Cara Berdamai Dengan Kenyataan Ketika Tidak Sesuai Harapan

By Gustyana

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

people-2575936_960_720

Harapan merupakan salah satu cara manusia untuk membuat rencana atau menggambarkan masa depan. Hanya saja kenyataan seringkali tidak sesuai dengan harapan. Lalu bagaimana cara menghadapi kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan?
Memahami Bahwa Kehidupan Penuh Dengan Rahasia
Hidup memang penuh rahasia karena tidak ada yang pernah tahu tentang masa depan. Harapan merupakan bentuk lain dari rencana yang ingin dicapai atau dilakukan oleh seseorang. Setiap orang hampir pasti memiliki harapan – harapan yang indah dan baik. Seseorang yang beruntung mungkin akan menjalani kehidupan yang berjalan mengarah pada harapan yang pernah dibuat. Bahkan kehidupan seseorang bisa saja berakhir pada titik yang lebih baik dari harapan yang pernah diinginkan. Hanya saja perjalanan hidup terkadang mengarahkan seseorang pada jalan yang tidak mengarah pada harapan – harapan yang pernah dibuat dan berakhir dengan kekecewaan.
Satu hal penting yang dibutuhkan untuk menghadapi kenyataan yang tidak sesuai dengan cita – cita atau harapan adalah pemahaman bahwa hidup penuh dengan rahasia. Tidak ada hal yang pasti di dalam hidup karena ada begitu banyak variabel yang bisa mempengaruhi jalan hidup seseorang; variabel yang berdampak pada berhasil tidaknya seseorang mencapai harapan. Saat seseorang sudah memahami bahwa kegagalan dan kekecewaan adalah bagian dari rahasia hidup; maka cara untuk berdamai dengan kenyataan tidak akan sulit.
Yakin Bahwa Cobaan Hidup Hanya Akan Membuat Seseorang Lebih Kuat Dan Lebih Bijak
Hal lain yang dibutuhkan oleh seseorang yang tengah dihadapkan pada kenyataan yang tidak sesuai dengan cita – cita dan harapan adalah optimisme dan pikiran positif. Seseorang yang mampu berpikir positif tidak akan berlarut – larut dalam kesedihan dan kekecewaan karena memiliki keyakinan bahwa akan ada hal baik setelah kekecewaan yang dialami. Optimisme bisa memberi kekuatan pada seseorang untuk kembali berani berharap dan berusaha untuk mencapainya. Bahkan berani berharap lebih tinggi lagi jika dengan sadar juga berani untuk berusaha lebih keras lagi untuk mewujudkannya.
Sedangkan pikiran positif bisa menghindarkan seseorang menyalahkan orang lain, diri sendiri dan bahkan Tuhan atas kegagalan meraih harapan yang diidam – idamkan. Ketika seseorang mampu berpikir positif; maka langkah yang harus dilakukan setelah mengalami kegagalan mencapai cita – cita adalah melakukan evaluasi. Mencari pada bagian mana harapan tersebut menjadi gagal untuk diwujudkan. Evaluasi yang baik dan bijak akan berdampak pengembangan kepribadian dan juga ketrampilan dalam menjalani hidup. Ketika seseorang tahu di bagian mana terjadi kesalahan; maka ia harus siap melakukan tindakan yang lebih baik jika dihadapkan pada situasi serupa di masa mendatang agar tidak terjerumus pada kesalahan yang sama dan berakhir pada situasi yang pernah mengecewakan tersebut.
Bersyukur Atas Apa Yang Diterima
Salah satu cara paling mudah dan juga bijaksana untuk menghadapi kenyataan saat cita – cita gagal diwujudkan adalah dengan tetap bersyukur. Meski mengalami kegagalan dan mendapatkan kekecewaan; sebenarnya masih ada banyak hal yang masih bisa disyukuri. Terutama ketika masih memiliki kesehatan dan kesempatan untuk hidup. Kesulitan merupakan bagian dari jalan kehidupan dan kegagalah merupakan saat manusia gagal mengatasi kesulitan yang dihadapi. Dengan bersyukur; seseorang bisa kembali bersemangat setelah mengalami kekecewaan. Seseorang yang mampu bersyukur juga akan bisa ikhlas dan menerima kenyataan yang mengecewakan karena bisa merasakan hal lain yang membahagiakan.
Bersyukur juga bisa memudahkan seseorang memahami perbedaan nasib antara satu manusia dengan manusia yang lain. Kemampuan bersyukur akan memudahkan seseorang untuk memahami dan menghargai jalannya takdir yang berbeda – beda. Setiap orang pasti akan mendapatkan masa mengalami kesulitan dan kegagalan; begitu pula masa meraih keberhasilan dan mendapat kebahagiaan. Seseorang yang gagal bersyukur justru akan makin menderita karena akan merasakan cemburu, iri dan dengki yang berkelanjutan. Terutama jika gagal melihat keberuntungan yang masih dimiliki dan terus melihat keberuntungan yang didapat oleh orang lain.
Menyadari Kekurangan Dan Kelemahan Sebagai Bagian Dari Mengelola Kelebihan
Kegagalan merupakan cara terbaik untuk melakukan evaluasi; mencari tahu kekurangan dan kelemahan yang melekat pada diri seseorang. Proses ini hanya bisa dilakukan setelah bisa bersyukur karena seseorang yang belum mampu bersyukur akan dibutakan sehingga sulit melihat kekurangan dan kelemahan. Menyadari kekurangan dan kelemahan bisa menjadi bagian penting mengelola hidup. Terutama ketika dihadapkan pada kesulitan karena hal – hal yang berkaitan dengan kekurangan dan kelemahan tersebut. Menemukan solusi dengan cara memperbaiki diri atau meminta bantuan orang lain bisa menjadi sebuah solusi untuk keluar dari kesulitan dan masalah.
Mengetahui kelebihan yang ada pada diri sendiri memiliki banyak manfaat. Pada satu sisi; sadar akan kelebihan diri bisa meningkatkan kepercayaan diri dalam menjalani kehidupan. Sedangkan pada sisi yang lain kesadaran akan kelebihan bisa menjadi awal untuk mengembangkan kelebihan tersebut agar berguna dalam hidup. Seseorang yang memiliki hidup yang berguna umumnya lebih bahagia dan mudah menerima kenyataan yang mengecewakan.
Tidak Mengeluh
Salah satu hal paling penting ketika dihadapkan pada kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan adalah dengan tidak mengeluh. Seseorang yang terbiasa mengeluh saat mengalami kesulitan justru menunjukkan dirinya sebagai manusia yang rapuh. Kebiasaan mengeluh juga seringkali membuat seseorang justru tidak fokus pada mencari solusi dan memperbaiki diri; tetapi mencari – cari kesalahan pihak lain atas kemalangan atau kekecewaan yang sedang dialami. Berhenti mengeluh dan menjalani hidup dengan berani dan penuh suka cita bisa menjadi cara terbaik untuk bangkit dari kegagalan dan kekecewaan yang dialami.

Note:
Mau update artikel - artikel mencerahkan seperti diatas langsung melalui smartphone Anda? Langsung saja Invite PIN BBM saya : 518EA00E atau Save No WA saya 087700350056. Bagi yang invite, saya akan berikan BONUS 4 EBOOK DAHSYAT tentang MINDSET, Kebebabasan FInancial dan cara meraih Karir Impian. Financial-Freedom-Banner

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

Berlangganan dan Download 6 Ebook Dasyat