Meningkatkan Peran Training Center Menjadi Sebuah Lembaga Belajar Sumber Daya Insani

By Gustyana

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

libraries

Tidak semua orang mampu dalam mengelola training center yang benar, selain tidak memiliki pengetahuan dalam mengelolanya juga. Padahal di zaman sekarang ini training center sangatlah dibutuhkan, demi mencetak sumber daya manusia yang berkualitas. Namun masih banyak orang yang tidak memperdulikan training center, bahkan tidak sedikit pula yang tidak mengetahui apa itu training center dan apa fungsinya. Training center merupakan pusat pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia, karena itulah lembaga ini sangat diperlukan. Terutama bagi Anda yang memiliki pendidikan sampai di sekolah saja, sebab saat ini banyak lulusan SMA yang tidak kuliah namun bingung untuk bekerja. Apalagi saat ini untuk masuk dalam dunia kerja sangat kecil kemungkinan seorang lulusan SMA untuk diterima, ditambah lagi jika Anda melamar pada jabatan yang tinggi. Oleh sebab itu jalan satu-satunya agar lulusan SMA dapat bekerja, terutama jika training center tersebut bergerak di bidang pelatihan kewirausahaan. Karena jika terus berharap untuk bekerja di kantoran tentunya dibutuhkan waktu yang lama, mengingat bekerja pada bidang tersebut banyak peminatnya. Ditambah lagi training center juga dibutuhkan untuk mereka yang telah memiliki pekerjaan, hal ini bertujuan agar kinerja mereka terus bagus.
1. Melakukan analisis kebutuhan training jabatan
Tujuan diadakannya analisis ini untuk mengetahui jabatan apa saja yang terdapat pada suatu organisasi sehingga dapat mempermudah dalam memutuskan membuat training pada saja yang dibutuhkan pada setiap jabatan. Namun untuk melihat jabatan dalam sebuah organisasi tidaklah sulit, sebab Anda hanya perlu melihat struktur organisasinya saja. Untuk melihat kebutuhan training pada setiap jabatan maka Anda dapat melihat uraian kerja atau job description dimana umumnya mencantumkan kebutuhan training yang dipersyaratkan. Namun apabila tidak tercantum maka Anda dapat mengumpulkan data primer, dimana data ini dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu melakukan wawancara, membagikan kuesinor kepada atasan yang mengerti atau mengetahui tentang jabatan tersebut serta kebutuhan training pada saja yang dipersyaratkan, atau membuat daftar nama training yang bersifat umum lalu para atasan tersebut harus check list training mana saja yang dipersyaratkan dalam sebuah jabatan. Kemudian nama-nama training yang diberikan pada setiap jabatan sangat bagus jika dikelompokkan pada 3 katagori, yaitu training teknikal skill, traning mangerial, dan induction training.
Dari ketiga jenis training ini, induction training wajib diikuti oleh seluruh karyawan terutama karyawan baru. Traning teknikal skill merupakan training yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan seseorang yang berhubungan dengan teknis melaksanakan pekerjaanya, untuk traning managerial bertujuan untuk meningkatkan kemampuan managerial seseorang yang berhubungan dengan fungsi perencanaan hingga evaluasi. Sedangkan induction training bertujuan untuk memperkenalkan organisasi, baik dari segi kebijakannya maupun corporate culturenya dimana hal ini wajib diketahui oleh karyawan baru. Karena itu pada training ini para peserta akan dilatih dalam berprilaku yang sesuai dengan nilai yang dipegang oleh suatu organisasi atau perusahaan.
2. Membuat dana training
Tentunya Anda perlu melakukan perumusan terhadap biaya untuk training, biaya yang masuk di dalamnya meliputi biaya desain program training, biaya peralatan, biaya trainer, biaya ruangan, hingga biaya sewa tempat. Serta Anda harus pastikan bahwa setiap setiap dana yang dianggarkan untuk kegiatan ini dapat digunakan seefesien mungkin dan dipertanggung jawabkan. Agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan efesien maka gunakan metode pengembangan kompetensi individu jika jumlah pesertanya sedikit.
3.Membuat kalender training
Kalender training yang umumnya berbentuk dalam tahunan adalah salah satu bentuk dari program kerja pada training center. Kalender training ini akan menjadi patokan dalam menjalankan pelatihan, mengontrol, hingga mengevaluasinya. Hal-hal yang terkandung dalam kelender training ini berupa nama training, waktu pelaksanaannya, jumlah peserta dan trainer. Oleh sebab itu apabila sudah memiliki kalender training maka dapat diberitahukan kepada seluruh karyawan agar dapat diketahui. Apabila seluruhnya telah mengetahuinya, terutama untuk manfaat yang akan diterima maka para karyawan dapat mempersiapkan dirinya sebelum diadakannya acara ini. Begitu juga dengan para atasannya yang juga harus mempersiapkan diri ketika anggotanya meninggalkan pekerjaan karena mengikuti kergiatan ini, sehingga pekerjaan tidak terbengkalai.
4. Menyiapkan trainer yang berkompeten
Apabila telah memiliki kalender training maka Anda dapat mempersiapkan trainer yang berkompeten, dimana trainernya tidak hanya pandai berbicara namun harus pandai dalam melatih peserta yang tidak berkompeten hingga dapat berkompeten sehingga kinerjanya dapat menjadi bagus. Oleh sebab itu trainer yang berkompeten adalah mereka yang dapat menguasai metodologi training, evaluasi secara efektif, dan menguasai ilmu dan metode kerja sehingga dapat bekerja dengan unggul. Karena itu sangatlah salah pemikiran Anda jika mengelola training center harus memiliki pejabat trainer yang banyak sehingga training center tersebut dapat bagus dan kuat. Sebab fungsi pekerjaan trainer sebenarnya merangkap menjadi manajer yang berada pada organisasi tersebut yang memenuhi persyaratan mejadi seorang trainer yang berkompeten. Karena itu para pejabat yang memiliki kinerja yang baik dan tinggi dibidangnya dapat menjadi seorang trainer, dimana dapat dibekali dan dilengkapi dengan kompetensi ini class traning. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas training, serta Anda harus pastikan bahwa setiap trainer memiliki surat ijin. Atau Anda dapat juga mengirim para trainer ke lembaga sertifikasi yang bagus sehingga para trainer dapat memiliki surat ijin. Tentunya apabila cara ini Anda terapkan maka dapat mempermudah saat mengelola training center yang benar.

Note:
Mau update artikel - artikel mencerahkan seperti diatas langsung melalui smartphone Anda? Langsung saja Invite PIN BBM saya : 518EA00E atau Save No WA saya 087700350056. Bagi yang invite, saya akan berikan BONUS 4 EBOOK DAHSYAT tentang MINDSET, Kebebabasan FInancial dan cara meraih Karir Impian. Financial-Freedom-Banner

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

Berlangganan dan Download 6 Ebook Dasyat