3 Sikap Yang Benar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan Orang Lain.

By Gustyana

Is he listening

Dalam sebuah proses komunikasi dua arah maka sangat dibutuhkan kemampuan mendengar yang baik, disebutkan dalam sebuah definisi Komunikasi Efektif adalah saling bertukar informasi, ide, kepercayaan, perasaan dan sikap antara dua orang atau kelompok yang hasilnya sesuai dengan harapan. Karena kunci keberhasilan dalam komunikasi adalah benar – benar mendengarkan di saat orang lain sedang berbicara.

Eksistensi kita untuk stay tuned mendengarkan orang lain, sengat berpengaruh terhadap respect seseorang untuk berkeinginan dalam melakukan komunikasi dengan Anda, kenapa ? saya coba membalikkan kepada diri Anda bagaimana kalau Anda sedang berbicara, kemudian lawan bicara Anda terdistraksi dan perhatiannya tertuju pada yang lain, sedangkan Anda berbuih – buih sudah bercerita, Gimana perasaanmu ? he…he…

Jika kita ingin mengembangkan keterampilan komunikasi yang baik, Anda perlu fokus pada mengembangkan kemampuan mendengarkan yang baik, Kita akan membahas satu per satu tentang kemampuan apa saja yang akan meningkatkan kemampuan Anda, dalam mendengar. Fokus dalam praktek kehidupan kemampuan mendengar ini sangatlah penting, baik di kantor, masyarakat, rumah, dan apalagi di organisasi aparatur negara.

Beberapa kajian ilmiah mengatakan bahwa seseorang yang memiliki kemampuan mendengar yang baik, maka seseorang tersebut cenderung akan menghargai orang lain, saya meresapi kata – kata tersebut memang benar adanya kalau seseorang memiliki kemampuan mendengar yang baik, cenderung memiliki sikap yang sabar dalam memahami orang lain, dan tidak dipungkiri kalau akan banyak orang yang tertarik untuk bercerita dengan nyaman karena mereka senang dengan sikap kita.
Artinya dengan kajian ilmiah diatas maka, seseorang yang memiliki kemampuan mendengar yang baik, sudah dapat dipastikan kemampuan interpersonal pun baik, dengan beberapa teori juga bahwa kemampuan interpersonal adalah melibatkan dua orang dalam komunikasi yang intim, bertujuan memberikan penguatan – penguatan pada orang yang diajak bicara. Untuk menjadi dan membina hubungan interpersonal dengan baik, ada beberapa hal yang diperhatikan, yaitu :
a) Sering bergaul dengan orang
b) Memahami berbagai cara bagaimana membuka diri untuk berbicara dan membuka diri pada orang lain
c) Berbagi perasaan – perasaan dan pikiran – pikiran orang lain.

Mendengar aktif meliputi empat intensi ( niat) yang ada dalam diri orang yang mendengarkan :
a) Mengerti seseorang : Pendengar yang baik akan mendapatkan kesan (impresi) sebagai tahap awal pemahaman tentang orang yang diajak bicara. Semakin sungguh – sungguh kita mendengarkan semakin banyak banyak hal yang kita mengerti tentang orang tersebut.
b) Menikmati percakapan : keinginan sungguh – sungguh mendengarkan membuat percakapan jadi menyenangkan untuk dinikmati, kita dapat meminimalisir kebosanan dan kejenuhan selama mendengarkan.
c) Belajar sesuatu, ternyata, ketika kita mengobrol dengan orang lain, maka kita akan belajar sesuatu hal dari orang tersebut maka, buka mata dan buka hati kita untuk menerima sebuah ilmu yang baik.
d) Memberikan bantuan ketika seseorang mendengarkan dengan sungguh – sungguh maka akan sangat membantu orang yang didengar, bantuan ini bisa berupa dukungan dan tentunya yang penting adalah kesediaan Anda untuk mendengarkannya.

Berikut kita akan membahas tentang bagaimana sikap seseorang yang baik dalam mendengarkan cerita seseorang ;
• Tingkatkan kesabaran Anda
Dengan meningkatkan kesabaran kita maka, kita akan membuka pikiran & hati kita dalam mendengarkan cerita orang lain, dengan kesabaran ini maka kita akan menurunkan ego kita untuk menerima cerita orang tersebut sebagai pembelajaran untuk diri kita.

• Fokus pada pembicaraan orang lain
Kalau ada pepatah yang mengatakan bahwa, kalau Anda ingin dihargai orang lain maka Anda harus menghargai orang lain terlebih dahulu, untuk itu yuk kita berikan sikap fokus pada seseorang yang sudah mempercayakan cerita dirinya kepada kita, dengan atensi mendengarkan cerita orang lain, maka sama dengan menghormati diri kita.

• Jaga Keseimbangan
Jaga keseimbangan antara memberikan feedback dan kemampuan mendengar, dengan menjaga keseimbangan ini, dapat dibuktikan akan membuat kesenangan pada orang yang bercerita kepada kita.

Demikian sahabat, 3 sikap yang menentukan kenyamanan seseorang dalam bercerita dengan kita yaitu ; tingkatkan kesabaran Anda, Fokus pada pembicaraan orang lain, dan Jaga keseimbangan antara memberikan feedback/mendengarkan. Semoga kita semua dapat memiliki tiga sikap diatas, karena tentu akan menciptakan kenyamanan pada orang yang ingin bercerita dengan kita, dan kita tetap menjadi insan yang bermanfaat untuk orang – orang disekitarnya. Salam Sukses Penuh Kemuliaan.