5 Hal yang Membuat Divisi Human Resource dapat Berpengaruh dalam Strategi Bisnis

By Gustyana

HUMAN-RESOURCE-BUSINESS-PARTNER

HR atau Human resource adalah salah satu divisi dalam perusahaan yang berwenang dalam merekrut karyawan. Tapi ternyata bukan hanya merekrut, ternyata keberadaan Human Resource juga dapat mempengaruhi strategi bisnis perusahaan. Apa saja? Mari simak ulasannya.

Bagaimana Divisi Human Resource dapat membantu mempengaruhi strategi Bisnis?
Hal ini pun diungkapkan oleh beberapa ahli dalam organisasi, bahwa Divisi Human Resource ternyata dapat membantu mempengaruhi bagaimana strategi bisnis dalam perusahaan berjalan. Divisi Human Resource merupakan sebuah posisi yang sangat penting dalam perusahaan dimana mereka membantu para pemimpin untuk memahami bahwa mengetahui bagaimana strategi dibentuk sama pentingnya dengan apa strategi yang akan digunakan oleh perusahaan.

Selain mengenai hal yang disebutkan di atas, para ahli dalam organisasi juga mengatakan bahwa Divisi Human Resource merupakan peralatan, memiliki kompetensi dan juga kapabilitas untuk mendukung strategi bisnis dari perusahaan untuk dapat dihidupkan. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Berikut ini adalah ulasannya.

Divisi Human Resource dapat membantu menegakkan kembali visi dan nilai dari perusahaan
Jika anda merupakan bagian dari perusahaan tentu anda mengetahui bahwa dalam sebuah perusahaan lebih banyak fokus pada rencana pembangunan strategi dan juga proses harian yang berjalan dalam perusahaan. Hal ini tentunya dapat membiaskan fokus dan juga dasar dari perusahaan. Dengan adanya Divisi Human Resource visi dan juga nilai dasar perusahaan dapat dibangkitkan kembali. Hal ini bisa dilakukan karena Divisi Human Resource dapat membantu mempengaruhi motivasi dan juga perilaku yang dimiliki oleh pemimpin perusahaan.

Divisi Human Resource dapat memfasilitasi diskusi dengan pemimpin tiap tim dan membantu untuk kembali fokus pada apa yang penting dalam nilai dan visi perusahaan. Hal ini akan membantu para pemimpin perusahaan tersebut untuk kembali pada visinya dan membuat strategi bisnis yang sesuai dengan visi dan nilai dari perusahaan.

Selain hal yang disebutkan di atas, pemimpin dalam Divisi Human Resource juga dapat memiliki peran yang penting dalam membuat mode organisasi sesuai dengan perilaku dan aksi dalam tim mereka. Hal ini tentunya dapat membantu dalam perubahan dan pembentukan strategi baru dalam perusahaan.

Divisi Human Resource dapat membantu membangun strategi yang sesuai dengan budaya perusahaan
Sebuah strategi yang baik untuk perusahaan dapat muncul dari budaya yang tidak berfungsi dalam perusahaan. Padahal sebuah culture yang baik dapat membantu membangun sebuah rencana strategi yang hebat. Para pemimpin seharusnya dapat memanfaatkan bagaimana budaya dalam perusahaan dapat mensupport strategi baru yang dibangun dalam perusahaan.

Sebagai sebuah divisi yang melihat secara garis besar mengenai performance dan keefektifan kinerja pegawai, Divisi Human Resource harusnya mampu membangun komunikasi antara budaya yang saat ini ada dalam perusahaan dan bagaimana budaya tersebut dapat membantu mensuport secara penuh stretegi yang dibangun oleh perusahaan. Hal ini penting karena sebuah budaya yang mensupprot strategi akan memunculkan perilaku yang baik dan efektif dari usaha dan hasil dari strategi tersebut.

Membantu kebutuhan sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh para leader
Bagi pemimpin bisnis, goal keuangan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam berjalannya perusahaan. Hal ini merupakan pusat dari top level strategi yang dibangun oleh perusahaan. Meski begitu untuk mencapainya diperlukan sumber daya manusia yang tentunya kuat dalam menopang strategi utama tersebut. Oleh karena itu sumber daya manusia dan juga talent yang dimilikinya juga harus dipikirkan dengan seksama.

Memilih sumber daya manusia yang baik merupakan tanggung jawab dari Divisi Human Resource. Untuk memilihnya diperlukan banyak cara, mulai dari bagaimana mencari talent yang berkualitas hingga menemukan kebutuhan-kebutuhan baru untuk talent perusahaan. Semuanya merupakan wewenang dari Divisi Human Resource dalam sebuah perusahaan. Dengan menyediakan talent yang baru untuk menopang strategi bisnis, Divisi Human Resource dapat ikut membantu mempengaruhi jenis strategi yang akan dibangun oleh perusahaan.

Divisi Human Resource mempertahankan pegawai untuk berada dalam strategi
Selain mempersiapkan SDM yang baru, Divisi Human Resource juga memiliki tugas untuk mengolah SDM yang sudah ada di dalam perusahaan untuk terus produktif sehingga dapat ikut menopang dengan sekuat tenaga mengenai laju perusahaan ke arah yang lebih positif. Dengan begitu, keberadaan Divisi Human Resource memang memiliki nilai yang sangat tinggi dalam kaitannya dengan membangun strategi dan model bisnis.

Dalam hal ini, Divisi Human Resource memiliki peran dalam membantu memahami opini dari pegawai, dengan begitu Divisi Human Resource mampu membantu mendapatkan feedback pegawai dari strategi yang saat ini sedang berjalan, reaksi dan bahkan ide untuk membantu mengembangkan strategi yang sedang berjalan. Mengapa? Hal ini disebabkan karena setiap pekerja merupakan orang yang berkecimpung secara langsung dalam proses bisnis sehingga mereka lebih tentunya memiliki ide yang lebih berdasar dalam perubahan-perubahan yang mungkin terjadi dalam strategi. Disini, merupakan tugas dari Divisi Human Resource untuk menampung ide perubahan tersebut, oleh karena itulah Divisi Human Resource memiliki posisi yang kuat dalam perubahan dan pembentukan strategi bisnis.

Secara utuh, Divisi Human Resource bertugas mempersiapkan SDM yang mapan dan berkualitas dengan visi dan misi yang mendukung kemajuan perusahaan. Hal inilah yang akan membantu perusahaan untuk menemukan strategi yang baru, tapi tetap mempertahankan budaya yang baik dalam perusahaan serta mempertahankan dan menjunjung tinggi visi dan juga nilai dasar perusahaan sehingga meski ada perubahan yang dibawa, perubahan tersebut tetap lebih baik dan lebih kuat dibawah core dari perusahaan.