5 Catatan Indah Akhir Tahun 2017 Untuk Menjadi Karakter Memenangkan Diri Sendiri

By Gustyana

Menenangkan diri sendiri

Sebenarnya manusia memiliki keinginan untuk serakah, sudah punya satu istri memiliki keinginan untuk menambah jadi dua he…he…, dan sudah punya jabatan dengan gaji yang cukup besar masih merasa kurang jadinya korupsi uang negara, dan tidak banyak orang yang mengeluh juga kenapa ya memiliki gaji tinggi ternyata pengeluaran juga besar. Manusia memang tempat mengeluh, karena no body perfect, tidak ada manusia yang sempurna.

Disisi lain beberapa hal kita merasa malas atau enggan keluar dari zona nyaman untuk memulai sesuatu amalan yang baik atau ingin mendapatkan penghasilan yang lebih dari sekarang, mungkin saja kita harus mempelajari bidang lain agar kita menambah pundi-pundi penghasilan yang barokah. Tidak akan berubah nasib seseorang kecuali orang tersebut merubah nasibnya disini.

Masih banyak kecenderungan diantara kita untuk berat melawan diri sendiri, keserakahan, ingin menang sendiri, merasa diri paling jumawa diantara yang lain, sombong, pamer, dendam, iri hati melihat kebahagiaan orang lain, dan masih banyak deretan sifat negatif yang dapat merusak karakter kepribadian kita yang sudah baik.

Sifat negatif dari dalam diri kita, haruslah kita lawan karena tentu perlahan dibiarkan akan membuat kita terjerumus dalam sebuah kebiasaan dan budaya berperilaku negatif setiap harinya. Perlahan tapi pasti sedikit demi sedikit akan menggerus karakter kita yang baik, selalu evaluasi diri dan merubah diri kita untuk melawan nafsu dan sifat negatif dari dirif, disitulah sebuah karakter pemimpin yang baik, akhlak yang tidak pemarah, kekuatan kebaikan dan kemuliaan dalam hidup. Ketika kita berubah menjadi baik, dan kita bisa mengambil hikmah dari kejadian masa lalu yang kelam, dan saat ini kita berhasil mengalahkan sifat negatif diri kita, maka insyaallah orang lain akan memaafkan kita.

Ada banyak pengaruh lingkungan yang buruk untuk kita contoh, tak khayal bila anak-anak sekarang pun banyak yang mencoba untuk mencontoh hal – hal negatif dari youtube, pada zaman saat ini adalah era kebebasan informasi dan kebebasan berpendapat, dengan mudah seseorang untuk mendapatkan informasi, mereka tidak melihat seberapa berat seseorang berproses mencapai kesuksesan. Ada beberapa hal yang kita petik dalam era sekarang ini :
a. Modelling instant, mereka hanya mencontoh akhir dari (copy paste) kesuksesan seseorang pada kesuksesan mereka, tanpa melihat latar belakang mereka melalui tahapan tempaan proses dalam meraih kesuksesan.

b. Menyebarkan berita hoax, pada zaman sekarang ini banyak yang mengirimkan berita kebencian dan hoax kemudian mereka memviralkan berita tersebut tanpa melakukan check kepada kebenaran berita yang disebarkan tersebut. Yuk kita berhenti menyebarkan berita negatif dimulai dari diri kita sendiri.

c. Ingin mendapatkan segalanya dengan cara yang mudah, banyak istilah trend saat ini yang mengedepankan bisnis dengan modal kecil namun dengan usaha yang sangat mudah dari rumah dan menghasilkan income milyaran rupiah. Untuk diketahui saja bahwa tidak ada yang mudah untuk dapat meraih sesuatu hal yang besar karena proses ini adalah pembuktian kemampuan kita untuk mencapai sebuah pencapaian yang memang sulit untuk didapatkan (secara kualitas pencapaian).

Dengan berkembanganya era Disruption Era informasi saat ini, maka sangat dibutuhkan untuk memiliki 5 karakter untuk bisa memenangkan terhadap sifat negatif kita sendiri, yuk kita jelajahi satu persatu 5 sifat ini;
a. Biasakanlah sebelum melakukan sharing berita ataupun memviralkan sebuah berita, coba kita biasakan untuk coba cek ricek dahulu kebenaran berita tersebut. Apabila kita membiasakan diri melakukan ini, maka kita sudah berusaha menjaga berita ini, tidak tersebar lebih banyak.

b. Kalau anda Malas untuk mencari sumber informasi tersebut, coba Anda untuk menahan diri untuk tidak terus menyebarkan berita tersebut, kemampuan menahan diri untuk tidak melanjutkan sebuah berita yang belum mengetahui duduk perkara dan kebenarannya berarti Anda memberikan partisipasi untuk bisa menahan diri (self control), karena banyak literatur yang mengatakan bahwa ujian yang paling terberat adalah untuk melawan diri sendiri.

c. yuk kita menjadi agent perubahan dalam menjadikan diri Anda penyebar berita positif, karena menurut ahli pakar psikologi positif, kalau Anda senantiasa memberikan kebahagiaan kepada banyak makhluk di semesta ini, maka semesta akan memberikan kebaikan dan kemudahan kepada diri Anda (Kebaikan akan kembali lagi pada diri Anda), Coba deh yuk kita praktekkan.

d. Jadilah orang yang memiliki keteguhan sikap, buat batasan diri mana yang menjadi value Anda sendiri dan cegah berita negatif dari lingkungan sekitar kita, berteman dengan komunitas dan teman – teman yang memiliki sifat dan pemikiran yang positif.

e. Jadilah pribadi yang menjaga kepercayaan orang lain, kemuliaan akhlak manusia adalah yang mampu menjaga amanah dari orang lain, dengan setiap orang menjaga adab ini dalam kesehariannya, maka tidak mungkin apabila masyarakat dalam sebuah negeri memiliki nilai yang sama maka akan menjadi sebuah peradaban.

Demikian teman semoga bermanfaat jadi ada 5 karakter untuk memenangkan diri sendiri : biasakan untuk berbicara dengan data/fakta, kemampuan self control,dan menjadi agent perubahan untuk tidak menyebarkan berita negatif di era disruption informasi saat ini, semangat menjadi agen pemberi pengaruh positif, memiliki keteguhan sikap (values pribadi), dan menjadi pribadi yang mampu menjaga kepercayaan orang lain.