Beberapa Kompetensi Yang Harus Disiapkan Dalam Menghadapi Industri 4.0

By Gustyana

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

industri 4.0 10122018

Terdapat beberapa persiapan dalam menghadapi industri 4.0 yang bisa dilakukan, hal ini tentunya akan membantu Anda dalam menghadapinya. Tentunya saat ini masih banyak sebagian orang yang tidak mengetahui apa itu industri 4.0 dan apa persiapan yang harus dilakukan, padahal Anda harus mengetahui hal ini demi bisa mendapatkan keuntungan maupun pekerjaan. Oleh sebab itu sebagai generasi muda maka Anda harus melek dengan perkembangan zaman sekarang termasuk mengenai industri 4.0 agar tidak ketinggalan zaman. Industri 4.0 sendiri merupakan tren otomatis dalam teknologi pabrik, dimana teknologi ini menggabungkan teknologi otomatis dengan teknologi cyber. Tentunya teknologi ini juga memanfaatkan internet dalam berkomunikasi hingga bekerja sama antara satu sama lain secara bersama-sama. Tidak heran jika saat ini teknologi berbasis internet terus berkembang pesat, oleh sebab itu terdapat beberapa persiapan yang harus Anda lakukan ketika menghadapi industri 4.0 apalagi tidak semua orang melek teknologi.

1. Meningkatkan keterampilan angkatan kerja mengenai teknologi internet of things
Hal pertama yang dapat dilakukan adalah meningkatkan keterampilan angkatan kerja mengenai teknologi internet of things, sebab tidak semua orang mengetahui mengenai teknologi ini. Oleh sebab itu setiap angkatan kerja tentunya harus mengetahui mengenai kemampuan internet dalam lini produksi di industri, sebab saat ini internet juga memberikan banyak manfaat dalam proses produksi. Tentunya tidak semua angkatan kerja dapat mengetahui hal ini, sebab beberapa orang hanya beranggapan bahwa internet hanya bisa dimanfaatkan untuk mencari info maupun mengakses sosial media. Walaupun saat ini seluruh angkatan kerja telah melek internet namun tidak semuanya dapat mengetahui manfaat dari internet dalam proses produksi. Padahal internet memiliki kaitan yang erat mengenai industri 4.0 oleh sebab itu Anda harus meningkatkan keterampilan saat ini, sebab keterampilan sangat diperlukan ketika Anda bersaing dalam mencari pekerjaan di zaman sekarang ini yang serba memanfaatkan teknologi. Jadi apabila Anda tidak akan menguasainya maka Anda akan terus tertinggal.

2. Memanfaatkan teknologi digital
Tentunya jika ingin bersaing dalam industri 4.0 maka Anda bisa memanfaatkan teknologi digital, hal ini dapat membantu Anda dalam melakukan produktivitas maupun bersaing terutama untuk Anda yang berkecimpung dalam industri kecil dan menengah. Apalagi saat ini sudah banyak bermunculan berbagai macam teknologi yang dapat membantu manusia dalam beraktivitas, akan tetapi saat ini masih banyak orang yang belum dapat memanfaatkannya dengan maksimal dan baik. Bahkan ada mereka yang menyalahgunakannya sehingga membuat banyak orang saat ini menjadi malas, padahal dengan adanya teknologi digital ini dapat membantu Anda dalam mendapatkan banyak keuntungan. Contohnya jika Anda pelaku dalam dunia industri kecil maupun menengah maka dapat terbantu dalam meluaskan pasar hingga bisa menyentuh pasar ekspor, sehingga tidak hanya pemain besar saja yang bisa melakukan ekspor. Hal ini tentunya akan bisa memberikan banyak keuntungan apabila Anda bisa memanfaatnya semaksimal mungkin.

3. Melakukan inovasi melalui pengembangan startup
Tentunya Anda tidak asing lagi dengan bisnis startup, sebenarnya bisnis startup merupakan bisnis yang baru berkembang. Akan tetapi saat ini bisnis startup selalu identik dengan bisnis yang berbau teknologi, tentunya bisnis seperti ini begitu banyak diminati oleh anak muda sekarang. Sebab bisnis seperti ini memanfaatkan internet sehingga dapat dikerjakan dimana saja dan kapan saja, jadi tidak heran jika saat ini sudah banyak bermunculan pelaku bisnis yang berusia muda sebab terdapat banyak kemudahan dengan berjualan via internet ini. Dengan melakukan inovasi maka dapat menciptakan tren baru dalam dunia usaha sehingga pasar tidak akan menjadi lesu.

4. Mengasah kreativitas
Tentunya seluruh angkatan kerja harus mengasah kreativitasnya, sebab hal ini sangat diperlukan dalam menghadapi industri 4.0. Mengingat nantinya Anda akan menemukan banyak pesaing, jadi dengan adanya kreativitas maka mudah bagi Anda dalam melakukan produktivitas sebab hal ini sangat diperlukan. Oleh sebab itu sebagai anak muda jangan sampai Anda melewatkan persiapan dalam menghadapi industri 4.0 apabila tidak ingin ketinggalan zaman terutama dalam dunia bisnis dan industri ke depannya.

Note:
Mau update artikel - artikel mencerahkan seperti diatas langsung melalui smartphone Anda? Langsung saja Invite PIN BBM saya : 518EA00E atau Save No WA saya 087700350056. Bagi yang invite, saya akan berikan BONUS 4 EBOOK DAHSYAT tentang MINDSET, Kebebabasan FInancial dan cara meraih Karir Impian. Financial-Freedom-Banner

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

Berlangganan dan Download 6 Ebook Dasyat