Strategi Dalam Memenangkan Persaingan Dalam Disruption Era

By Gustyana

Disruption Era

Era disruption diartikan sebagan salah satu masa dimana sudah banyak bermunculan inovasi-inovasi baru yang tidak terlihat. Bahkan era disruption ini sering kali tidak disadari oleh organisasi yang sudah mapan yang membuat jalannya kegiatan atau aktivitas tatanan sistem lama menjadi terganggu ataupun mengalami kehancuran. Mengenal Era Disruption Lebih Dekat

Disruption merupakan suatu inovasi. Nah, inovasi inilah yang nantinya akan menggantikan seluruh sistem lama dengan menggunakan cara-cara yang baru. Di era disruption memang dapat memungkinkan sistem lama digantikan dengan sistem yang baru. Bahkan sistem teknologi lama yang dulunya menggunakan fisik akan digantikan dengan sistem teknologi digital yang dapat menghasilkan sesuatu yang baru, lebih efisien serta lebih bermanfaat.

Pada dasarnya era disruption memang menjadi salah satu masa yang penuh dengan gangguan karena banyak sekali terjadinya perubahan. Misalnya saja, industri kamera film menjadi terganggu akibat adanya inovasi dari kamera digital dan bisnis penerbitan menjadi terganggu akibat adanya desktop publishing. Bahkan bisnis yang dijalankan secara tradisional juga menjadi terganggu karena adanya kemudahan pemanfaatan sistem online.

Di era ini memang akan ada yang terganggu dan kemudian menjadi hancur atau punah serta ada juga yang terganggu, namun mendorongnya untuk semakin berbenah agar tetap eksis dan tidak musnah. Nah, di era disruption ini, Kita sebagai seorang manusia memang dituntut untuk selalu berbenah agar tidak kalah dalam setiap persaingan. Berbagai Hal Penting Yang Ada Dalam Era Disruption.

Berikut ini ada beberapa hal penting yang ada di era disruption, yaitu :
• Era disruption ini juga berakibat pada penghematan biaya yang cukup banyak melalui proses bisnis yang menjadi lebih sederhana.
• Di era ini juga membuat setiap kualitas yang dihasilkan menjadi lebih baik dibandingkan era sebelumnya.
• Era disruption juga dapat menciptakan pasar baru sehingga membuat pasar yang dulunya tertutup menjadi terbuka. Melalui pasar baru juga akan sangat menguntungkan pihak konsumen karena dapat membantu mempermudah berbagai kegiatan yang mereka lakukan.
• Melalui era disruption membuat produk atau jasa hasil inovasi atau disruption menjadi lebih mudah untuk dijangkau ataupun diakses oleh para konsumen.
• Di era disruption ini juga membuat segala sesuatu menjadi serba mudah, pintar, cerdas serta dapat menghemat waktu yang lebih akurat.

Hal-Hal Yang Sudah Mengalami Perubahan Di Era Disruption
• Pasar yang baru : Pada dasarnya era disruption memang menciptakan sebuah dunia yang baru seperti digital marketplace. Nah, dunia yang baru ini juga menandakan jika bentuk pasar sudah mengalami perubahan. Di era disruption konsumen akan mulai berpindah dari offline menyukai pasar tradisional malah beralih ke digital marketplace. Pasar ini memang tidak akan disadari dan juga tidak akan terlihat bentuk wujudnya. Hal inilah yang menyebabkan sering munculnya prasangka-prasangka dikalangan konsumen maupun produsen.

• Nasib yang berbeda : Pada saat menghadapi sebuah persaingan yang kompetitif memang akan selalu ada akhir yang berbeda-beda. Nah, berbagai perusahan yang terjadi ini sehingga dituntut harus adanya inovasi atau disruption. Hal ini sangatlah penting agar Anda bisa menggantikan sistem lama dengan yang baru sehingga Anda tidak kalah dalam persaingan dan menjadi hancur.

• Bersaing dengan model bisnis : Ketika memasuki era disruption memang akan ada cukup banyak perubahan, seperti dalam melakukan pemasaran. Di era ini Anda tidak hanya akan bersaing mengenai produk, namun juga bersaing mengenai model bisnisnya. Model bisnis ini berguna untuk menarik minat konsumen. Perlu diingat meskipun produk Anda sama, namun dengan adanya model bisnis yang baik maka dapat membuat Anda bisa memenangkan kompetisi tersebut.
Strategi Untuk Menghadapi Era Disruption

Ada banyak sekali strategi yang bisa digunakan untuk bisa menghadapi era disruption. Bagi Anda yang penasaran dengan berbagai strategi yang bisa diterapkan untuk menghadapi era distruption. Maka bisa menyimak ulasan berikut ini:
1. Menjadi kanibal untuk produknya sendiri
Strategi pertama yang bisa Anda terapkan untuk bisa menghadapi era disruption adalah dengan memberanikan diri untuk menjadi kanibal produknya. Hal ini memang menjadi sebuah langkah yang cukup proaktif untuk dilakukan jika tidak ingin pihak lain terlebih dahulu melakukannya. Dengan menjadi kanibal untuk produk Anda sendiri maka Anda bisa mengatasi berbagai permasalahan yang dulunya kerap terjadi dan hampir membuat bisnis Anda menjadi hancur ataupun musnah.

2. Jangan terlalu nyaman menjadi seorang pemenang
Sebuah organisasi yang sudah berdiri cukup lama memang kerap merasa jika mereka tidak perlu lagi membuat banyak disruption atau inovasi. Hal ini dikarekan mereka selalu beranggapan jika konsumen akan terus menerus loyal sehingga membuat mereka cukup nyaman tanpa melakukan inovasi pada produknya. Perlu diketahui, jika hal ini tidak baik dilakukan, karena pada kenyaataan konsumen sangat mudah lari ketempat lain yang menurut mereka lebih bagus dan trendy. Maka dari itu, sangat diperlukan pengembangan atau inovasi untuk menciptakan yang baru.