5 Hal Yang Akan Menjadikan Kamu Effective Communication Yang Mumpuni

By Gustyana

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

xcommunicationskills3.jpg.pagespeed.ic.IjSfHpKWDF

Bagaimana menjadikan effective communication—Setiap harinya, pasti kita tidak luput dari berinteraksi dengan orang lain, entah itu saat dalam kondisi resmi maupun tidak resmi. Komunikasi terjadi antar individu, antar kelompok satu dengan yang lain, dan antara lembaga satu dengan yang lain. Komunikasi menjadi bagian yang penting dalam sebuah organisasi. Namun, tidak semua komunikasi yang dilakukan efektif. Ada kalanya interaksi dalam bentuk komunikasi verbal tersebut berbelit, tidak to the point, membingungkan dan membuat salah paham. Oleh sebab itu, bagaimana manjadikan effective communication harus diketahui dengan benar dan dipraktikkan dengan sabaik-baiknya. Pertanyaannya, apa kira-kira manfaat yang di dapat dari komunikasi yang efektif itu?

Manfaat komunikasi yang efektif dalam kehidupan formal diantaranya adalah:
– Mampu menyuarakan gagasan dengan percaya diri. Berkesempatan mewakili tim atau organisasinya untuk mengungkapkan ide atau gagasan di depan individu, komunitas atau lembaga lain dengan smart dan meyakinkan.
– Manusia dengan komunikasi yang efektif lebih mampu menyelesaikan proyek-proyek yang sedang dikerjakan dengan lebih cepat selesai, lebih sedikit lagi masalah yang dihadapi, dan otomatis tidak banyak mengalami stres.
– Manusia yang memiliki kemampuan komunikasi yang efektif berpengaruh besar bagi sebuah lembaga. Operasional lembaga akan berjalan dengan lebih lancar lagi sebab memiliki skill komunikasi yang baik dan senantiasa di asah.
Untuk mencapai tujuan tersebut, Anda harus menerapkan tips bagaimana caranya agar komunikasi yang dijalankan efektif. Komunikasi yang efektif meliputi:
– Cara penerapan teknik yang mampu mempengaruhi dan menciptakan hubungan yang produktif dengan mereka yang di ajak komunikasi. Tidak hanya kepentingan fungsional itu saja, akan tetapi pihak yang di ajak komunikasi pun merasa nyaman saat berinteraksi dengan Anda.
– Penting bagi Anda untuk mampu mengontrol emosi dalam komunikasi dengan sangat baik. Ya, emosi dalam setiap interaksi komunikasi sangat mudah ditangkap oleh pihak kedua selaku pendengar. Tetap kalem saat suasana hati sedang panas, tetap tenang saat berbicara meski pihak kedua menyulut, atau meski kita sedang dalam kondisi yang berat dan berada di bawah tekanan.
– Yup, komunikasi yang efektif salah satunya adalah mencakup kemampuan seseoran untuk mampu berinteraksi dengan sangat baik di depan umum. Bicara di muka umum apalagi di forum yang sangat besar sering kali membuat kita nervous, mati kutu, keringat mengucur, dan sebagainya. Seseorang yang sudah ditempa melalui pelatihan komunikasi efektif, atau memiliki banyak pengalaman dalam bidang ini, pada akhirnya mampu menyuarakan gagasan atau ide yang ada di dalam pikirannya dengan baik dan meyakinkan.
– Pada beberapa kesempatan, Anda akan dihadapkan pada kondisi yang genting dan berisiko. Momen dengan taruhan yang tinggi itu tentunya membutuhkan kelihaian khusus untuk menghadapinya. Anda perlu pengetahuan, Anda perlu jam terbang yang tinggi untuk mengatasi risiko yang mungkin terjadi tanpa membuat kesalahan.
Gambaran komunikasi yang ideal seperti tersebut di atas, memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap keharmonisan hubungan Anda dengan teman sejawat, maupun dengan rekan bisnis Anda. Selain untuk kepentingan finansial, mereka pun merasa nyaman saat bekerjasama dengan Anda. Dalam sebuah tim, komunikasi dengan anggota tim yang memiliki kemampuan komunikasi yang efektif akan lebih jelas dan to the point. Praktisnya, komunikasi yang efektif adalah sebagai berikut:
1. Bagaimana caranyaa agar kata-kata atau bahasa tubuh yang berpengaruh pada merendahkan citra diri itu bisa di atasi dengan baik. Ya, ada pribadi yang dari cara ngomongnya saja, atau dari bahasa tubuh yang ditunjukkannya itu menjadi turun image-nya di hadapan orang lain.
2. Bagaimana agar komunikasi yang kita jalin mampu mendapatkan respon yang positif dari para pendengar sehingga apa yang kita harapkan dari percakapan tersebut dapat kita peroleh sesuai harapan.
3. Memiliki specific listening skill yang bagus sehingga antara Anda dan lawan bicara sedang berada dalam gelombang yang sama, sehingga terjalin rasa nyaman dan interaksi komunikasi pun berjalan sesuai harapan. Dari sini, Anda akan dianggap dan dipercaya sebagai pribadi yang enak diajak ngobrol, antusias dan nyaman dengan Anda.
4. Anda dituntut memiliki kemampuan bagaimana agar orang lain menyukai apa yang Anda obrolkan, menghormati Anda dan termasuk mendukung apa ide atau gagasan yang Anda sampaikan dengan tanpa rasa dipaksa.
5. Bagaimana agar meski sedang berada di dalam situasi yang sulit sekalipun, Anda tetap mampu bernegosiasi dengan baik, mampu mengatasi konflik pelik dengan mudah dan menghadiri pertemua penting dalam kondisi prima dan penuh gagasan positif.
Komunikasi yang efektif di sebuah lembaga pada akhirnya akan mengurangi omongan yang tidak perlu dan bergosip. Ini dikarenakan setiap pribadi telah melatih dirinya dalam pelatihan komunikasi yang efektif sehingga isu dalam lembaga akan diselesaikan dengan cara saling komunikasi dan saling bernegosiasi dengan baik, entah itu antara atasan dan bawahan, atau antar sesama teman kerja. Pengaruh positif yang lain adalah laba atau profit yang di dapat perusahaan akan semakin tinggi. Ini karena pihak yang berpengaruh tersebut memiliki keahlian komunikasi yang mumpuni sehingga menjadi lebih produktif dalam mem-pasarkan produk atau jasa dengan cara lebih efektif. Manfaat lain dari mempelajari bagaimana menjadikan effective communication adalah interaksi yang terjalin antara sesama akan lebih produktif sehingga target sehari-hari akan tercapai. Jika target harian tercapai maka target jangka panjang sebuah perusahaan pun akan selesai.

Note:
Mau update artikel - artikel mencerahkan seperti diatas langsung melalui smartphone Anda? Langsung saja Invite PIN BBM saya : 518EA00E atau Save No WA saya 087700350056. Bagi yang invite, saya akan berikan BONUS 4 EBOOK DAHSYAT tentang MINDSET, Kebebabasan FInancial dan cara meraih Karir Impian. Financial-Freedom-Banner

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

Berlangganan dan Download 6 Ebook Dasyat