4 Langkah Pentingnya Menjaga Integritas Dalam Dunia Bisnis

By Gustyana

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

Arti-Integritas-adalah

Sumber Foto ”Arti Intergritas”./www.maxmanroe.com.

Kosa kata integritas seringkali kita dengan dalam diskusi manajemen bisnis dan beragam diskusi lain; tetapi mungkin masih ada sebagian orang yang belum sepenuhnya paham mengenai pengertian kata tersebut.

Pengertian Integritas
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia; integritas memiliki makna sifat, mutu atau keadaan yang bisa menunjukkan sebuah kesatuan utuh sehingga menghasilkan potensi serta kemampuan yang menunjukkan kewibawaan. Menurut sumber yang sama; integritas juga bisa bermakna kejujuran. Dalam konteks bisnis dan profesi; kedua makna tersebut sama – sama digunakan dan memiliki pengaruh yang besar. Integritas sepatutnya tidak sekedar menjadi kosa kata; tetapi ditransformasikan dalam praktek di dunia profesi maupun bisnis. Hasilnya adalah energi positif dan juga citra diri yang baik di mata rekan kerja maupun relasi.

Kata integritas dalam konteks profesional bisa dimaknai sebagai sebuah konsep yang terkait dengan konsistensi sikap dan pemikiran; konsistensi tersebut kemudian diwujudkan dalam nilai – nilai, prinsip, metode, tindakan dan berbagai hal lain. Secara singkat; seseorang dengan integritas yang baik diwujudkan dalam karakter yang kuat serta memiliki kepribadian jujur. Lalu apa kebutuhan menjaga integritas dalam dunia bisnis dan profesional? Kejujuran dan karakter yang kuat merupakan dua hal penting dalam dunia profesional dan bisnis. Menjaga keduanya tetap melekat dan konsisten dilakukan ketika seseorang menghadapi situasi sulit merupakan sebuah ujian integritas.

Nilai Penting Integritas Dalam Dunia Bisnis Dan Profesional
Kejujuran dalam dunia bisnis dan dunia kerja merupakan modal penting. Salah satu hal paling penting yang bisa didapat dari sikap dan pola pikir jujur adalah reputasi atau citra yang baik. Seseorang yang mampu menjaga integritasnya dan selalu bersikap jujur akan dikenal sebagai pribadi yang baik dan bisa dipercaya. Sama halnya ketika berbicara dalam konteks perusahaan atau bisnis. Pelaku bisnis yang memiliki integritas dan mampu konsisten bersikap jujur akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan; baik kepercayaan dari rekan bisnis ataupun kepercayaan dari konsumen. Pada poin inilah integritas memiliki nilai yang luar biasa dalam dunia profesi ataupun bisnis.

Pelaku usaha bisa meraih sukses yang sebenar – benarnya jika mampu menjaga integritas. Hal tersebut diwujudkan dalam keberhasilan memperoleh keuntungan dari aktivitas bisnis yang dilakukan dan pada saat yang sama memiliki reputasi yang baik atau mampu menjaga agar tidak memiliki reputasi buruk. Perusahaan yang mendapatkan keuntungan tetapi pada saat yang sama kehilangan integritas sehingga memiliki citra yang buruk kemungkinan besar tidak akan mendapatkan keuntungan secara berkelanjutan. Di sisi yang lain; jika perusahaan tersebut memiliki saham maka nilai saham kemungkinan besar akan turun dan orang yang tahu reputasi buruk perusahaan tersebut tidak akan mau membelinya. Hal inilah yang menjadi poin penting bagi perusahaan untuk menjaga integritas. Hal lain yang tidak kalah penting adalah secara konsisten menunjukkan praktek – praktek yang jujur dalam bertransaksi maupun dalam berhubungan dengan rekan usaha.

Dampak Positif Integritas Dalam Sebuah Perusahaan
Integritas yang dimiliki sebuah perusahaan berasal dari integritas manusia yang terlibat di dalam pengelolaannya. Membangun integritas dalam intern perusahaan merupakan hal yang sangat penting. Jika ada pertanyaan harus dimulai dari mana? Jawabannya harus dimulai dari mana saja. Tetapi ada pihak – pihak yang memiliki tanggung jawab lebih untuk menunjukkan integritas. Mereka adalah para petinggi dari sebuah perusahaan. Sebagai sebuah organisasi bisnis; petinggi perusahaan merupakan role model atau teladan bagi karyawan dan staf yang ada di bawahnya. Menunjukkan konsistensi dalam berpikir dan bersikap berdasarkan nilai – nilai kebaikan dan kejujuran bisa menjadi awal terbaik untuk menularkan integritas ke seluruh lingkungan kerja.

Adapun musuh atau sikap yang bisa menjadi perusak integritas adalah ketidakjujuran dan perilaku kerja yang tidak profesional. Integritas dalam pribadi seseorang akan memberi kemampuan untuk mengenali nilai – nilai kebaikan dan juga kebalikannya; kemudian mengarahkan keputusan pada hal kebaikan. Perilaku tidak jujur bisa menjadi awal rusaknya integritas seseorang. Jika dibiarkan berkembang pada akan menumbuhkan sikap – sikap yang tidak profesional seperti mengabaikan tanggung jawab.

Beberapa Langkah Membangun Integritas
Ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk membangun atau menumbuhkan integritas pada diri seseorang; sesuatu yang kemudian bisa menular pada orang – orang di sekitarnya.
• Membuat janji yang bisa ditepati. Langkah ini terkesan sangat sederhana dan mungkin tidak penting; tetapi menepati janji – janji yang mungkin terkesan sepele merupakan bukti tanggung jawab serta komitmen seseorang.
• Jujur dalam berkomunikasi. Memulai sebuah kebohongan hanya akan melahirkan kebohongan – kebohongan selanjutnya. Berlaku dan bersikap jujur dalam melakukan komunikasi akan meningkatkan integritas seseorang. Kejujuran ini termasuk juga keberanian untuk mengatakan tidak pada seseorang. Menuruti kemauan seseorang hanya untuk menyenangkan pihak tersebut justru bisa merusak integritas.
• Menjaga lingkungan yang bersih dan tertib. Menjaga lingkungan kerja bisa menjadi langkah awal untuk membangun integritas; bahkan langkah menata kertas berserakan di atas meja kerja. Tertib dalam mengorganisir segala hal juga menumbuhkan dan menunjukkan integritas seseorang.
• Fokus pada tujuan. Salah satu poin penting integritas adalah keyakinan pada suatu tujuan yang baik. Hal tersebut bisa diwujudkan dalam bentuk fokus pada tujuan perusahaan selama tujuan tersebut tidak bertentangan dengan nilai – nilai kebaikan.

Langkah – langkah tersebut bisa menumbuhkan integritas dengan baik jika dipraktekkan pada lingkungan yang juga mendukung praktek tersebut. Merekrut karyawan baru dengan kepribadian yang baik dan menjaga lingkungan kerja diisi oleh orang – orang berkepribadian baik serta memiliki integritas merupakan langkah terbaik membangun integritas perusahaan.

Note:
Mau update artikel - artikel mencerahkan seperti diatas langsung melalui smartphone Anda? Langsung saja Invite PIN BBM saya : 518EA00E atau Save No WA saya 087700350056. Bagi yang invite, saya akan berikan BONUS 4 EBOOK DAHSYAT tentang MINDSET, Kebebabasan FInancial dan cara meraih Karir Impian. Financial-Freedom-Banner

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

Berlangganan dan Download 6 Ebook Dasyat