif, semoga bermanfaat salam sukses penuh keberkahan.

Note:
Mau update artikel - artikel mencerahkan seperti diatas langsung melalui smartphone Anda? Langsung saja Invite PIN BBM saya : 518EA00E atau Save No WA saya 087700350056. Bagi yang invite, saya akan berikan BONUS 4 EBOOK DAHSYAT tentang MINDSET, Kebebabasan FInancial dan cara meraih Karir Impian. Financial-Freedom-Banner

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

Berlangganan dan Download 6 Ebook Dasyat