Prinsip, Peluang dan Tantangan Menghadapi Industri 4.0

By Gustyana

industri 4.0

Apa itu industri 4.0? Dan apa tantangan dan peluang yang dimilikinya? Mari kita simak ulasan berikut ini.
Apa itu industri 4.0?
Industri 4.0 merupakan sebutan populer untuk revolusi industri level 4 yang saat ini sedang gencar digalakkan. Revolusi industri ini mencakup banyak perubahan dalam sistem industrialisasi. Mulai dari otomatisasi hingga pertukaran data terkini dalam sistem pabrik. Sistem di pabrik yang ikut mengalami perubahan dalam revolusi ini mulai dari sistem fisik, internet hingga komputasi. Dengan perubahan-perubahan yang melibatkan komputasi serta internet ini, kini kita bisa melihat banyak sekali pabrikan yang cerdas dan memiliki struktur modular.

Nama industri 4.0 ini pertama kali dikumandangkan pada tahun 2011 di Hannover Fair di Jerman. Sebagai realisasinya, sistem industri 4.0 ini kemudian dicobakan pada beberapa perusahaan yang disebut dengan working group pada tahun 2012. Pada pertengahan tahun 2013 hasil dari kinerja ini kemudian dilaporkan hingga working group yang bekerja dengan cara industri 4.0 ini dikenal sebagai bapak pendiri dan perintis dalam hal industri 4.0.

Perbedaan industri 4.0 dengan model industri yang lama
Ada banyak perubahan yang bisa ditemukan dari industri 4.0 ini dari model industri yang sebelumnya. Industri 4.0 lebih fokus pada penggunaan peralatan baru dan peralatan lama dengan cara yang lebih inovatif. Dalam industri 4.0 ini akan dikenal robot-robot yang bekerja bersama dengan pegawai. Automatic akan menjadi sistem yang baru untuk mempermudah pekerjaan manusia. Sensor jaringan dan juga teknologi komunikasi akan digunakan dengan lebih baik sehingga dapat menghubungkan sistem terendah dan tertinggi dalam rantai produksi. Adanya mesin yang cerdas dan juga perangkat lunak yang dapat berkomunikasi dengan otomatis, membuat sistem industri 4.0 ini menjadi lebih mudah untuk dijalankan dan tentunya lebih menguntungkan.

Prinsip sistem industri 4.0
Untuk prinsipnya sesungguhnya ada 4 prinsip yang dianut dalam sistem industri 4.0. Prinsip tersebut antara lain adalah :
• Kesesuaian
Salah satu prinsip yang ada di dalam sistem industri 4.0 adalah prinsip kesesuaian. Prinsip ini merupakan salah satu prinsip yang berhubungan dengan penggunaan peralatan baru dalam implementasi sistem industri 4.0. Dalam sistem industri 4.0 yang banyak digunakan dapat dinyatakan bahwa dalam sistem industri 4.0 akan banyak digunakan mesin yang memiliki kecerdasan, sensor, jaringan dan juga sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dalam berhubungan dengan kecerdasan buatan tersebut.

• Informasi yang lebih transparan
Dalam sistem yang baru seperti sistem industri 4.0 ini, transparansi informasi akan lebih terjamin. Karena penggunaan komputerisasi dan juga jaringan makin tinggi maka penyalinan data secara virtual yang dahulu sulit untuk dilakukan menjadi sangat mudah. Pengalihan dan juga pengumpulan data sensor mentah dapat membantu perusahaan untuk menghasilkan informasi dengan konteks yang bernilai tinggi bagi perusahaan.

• Informasi yang lebih terpadu
Salah satu prinsip mengenai sistem industri 4.0 dalam sebuah perusahaan adalah adanya informasi yang lebih terpadu. Informasi yang lebih terpadu ini memiliki banyak keuntungan. Informasi yang lebih terpadu membantu sumber daya manusia untuk mendapatkan visualisasi informasi sehingga dapat membuat keputusan dengan lebih cepat dan bijak. Hal ini akan sangat menguntungkan pada saat kemunculan masalah-masalah yang genting dan juga mendadak.
Selain membantu menyelesaikan masalah yang mendadak, keberadaan informasi yang lebih terpadu juga dapat membantu meringankan pekerjaan sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan. Meringankan pekerjaan yang berat dan membantu mengerjakan pekerjaan yang sulit dan berbahaya. Hal ini membuat sistem industri 4.0 menjadi sebuah sistem yang sangat menguntungkan untuk diaplikasikan.

• Kinerja yang lebih mandiri
Salah satu prinsip munculnya sistem industri 4.0 adalah kinerja yang lebih mandiri. Contohnya. Jika dahulu mengirim surat diperlukan perusahaan lain yang bertugas untuk mengirimkan seperti PT. POS saat ini anda bisa mengirim surat dengan cara elektronik. Lebih cepat sampai dan tentunya tidak bergantung dengan pihak lainnya sehingga dapat dikatakan lebih mandiri. Itu hanyalah contoh kecilnya saja. Selain itu masih ada banyak hal yang dapat dilakukan secara lebih mandiri. Kemandirian bisa didapatkan dengan bekerja bersama sistem industri 4.0. Kecuali ada hal-hal lain seperti gangguan atau kesalahan sistem.

Kesimpulan tantangan dan juga peluang dalam sistem industri 4.0
Dari ulasan di atas, kita bisa mengetahui ada beberapa tantangan dan juga peluang yang muncul dari sistem industri 4.0 ini. Apa saja? Mari kita simak.
• Peluang dalam sistem industri 4.0
Untuk peluang tentunya ada banyak sekali peluang yang bisa di dapatkan dari penggunaan sistem industri 4.0. Peluang pertama adalah makin mudah sistem produksi dilakukan. Dengan penggunaan sistem berbasis komputer dan juga internet penyimpanan data menjadi lebih terpadu sehingga informasi dapat diakses oleh lebih banyak orang dengan lebih cepat. Hal ini memungkinkan segala proses dalam perusahaan dapat lebih cepat dilakukan tanpa adanya hambatan informasi.
Penggunaan sumber daya manusia juga menjadi lebih ringan. Hal-hal yang dahulu berbahaya dan sulit untuk dikerjakan oleh manusia menjadi lebih mudah untuk dilakukan sehingga lebih minim kecelakaan. Hal ini disebabkan karena adanya sistem cyber – physic yang ada dalam sistem industri 4.0.

• Tantangan dalam sistem industri 4.0
Untuk tantangan bisa juga datang dari segi SDM. Dengan adanya sistem komputasi fisik dalam sistem industri 4.0 SDM harus bersiap. Perusahaan juga harus sistem industri 4.0 untuk membantu SDM dalam menjalani masa transisi tersebut.