Langkah-Langkah Dalam Membuat Materi Pelatihan Bagi Karyawan Perusahaan

By Gustyana

Training-Improve-600x424

Setiap karyawan tentunya memiliki hak untuk menerima training, namun dalam membuat materi pelatihan untuk karyawan yang bagus dan menarik tidaklah mudah. Sebab materi yang bagus dan baik adalah materi yang sesuai pada kebutuhan dan bidang karyawan, baik dari segi besar atau kecilnya jabatan dan tanggung jawab yang dimiliki selama bekerja pada perusahaan tersebut. Oleh sebab itu jangan sampai Anda memberikan materi yang salah kepada karyawan, karena hanya akan membuang tenaga dan waktu. Apabila suatu perusahaan memiliki pemikiran bahwa membuat training untuk karyawan merupakan kegiatan yang membuang tenaga dan waktu, maka hal ini adalah salah besar. Sebab training merupakan salah satu hak karyawan selain menerima gaji, sebab dengan adanya kegiatan ini maka karyawan dapat berkembang dalam pekerjaannya, sehingga kegiatan ini tentunya memiliki banyak manfaat sebab memberikan keuntungan bagi karyawan, jadi secara tidak langsung dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan kemajuan pada perusahaan. Sebab perusahaan yang berkualitas bagus pasti memberikan training kepada karyawannya secara teratur agar dapat terus belajar pada bidang pekerjaannya, tentunya berbeda ceritanya jika seorang karyawan tidak diberikan training. Maka kinerjanya akan jauh tertinggal dibandingkan dengan karyawan yang diberikan training, oleh sebab itu jika trainingnya ingin berjalan dengan baik maka berikanlah materi yang bagus juga. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan dalam membuat materi dalam training.
1. Mencari tahu permasalahan pada karyawan
Tentunya setiap karyawan memiliki permasalahan dalam pekerjaanya, dimana masalah ini dapat menjadi penghambat kinerja karyawan tersebut. Tentunya jika kinerja karyawan pada suatu perusahaan terhambat membuat perusahaan susah berkembang untuk maju. Apalagi dalam setiap pekerjaannya tentunya karyawan akan merasakan jenuh, ditambah lagi dengan permasalahan yang dimiliki yang membuat karyawan malas bekerja. Karena itu Anda dapat membuat materi yang bersangkutan dengan masalah yang dimiliki oleh karyawan pada umumnya, seperti masalah pada gaji yang rendah. Dengan membuat materi yang bersangkutan dengan hal ini maka Anda dapat memberikan solusi di dalamnya, baik untuk karyawan maupun perusahaan. Tentunya hal ini dapat membangkitkan semangat karyawan untuk bekerja, sehingga dapat memajukan perusahaan. Sebab kemajuan suatu perusahaan tidak terlepas dari kinerja karyawannya, apalagi jika kinerja semua karyawan berkualitas dan bagus sehingga membuat perusahaan maju dalam waktu yang cepat. Pastinya semua orang ingin memiliki perusahaan yang terus bergerak maju, sehingga dapat memberikan keuntungan yang besar. Baik bagi petingginya maupun karyawannya.
2.Melakukan survey atau wawancara
Tentunya jika Anda ingin mengetahui permasalahan yang dialami oleh setiap karyawan adalah dengan melakukan survey maupun wawancara kepada setiap karyawan sehingga Anda dapat mengetahui permasalahan yang banyak dialami oleh karyawan, sebab ketika Anda melakukan survey nanti maka akan menemukan berbagai macam permasalahan. Karena setiap karyawan tentunya memiliki permasalahan yang berbeda, dengan membuat materi yang membahas permasalahan umum maka dapat membuat karyawan tertarik mendengarkan materi. Apalagi jika di dalam materi tersebut diberikan solusi bagi permasalahan tersebut, atau tidak ada salahnya jika Anda membuat diskusi kelompok. Sebab dengan cara ini Anda juga dapat mengetahui berbagai permasalahan pada karyawan, terutama untuk karyawan yang memiliki masalah pada kurangnya pengetahuan terbaru dalam dunia pekerjaan. Ditambah lagi jika dibandingkan dengan kinerja karyawan pada perusahaan lain yang telah maju tentunya jauh tertinggal, tentunya cara ini sangatlah efektif. Sebab Anda mendengarkan permasalahannya pada karyawan langsung, namun apabila Anda menanyakan pada atasannya belum tentunya dapat memberikan jawaban yang tepat. Dan juga dengan mengetahui akar masalah yang berhubungan dengan kinerja karyawan juga mempermudah Anda dalam menyusun materi, selain dapat membuat materi yang menarik dan bagus. sehingga pada saat training nanti para karyawan tidak akan bosan.

3. Membuat materi training menjadi menarik
Wajib bagi Anda mengkreasikan materi training, serta buatlah dalam bentuk yang singkat, padat, dan jelas. Hal ini bertujuan agar para karyawan tidak bosan, sebab jika bosan maka materi yang disampaikan tidak akan tertanam pada ingatan pesertannya. Karena yang wajib Anda ketahui adalah karyawan bukanlah anak sekolah yang dapat duduk berlama-lama di bangku sambil mendengarkan penjelasan yang panjang. Jadi jika Anda membuat materi training yang panjang serta hanya menjelaskan maka akan membuat para peserta bosan, oleh sebab itu buatlah materi yang menarik dengan memberikan gambar. Atau buatlah point-point tentang pembahasan, kemudian selebihnya Anda jelaskan namun singkat, padat, dan detail. Sangat baik jika Anda menyisipkan video, karena banyak orang yang tertarik apabila menonton, atau ketika membawa materi sisipkanlah humor sedikit sehingga suasana training menjadi segar, namun humor yang disampaikan harus berkaitan materi.

4. Memperhatikan waktu
Perhatikan juga waktu dalam penyampaian materi, sebab jika materi yang disampaikan panjang tentunya membutuhkan waktu yang lama serta sangat membosannya. Karena karyawan juga membutuhkan waktu istirahat dan berkumpul dengan orang tercinta, hal ini harus sangat anda perhatikan apabila membuat training pada saat libur. Ada baiknya jika membuat training tidak memakan waktu yang lama terutama pada penyampaian materinya, dimana buatlah training selama 5 jam yang di dalamnya terdapat kuis, kegiatan kelompok maupun game; sehingga 5 jam yang digunakan tidak hanya diisi dengan ceramah dalam penyampaian materi, dengan sistem seperti ini maka suasana training jauh lebih hidup dan seru. Karena itu ketika membuat materi pelatihan untuk karyawan janganlah terlalu panjang.