5 Rules of Impressive People To Delivere A Great Presentation

By Gustyana
Young black man at whiteboard giving a business presentation

Young black man at whiteboard giving a business presentation

Untuk bisa menjelaskan materi ke khalayak ramai, pasti Anda membutuhkan suatu cara agar bisa mengajak para penonton mengerti apa yang Anda jelaskan. Cara yang paling mendukung adalah dapat mempresentasikan materi dengan sangat baik. Tidak semua orang bisa menjadi seorang pengisi materi yang mampu membuat para penonton tidak merasa bosan atau mengerti semua isi dari apa yang dipresentasikan.

Biasanya untuk melakukan presentasi sebuah materi, pengisi harus bisa memahami 5 Golden Rules of great presentation atau 5 aturan emas untuk bisa mempresentasikan materi dengan hebat. Jika pemateri tidak mengetahui aturan-aturan menjadi pemateri yang baik, bisa jadi apa yang akan disampaikan tidak membuat penonton merasa tertarik dengan materi tersebut. Oleh karena itu, melakukan presentasi tidak hanya menyampaikan materi lalu selesai begitu saja.

Menjadi seorang presentator yang baik tidaklah mudah. Anda akan merasa bangga ketika apa yang sudah Anda presentasikan bisa diterima dengan baik oleh para penonton. 5 aturan emas berikut ini bisa menjadi cara yang tepat Anda lakukan untuk menyampaikan materi dengan jumlah orang yang banyak. Apa saja itu? Inilah 5 aturan emas tersebut.

Paham Apa Yang Akan Anda Presentasikan
Aneh jika Anda ingin presentasi, namun, tidak mengerti sama sekali apa yang akan Anda sampaikan kepada para penonton. Jika hal itu terjadi, Anda pasti tahu apa yang akan selanjutnya Anda dapatkan. Pastinya, penonton akan bingung apa yang ingin Anda sampaikan dan tidak berminat melihat presentasi Anda. Menjadi presentator yang hebat haruslah memahami dengan baik apa saja yang akan disampaikan.

Dengan begitu, Anda berhasil membagi ilmu kepada semua orang yang ada di sana. Itu adalah salah satu aturan agar Anda bisa menghasilkan presentasi yang hebat. Buat hasil presentasi Anda menjadi hebat dengan memahami betul apa yang akan Anda berikan kepada para penonton.

Jangan Pernah Meremehkan Para Penonton
Sebagai seorang pemateri, jangan pernah merasa bahwa Anda adalah orang yang paling mengetahui segalanya. Menjadi presentator yang baik adalah mampu membaur dengan para penonton tanpa merasa Anda lebih pintar dari yang lain. Bisa dibilang, jadilah pemateri yang low profile hingga menjadikan para penonton sebagai teman Anda. Itu cara terbaik dalam menyampaikan presentasi.

Meskipun, mungkin materi yang akan Anda sampaikan adalah mengenai kiat-kiat menjadi seorang yang sukses, jangan pernah menganggap para penonton tersebut sebagai orang yang tidak sukses. Buatlah sesuatu yang mampu memotivasi penonton untuk bisa memahami apa yang Anda sampaikan.

Hargai Waktu Yang Disediakan
Anda pasti merasa sedih jika materi yang sudah Anda susun dengan sangat baik tidak bisa disampaikan seluruhnya. Sebelum menyiapkan presentasi, jauh – jauh hari Anda harusnya sudah diberitahu durasi yang diberikan untuk menyampaikan materi. Baik mempresentasikan karya ilmiah Anda, maupun seminar yang akan Anda isi. Oleh karena itu, buatlah presentasi dengan singkat dan padat.

Jangan sampai, materi yang akan disampaikan melebihi dari durasi yang diberikan dan mampu membuat mood para penonton menjadi turun. Rencanakan dengan baik apa saja point-point penting harus Anda sampaikan dan buat hingga ringkas. Sehingga, Anda masih memiliki cukup waktu untuk melakukan tanya jawab dengan para penonton. Selain itu, jangan sampai pembawa acara memutus apa yang Anda sampaikan. Lebih baik selesaikan presentasi sebelum pembawa acara memotongnya.

Berikan Semangat Dalam Menyampaikan
Jika Anda mempresentasikan materi dengan cara yang lemas dan malas-malasan, tidak akan ada yang berminat untuk memperhatikan dan memahami apa yang telah Anda sampaikan. Bisa jadi, para penonton akan langsung keluar dari ruangan begitu saja. Jangan sungkan untuk bersikap energic atau penuh semangat dalam menyampaikan materi Anda. Dengan cara tersebut, Anda bisa dengan mudah menarik perhatian penonton untuk memahami isi materi.

Belajarlah terlebih dahulu trik untuk bisa menarik perhatian para penonton. Ketika Anda menjadi seorang pemateri, buanglah jauh-jauh rasa malu atau tidak percaya diri di depan publik. Rasa malu akan membuat Anda menjadi minder dan apa yang akan Anda presentasikan menjadi tidak berhasil. Jadi, bangun dan pupuk rasa percaya diri Anda terlebih dahulu, sehingga Anda bisa menyalurkan semangat Anda ke para penonton.

Kuasai Panggung Dengan Baik
Ingin memiliki presentasi yang hebat, jadikan panggung sebagai tempat nyaman bagi Anda. Jika panggung tempat Anda mempresentasikan materi memiliki ruang yang cukup luas, jangan hanya berdiri pada satu tempat saja. Anda harus bisa menyampaikan materi pada semua penonton. Panggung tempat Anda berdiri tersebut jangan menjadi sebuah penghalang untuk bisa berinteraksi dengan semua penonton.

Lakukan penghitungan untuk Anda sendiri di waktu kapan Anda berpindah tempat dari satu sisi ke sisi yang lain. Sehingga, para penonton dari berbagai sisi bisa dengan jelas melihat Anda dalam menyampaikan materi. Sebisa mungkin lakukan kontak mata ke beberapa penonton agar pesan yang ada di dalam materi bisa tersampaikan dengan baik. Selain itu, Anda jadi bisa melihat perubahan ekspresi para penonton selama Anda mempresentasikan materi.

Itulah 5 Golden Rules of great presentation atau aturan-aturan penting yang harus Anda ketahui dan lakukan dalam sebuah presentasi. Jika Anda berhasil melakukan itu semua, yakinlah Anda akan dengan sangat hebat dan baik melakukan presentasi di tempat publik. Yang terpenting, jagalah rasa percaya diri Anda jangan sampai hilang di tengah presentasi atau malah berlebihan hingga merasa sangat pintar.