Beberapa Tips Melakukan Pencarian Jati Diri

By Gustyana

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

Jati Diri

Jati diri ada di dalam diri setiap orang; tetapi butuh proses dan waktu untuk menemukannya. Kebanyakan orang melakukan pencarian dan menemukannya di masa remaja; tetapi tidak jarang juga pencarian tersebut terus berlanjut ketika sudah memasuki usia dewasa. Bagaimana seseorang menemukan jati dirinya adalah misteri karena tidak akan ada yang sama prosesnya. Bagi siapapun yang tidak yakin telah menemukan jati diri dan masih melakukan pencarian; ada baiknya untuk memperhatikan hal – hal berikut ini.
Belajar Mengenali Diri Sendiri
Langkah membutuhkan kejujuran pada diri sendiri sekaligus kemampuan mengenali diri. Keberanian untuk jujur bisa menghasilkan analisis dan keputusan deskripsi yang tepat. Jika tidak; maka langkah ini tidak akan berguna karena kegagalan menganalisis dan mendeskripsikan diri sendiri. Seseorang yang mendeskripsikan dirinya sebagai seseorang yang senang berkomunikasi, senang berkegiatan sosial, ceria, menyukai keramaian dan senang diperhatikan; maka hampir bisa dipastikan orang tersebut memiliki kepribadian yang terbuka atau ekstrovert.
Hal lain yang bisa digunakan untuk menganalisis kepribadian dan jati diri seseorang adalah kesukaannya pada seni. Ada orang yang sama sekali tidak menyukai seni; maka bagian ini bisa menjadi bagian yang sulit. Salah satu cara melakukan analisa terkait kesukaan pada seni adalah mencatat buku, musik dan film yang disukai. Kepribadian seseorang umumnya bisa dilihat dari ketertarikan pada tiga hal tadi.
Mencari tahu aktivitas apa yang paling membahagiakan atau menyenangkan. Hal ini juga perlu kejujuran dan pengenalan diri sebelum bisa memberikan jawaban. Melakukan aktivitas sosial atau sendiri, berada di rumah atau menjelajah alam bisa menjelaskan kepribadian seseorang. Pada bagian ini; seseorang bisa mengenali kelebihan dan kekurangannya untuk dijadikan bahan evaluasi dengan tujuan perbaikan diri serta pengembangan kepribadian.
Hal lain yang butuh dicari tahu dan diungkapkan adalah hal – hal yang ditakuti atau ditakutkan di dalam hidup ini. Sekali lagi; bagian ini juga membutuhkan kejujuran dan keberanian dalam mengutarakannya. Tingkat kepercayaan diri umumnya bisa terbaca ketika seseorang menuturkan hal – hal yang ditakuti atau ditakutkan. Takut gagal atau takut dengan komentar negatif orang lain menunjukkan kepercayaan diri yang rendah.
Mengakui secara jujur apa yang paling berharga dalam hidup juga bisa menjadi gambaran tentang pribadi seseorang. Apapun jawabannya; hal itulah yang secara sadar atau tidak sadar akan terus diperjuangkan selama tidak ada keinginan untuk merubahnya. Bisa jadi; poin inilah yang akan menjadi passion atau panggilan hati jika suatu hari nanti ingin memilih profesi yang disukai dan nyaman dijalani.
Berani Membuka Topeng Diri
Seseorang seringkali secara tidak sadar melakukan tindakan – tindakan untuk menutupi keadaan diri yang sesungguhnya. Seseorang yang melakukan tindakan tersebut bisa dikatakan sedang mengenakan topeng. Mengenali dan membuka jati diri adalah tentang mengenali apa yang ada di balik topeng tersebut dan membuka diri dengan berlaku jujur atas kepribadian yang dimiliki. Langkah ini merupakan kelanjutan dari proses mengenali diri.
Terus mengenakan topeng sebenarnya juga tidak ada yang melarang; tetapi kebanyakan orang akan merasa jenuh dan lelah karena terus menerus berusaha menutupi apa yang sesungguhnya ada pada dirinya. Keinginan untuk terus mengenakan topeng tersebut umumnya juga akan menghambat seseorang menemukan jati diri. Keberhasilan menemukan jati diri dan berani untuk menunjukkannya umumnya akan membuat seseorang menjadi lebih bahagia dan ringan dalam menjalani hidup. Hal tersebut terjadi karena seseorang tersebut telah meletakkan dan meninggalkan beban untuk berpura – pura menjadi sesuatu dengan cara mengenakan topeng kepribadian tadi.
Membebaskan Diri Dari Cara Pandang Orang Lain
Menemukan jati diri bisa diawali dengan menjadi merdeka atau tidak lagi dijajah oleh cara berpikir serta sudut pandang orang lain. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah melupakan segala ajaran yang diberikan orang lain dan menemukan nilai – nilai yang diyakini. Hal ini merupakan langkah untuk membebaskan diri dari cara pandang yang dibangun oleh orang lain. Pertanyaan – pertanyaan mengenai apa itu keren, definisi cantik hingga dikotomi baik dan buruk bisa menjadi alur untuk menemukan cara menilai apa yang ditemui dalam hidup secara merdeka. Langkah ini bisa membawa seseorang mendengarkan panggilan atau kata hati karena sudah dibebaskan dari pendapat – pendapat pihak lain yang mengarahkan cara pandang pada sesuatu.
Hal lain yang tidak kalah penting dalam upaya membebaskan diri dari cara pandang orang lain adalah mengandalkan diri sendiri dan menjadi mandiri. Seseorang yang belum mandiri umumnya masih akan mudah disetir atau diarahkan oleh orang lain yang mendukung kehidupannya. Berbeda dengan seseorang yang mandiri dan mampu mengandalkan dirinya sendiri. Salah satu langkah penting pada bagian ini adalah percaya pada kemampuan analisa dan pengambilan keputusan yang dilakukan sendiri. Kesalahan sangat mungkin terjadi; tetapi itu bisa menjadi bagian dari proses belajar yang sangat berharga.
Langkah selanjutnya adalah berani bertanggung jawab. Keberanian bertanggung jawab pada apapun yang telah menjadi pilihan. Langkah ini juga akan semakin mendekatkan seseorang pada kondisi merdeka untuk menemukan jati dirinya. Kepercayaan diri diperlukan pada bagian ini; sama halnya dengan kejelian dan keberanian untuk mengatur hal – hal kecil atau detail yang mungkin sering tidak dipedulikan. Tetapi ketika keputusan untuk berani bertanggung jawab diambil; kemampuan untuk mengontrol detail – detail kecil yang merupakan variabel kehidupan menjadi sangat penting. Karena Anda harus meyakinkan diri Anda bahwa Anda telah mengambil keputusan yang benar dan berani untuk mempertanggungjawabkannya. Perpaduan keberanian dan kemampuan inilah yang akan membawa pada penemuan jati diri yang sesungguhnya.

Note:
Mau update artikel - artikel mencerahkan seperti diatas langsung melalui smartphone Anda? Langsung saja Invite PIN BBM saya : 518EA00E atau Save No WA saya 087700350056. Bagi yang invite, saya akan berikan BONUS 4 EBOOK DAHSYAT tentang MINDSET, Kebebabasan FInancial dan cara meraih Karir Impian. Financial-Freedom-Banner

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

Berlangganan dan Download 6 Ebook Dasyat