7 Karakter Transformational Leadership Yang Dapat Bertahan Pada Era Vuca

By Gustyana

Transformational Leadership

Transformational leadership merupakan sebuah gaya kepemimpinan yang mana seorang pemimpin mampu bekerja dengan bawahannya untuk mengindentifikasi segala perubahan yang diperlukan, melaksanakan setiap perubahan bersama para anggota kelompok yang berkomitmen serta menciptakan visi agar bisa memadu setiap perubahan melalui inspirasi. Untuk info lebih detail, simak ulasan berikut:
Fungsi Utama Transformational Leadership

Transformational leadership berfungsi untuk meningkatkan nilai moral, motivasi serta kinerja para anggota melalui berbagai mekanisme yang sudah ditentukan. Selain itu, transformational leadership juga berguna untuk menghubungkan setiap identitas anggota dan pimpinan dalam sebuah organisasi. Tidak hanya itu saja, transformational leadership juga menjadi salah satu panutan bagi para anggota untuk bisa menginspirasinya agar bisa meningkatkan minat pada sebuah proyek.

Melalui transformational leadership ini juga membuat Anda dapat memahami kelemahan dan juga kekuatan paran anggotanya. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah untuk menyelaraskan para anggota dengan berbagai tugas yang akan mereka kerjakan untuk meningkatkan kinerjanya. Konsep transformational leadership ini dilihat dari pimpinan dan pengikut yang saling menguatkan ke tingkat moralitasnya sehingga mampu bekerja untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan bersama.

Karakteristis Transformational Leadership
Bagi Anda yang penasaran mengenai karakteristik kepemimpinan transformasi, maka berikut ini akan dipaparkan beberapa ulasan singkat mengenai karakteristik transformational leadership, yaitu:
1. Pandai menajemen diri sendiri
Pada dasarnya transformational leadership memang tidak membutuhkan banyak arahan dari orang lain, karena meraka sudah pasti mampu mengelola atau mengatur dirinya dengan baik. Selain itu, mereka juga bisa menggunakan motivasi agar bisa mengarahkan organisasi ke jalan yang lebih baik dan benar. Tidak hanya itu, para pemimpin ini juga akan selalu melakukan apa saja yang mereka sukai dan cintai, namun tetap memperhatikan nilai-nilainya untuk kepentingan organisasi yang mereka jalankan.

2. Mampu memperhitungkan resiko yang tepat
Salah satu karakteristik transformational leadership yang paling utama adalah mempunyai kemampuan untuk memperhitungkan resiko yang tepat. Biasanya seorang pemimpin akan selalu mempercayai nalurinya dan juga menggunakan kecerdasan dalam menggambil sebuah keputusan, serta juga memperhitungkan kemungkinan resiko yang dapat terjadi. Selain itu, biasanya tim transformational leadership akan selalu melakukan berbagai penelitian yang diperlukan agar bisa mengevaluasi situasi sehingga bisa memperhitungkan resiko dengan tepat.

3. Inspirasional
Perlu diketahui, setiap orang yang berusaha untuk bisa menjadi seorang pemimpan yang terinspirasi dan juga transformational memang yang paling dibutuhkan adalah karakter yang inspiratif. Dengan adanya karakter yang inspiratif ini maka dapat membuat mereka bisa memotivasikan orang lain. Meskipun begitu, gaya inspirasional yang mereka miliki tidak hanya terbatas pada pengakuan saja, namun merekaa juga harus bisa memperlakukan para anggota atau bawahannya sebagai salah satu individu yang berharga.

4. Kemampuan beradaptasi
Transformational leadership mempunyai kemampuan untuk beradaptasi dengan berbagai perusahan situasi dan kondisi pasar ataupun lainnya agar bisa selalu bergerak kedepan ataupun menjadi lebih maju. Bahkan para pemimpin tersebut akan selalu senantiasa beradaptasi dengan situasi yang baru dan juga mencari berbagai cara yang kreatif dan inovatif agar bisa merespon lingkungan sekitarnya yang lebih dinamis.

5. Mampu memberikan ide-ide baru
Transformational leadership ini akan jarang dicapai jika seorang pemimpinnya tidak terbuka dan juga tidak menerima berbagai gagasan atau pemikiran yang baru. Pada umumnya transformational leadership akan selalu memahami kebenaran jika sebuah kesuksesan itu tergantung pada usaha yang dilakukan oleh seluruh tim.

Perlu diketahui, jika budaya keterbukaan terhadap pemikiran atau gagasan yang baru dapat mempengaruhi pertumbuhan sebuah organsasi. Maka dari itu, seorang transformational leadership harus bisa mengumpulkan berbagai gagasan ide yang baru dari para anggota timnya. Selain itu, pempimpin tersebut juga bisa menggunakan gagasan idenya untuk bisa mengambil keputusan yang bail bijak dan tentunya baik untuk kemajuan organisasi.

6. Mampu mengenali setiap anggotanya
Pada dasarnya interaksi secara pribadi memang cukuplah penting karena dapat membuat para anggotanya bisa lebih percaya diri dan juga ingin menjadi bagian dari visi yang sudah diciptakan oleh pemimpin di perusahaannya. Seorang pempimpin transformational leadership juga mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi setiap anggota timnya agar bisa lebih percaya diri.

7. Mempunyai keberanian
Transformational leadership memang sangat membutuhkan sebuah keberanian dan juga kemauan agar bisa menghadapi berbagai tantangan baru seperti membuat keputusan yang sulit, mengambil resiko yang diperhitungkan dan bahkan bersedia untuk berteman dengan sesuatu yang mereka percayai. Transformational leadership ini mempunyai sebuah keberanian untuk dapat menciptkan sebuah visi dan juga mengambil keputusan yang sulit agar bisa mencapai visi yang sudah ditentukan bersama tim tersebut.

Demikianlah, beberapa info seputar transformational leadership. Semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan juga membantu menambah referensi bacaan utama bagi Anda semua.