Membangun Dan Menjaga Integritas Dalam Dunia Usaha

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

Pengertian-Integritas-Fungsi-Tujuan-Manfaat-Ciri-Ciri-Pribadi

Integritas seringkali dimaknai sebagai suatu sifat yang melekat pada diri seseorang yang jujur, bertanggung jawab dan berkomitmen pada sesuatu yang telah disepakati. Sebuah kombinasi sifat baik yang bisa menjadi kunci sukses di dalam dunia profesi maupun dunia bisnis.

Mengenal Makna Kata Integritas
Kosa kata integritas di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dimaknai sebagai mutu, keadaan atau sifat yang menunjukkan suatu kesatuan hingga memberi potensi serta daya yang menunjukkan kewibawaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia juga memuat makna lain dari integritas yaitu kejujuran. Kedua makna yang ada dalam KKBI tersebut sama pentingnya dalam dunia profesi maupun bisnis. Citra seseorang sebagai pribadi atau citra sebuah brand yang berwibawa atau bercitra bisa sangat berpengaruh dalam aktivitas profesional maupun bisnis. Demikian pula dengan sifat jujur yang telah terbukti; seseorang dengan sifat tersebut umumnya mudah mendapat kepercayaan dari banyak pihak. Lalu bagaimana cara membangun integritas dalam konteks dunia bisnis atau profesional?

Jack Welch dalam buku Winning mendeskripsikan seseorang yang memiliki integritas akan memiliki sifat berani mengatakan kebenaran, memegang teguh ucapan yang telah dikeluarkan, bertanggung jawab atas segala tindakan yang telah dilakukan, berani mengakui kesalahan dan memperbaiki diri. Seseorang dengan kualitas tersebut juga mengetahui dan memahami hukum yang berlaku dan taat pada hukum tersebut. Seseorang yang memiliki integritas akan bekerja untuk meraih sukses dengan cara yang jujur dan bersih sesuai dengan aturan serta hukum yang berlaku. Lalu bagaimana cara untuk memiliki kualitas tersebut?

Membuat Janji Untuk Ditepati
Salah satu langkah utama memperoleh citra positif sebagai pribadi yang memiliki integritas adalah menepati janji. Seorang yang bersikap profesional tidak akan mudah mengumbar janji karena sebuah janji dibuat untuk ditepati. Janji yang terkadang dianggap sepele sebenarnya merupakan salah satu bukti sederhana dari integritas seseorang; terkait dengan upaya untuk memenuhi janji tersebut. Pribadi atau perusahaan yang memiliki integritas dipastikan memenuhi janji yang telah dibuat sebagai bentuk dari tanggung jawab atas pernyataan yang telah dibuat. Menanggapi komplain dari konsumen dan memberi solusi dengan menjanjikan sesuatu harus mendapat perhatian serius untuk benar – benar terlaksana. Karena jika tidak justru citra pribadi atau perusahaan yang akan rusak di mata konsumen.

Kejujuran Dalam Komunikasi
Salah satu makna dari integritas adalah kejujuran. Jujur dalam berkomunikasi merupakan hal yang sangat penting. Seseorang yang jujur tidak perlu mengarang atau membuat cerita karena cukup mengatakan apa adanya. Karena itulah sebuah kebohongan umumnya akan diikuti oleh kebohongan – kebohongan lain. Situasi tersebut terjadi karena tuntutan untuk membuat cerita bohong berikutnya untuk menutupi atau memperkuat kebohongan yang sebelumnya telah dibuat.

Kejujuran dalam berkomunikasi merupakan salah satu cara menilai integritas seseorang. Keberanian untuk berkata jujur meski menyakitkan atau bahkan merugikan diri sendiri dalam konteks bisnis justru bisa menarik simpati dan menghasilkan citra yang positif. Secara jujur mengakui kelemahan produk yang dimiliki mungkin terlihat kurang menguntungkan pada saat dilakukan; tetapi pelaku bisnis yang berani melakukannya justru tidak akan kehilangan konsumen. Sehingga saat meluncurkan atau menawarkan produk berikutnya; konsumen tidak akan kehilangan kepercayaan.

Mengelola Lingkungan Kerja Dan Profesi Dengan Baik
Bukti lain dari integritas seseorang bisa dilihat dari kemauan menjaga lingkungan kerja yang bersih dan nyaman. Hal yang mungkin terkesan sederhana jika dilihat dari skala kecil seperti praktek menjaga meja kerja tetap rapi dan bersih. Praktek menjaga meja kerja rapi dan bersih bisa menunjukkan kemampuan mengorganisir sesuatu. Memberi lebih ketika melakukan tugas juga bisa menjadi ciri seseorang yang memiliki integritas.

Aktivitas profesional maupun bisnis juga bisa dipengaruhi oleh kualitas integritas pelakunya. Salah satu cara menumbuhkan integritas adalah dengan fokus pada tujuan yang telah ditetapkan. Dengan catatan bahwa tujuan tersebut merupakan tujuan yang baik dan tidak merugikan pihak – pihak lain. Hal ini bisa menjadi dasar kepemilikan determinasi atau kerja keras dalam skala pribadi hingga dalam skala lembaga bisnis atau perusahaan.

Pelaku usaha yang fokus pada sebuah tujuan akan memiliki komitmen besar mencapai tujuan tersebut. Pada titik ini; sikap – sikap seperti bekerja keras dan kreatif dalam menyikapi tantangan dan rintangan akan muncul. Sebuah keuntungan besar bagi pelaku usaha jika memiliki orang – orang dengan kualitas tersebut di dalam lembaganya

Menjaga Dan Menumbuhkan Integritas Dalam Lembaga Bisnis
Menumbuhkan integritas dalam sebuah lembaga bisnis sebenarnya dapat dimulai dari banyak titik; tetapi satu hal yang paling utama adalah contoh yang baik dari pihak pemimpin lembaga bisnis. Pemimpin yang memberi teladan selalu menjadi cara terbaik untuk membangun dan menularkan integritas di sebuah lembaga bisnis. Jika seorang pemimpin menunjukkan praktek – praktek kecurangan; maka bawahan dan karyawan juga akan meniru hal yang sama. Tetapi jika pemimpin perusahaan menunjukkan sikap – sikap menjaga integritas; bawahan dan karyawan dipastikan malu atau takut jika tidak menjaga integritas.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah keputusan dalam merekrut karyawan baru. Menambahkan individu baru ketika merekrut karyawan selalu diiringi resiko salah merekrut seseorang yang tidak memiliki integritas. Karena alasan itulah proses perekrutan karyawan harus dilakukan dengan hati – hati dan teliti guna menjamin kualitas karyawan yang dipilih benar – benar baik. Masuknya karyawan dengan kualitas buruk atau tidak memiliki integritas bisa memicu karyawan lama meniru perilaku tersebut. Sedangkan sekumpulan orang dalam sebuah lembaga bisnis atau perusahaan merupakan sebuah kebutuhan untuk mewujudkan perusahaan yang memiliki integritas

Note:
Mau update artikel - artikel mencerahkan seperti diatas langsung melalui smartphone Anda? Langsung saja Invite PIN BBM saya : 518EA00E atau Save No WA saya 087700350056. Bagi yang invite, saya akan berikan BONUS 4 EBOOK DAHSYAT tentang MINDSET, Kebebabasan FInancial dan cara meraih Karir Impian. Financial-Freedom-Banner

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

Berlangganan dan Download 6 Ebook Dasyat

3 thoughts on “Membangun Dan Menjaga Integritas Dalam Dunia Usaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *