Menjelajahi Karakter Pemimpin Yang Top dan Menjelma Menjadi Steve Job

By Gustyana

554484_620

Pemimpin memiliki kepribadian dan sifat yang tidak sempurna terlepas dia hanyalah manusia yang tidak sempurna, tetapi manusia wajib memperbaiki diri terus menerus dan tidak mengulang atas kesalahan yang telah diperbuat.

Beberapa aspek yang akan kita bahas, mengenai sosok pemimpin yang dapat menjadi tauladan, bagaimana di dalam pribadinya tersimpan mutiara – mutiara dari aspek kepribadian yang patut kita jelajahi dan pelajari lebih dalam;

1) pemimpin yang baik adalah seseorang pemimpin yang memiliki sifat jujur, karena jika tidak memiliki sifat jujur, bisa saja kehilangan kepercayaan dari orang – orang yang dia pimpin. Ketika dalam situasi yang mengharuskan untuk berubah maka omongan kita sebagai pemimpin pun tidak akan dipercaya.
Lalu bagaimana seorang pemimpin akan membawa pada perubahan yang lebih baik, sedangkan orang yang dipimpinnya saja tidak percaya kepada pemimpinnya?

2) seorang pemimpin harus memiliki sifat yang terpuji
Dalam situasi seperti apapun seorang pemimpin yang memiliki sifat terpuji, laiknya seperti artis yang memiliki idola, semua tingkah laku dan ucapan akan didengar oleh idolanya.

Pentingnya seorang pemimpin memiliki kharisma sifat yang terpuji agar tidak menjerumuskan idola orang yang dipimpinnya, seperti sifat dan sikap pemimpin yang tidak mementingkan diri sendiri dan berani berkata benar bukan karena sebuah kepentingan.

3) Membenarkan apa yang benar
seorang pemimpin yang terpuji adalah mereka yang mampu untuk berkata benar, tidak peduli siapapun orang yang dihadapi. Apabila ada timnya yang tidak benar, maka wajib bagi seorang atasan untuk berkata sesuai dengan data dan fakta.

Dengan kepribadian yang memiliki prinsip dan keteguhan hati adalah seorang yang pemimpin yang memiliki karakter cukup kuat dalam bersikap untuk berkata dan menetapkan sebuah kebenaran.

4)Demokratis
Dan menjadi seorang pemimpin harus mampu menampung berbagai aspirasi dari tim dan berbagai pendapat lintas Divisi, dimana dengan seorang pemimpin yang memiliki sikap yang demokratis maka kita akan memperoleh pendapat dan sudut pandang dari beberapa pemikiran. Contohnya saja seorang presiden dan kepala negara harus dapat menampung dan mendengarkan berbagai aspirasi yang diajukan oleh rakyatnya, bukan malah mengeyampingkannya. Karena ingat kawan, bahwa tujuan menjadi seorang pemimpin yang utama adalah bagaimana agar rakyatnya atau orang – orang yang dipimpinnya merasa bahagia dan atau puas dengan kepemimpinannya, memiliki kehidupan yang lebih baik, dan memiliki kesejahteraan bukan malah memperkaya diri

5) Tidak memiliki sikap egois
Belajar dari sosok pemimpin Bill Gates, dimana dia rela untuk tidak diposisi nomor satu, yang mana pengelolaan perusahaan saat ini micorosoft diserahkan kepada rekannya yang sangat piawai dalam memimpin microsoft sehingga microsoft saat ini jauh lebih berkembang tanpa bayang – bayang dari Bill Gates. Kita bisa melihat langkah Gates adalah sebuah langkah strategis, Steve Ballmer dipercayakan untuk memimpin operasional harian perusahaan microsoft ini dengan jumlah total pegawai mencapai 50.000 ribu orang yang tersebar di seluruh dunia, menjadikan microsoft semakin besar dan mendunia. Proses transisi kepemimpinan dari Bill Gates ke Steve Ballmer sangat normal dan wajar.

Kualitas pemimpin memang sangat ditentukan oleh bagaimana mereka bertindak dan bertingkah laku. Seorang pemimpin yang mampu mengarahkan bawahannya dan bawahan mereka bersedia untuk bergerak seirama mencapai tujuan yang sama, Pemimpin yang tulus akan menolong anak buahnya untuk mengupgrade skill dan kemampuan anak buahnya untuk menjadi naik level dan satu langkah lebih sukses. Pemimpin yang baik akan selalu menyertakan orang – orang di sepanjang jalan kesuksesan mereka. Dengan ulasan 5 ciri pemimpin yang memiliki kepribadian yang dapat kita pelajari dari karakter kepribadian yang kuat dan karakter yang mumpuni;
1. Pemimpin yang memiliki sifat jujur
2. Seorang pemimpin yang harus memiliki sifat yang terpuji
3. Membenarkan apa yang benar
4. Sosok pemimpin yang demokratis
5. Sikap pemimpin yang tidak memiliki sikap egois

Semoga kita semua selalu diberikan keteguhan oleh Allah SWT untuk menjadi sosok pemimpin Indonesia di Masa Depan, yang berlandaskan akhlak yang karomah dan amanah. Seperti Baginda Nabi Muhammad SAW yang dapat menjadi sosok pemimpin yang sidiq, amanah, dan fathonah, Semoga Allah memberikan kekuatan iman dan keistiqomahan Amiin Yarrabbal’alaamiin.