Tim Anda Susah Untuk Bekerjasama, Yuk Simak Bagaimana Kiat Meningkatkan Teamwork Skills Anda Agar Makin Cemerlang Kinerja Tim Anda

By Gustyana

2013-10-3-teamwork

Yang menjadi hal penting dan mempengaruhi sukses tidaknya suatu perusahaan atau bisnis salah satunya adalah teamwork skill. Bagaimana bisa bisnis bisa melesat maju dan memberikan banyak keuntungan kalau para pegawainya saling sikut dan ingin menunjukkan kehebatannya masing-masing? Sebagai pemimpin ataupun calon pengusaha yang profesional, sudah menjadi tugas Anda untuk menciptakan dan membangun kemampuan kerja sama antar tim agar selalu solid. Dengan begitu perusahaan bisa berkembang pesat dan mencapai segala tujuan, visi dan misi secara lancar.

Apa yang Dimaksud Teamwork Skill?

Teamwork skill atau kemampuan kerjasama merupakan upaya kerja kelompok atau tim dalam sebuah kantor atau perusahaan. Caranya yaitu dengan saling bekerja sama, gotong royong, diskusi secara bersama-sama serta saling melengkapi demi terciptanya tujuan, visi dan misi yang sudah disepakati.
Adanya teamwork skill yang bagus dari para pegawai memang harus menjadi perhatian penting. Pasalnya sekarang ini banyak sekali kejadian mengenai beberapa perusahaan yang gulung tikar atau bangkrut karena kerja sama tim yang buruk. Hal ini tentu saja akan menghambat kinerja perusahaan dan bisnis yang sudah Anda bangun serta pertahankan mati-matian.

Pentingnya Bangun Teamwork Skill

Bisnis ataupun perusahaan Anda sudah pasti memiliki bagian atau divisi yang memegang peranannya masing-masing. Tiap bagian tersebut diisi oleh beberapa orang karyawan yang dianggap mumpuni dan berpengalaman di bidangnya. Meskipun berbeda namun setiap divisi tersebut mempunyai tujuan yang sama yaitu memajukan perusahaan, mengatasi masalah, dan meningkatkan profit. Namun seringnya mereka malah bekerja sendiri-sendiri dengan alasan bagiannya sudah berbeda dan jadi urusan masing-masing. Hal ini tentu saja anggapan yang salah besar karena pada dasarnya semua divisi dibuat untuk mencapai target yang sama. Anda juga pastinya mengharapkan mereka mampu menjalankan tugas dengan baik namun juga tetap bekerja sama antar tim agar tujuan cepat selesai. Adapun pentingnya mempunyai teamwork skill yang bagus antara lain sebagai berikut:
1. Visi dan misi dari perusahaan Anda bisa cepat tercapai. Hal ini akan mempengaruhi kesuksesan bisnis itu sendiri.
2. Masalah yang terjadi bisa diatasi dengan mudah dan cepat karena adanya kerja sama yang baik antar pegawai dan juga tim.
3. Citra perusahaan di mata masyarakat menjadi bagus. Ini disebabkan karena adanya hubungan serta sistem kerja yang baik di dalam kantor. Tak hanya masyarakat tetapi partner atau mitra kerja juga sangat bersimpati dengan perusahaan tersebut.
4. Muncul ide-ide baru yang segar dan inovatif, baik untuk memecahkan masalah ataupun demi perkembangan perusahaan.
5. Bisa saling membagi beban pekerjaan sehingga lebih cepat selesai dan menemukan solusinya dengan cepat.
6. Komunikasi menjadi lebih baik karena adanya sikap terbuka dan mau saling membantu antara satu tim dengan yang lainnya.
7. Menciptakan lingkungan kerja yang kondusif karena tidak ada perselisihan antar pegawai di setiap bagian atau divisi.

Nah, ketika ingin membangun teamwork skill yang bagus maka Anda membutuhkan beberapa hal penting. Hal tersebut antara lain yaitu adanya kerja sama, rasa percaya, visi dan misi yang jelas, pemimpin yang profesional, dan masih banyak lagi lainnya.

Bagaimana Cara Membentuk Teamwork Skill?

Sebagai seorang pemimpin perusahaan atau bisnis, Anda juga harus berusaha membangun kerja sama antar tim yang solid. Membiasakan para pegawai memiliki dan mengembangkan teamwork skill yang dimiliki akan sangat membantu Anda dalam mengembangkan perusahaan itu sendiri. Coba perhatikan tips dan trik di bawah ini mengenai bagaimana cara membentuk serta menciptakan kerja sama di lingkungan kerja!
1. Harus Punya Tujuan yang Jelas
Pegawai Anda jelas kurang setuju apabila harus bekerja keras tanpa adanya tujuan yang jelas. Agar setiap divisi atau tim mau bekerja sama maka tunjukkan kalau mereka mempunyai tujuan yang sama. Dengan begitu tak ada gunanya saling tak acuh, hanya peduli dengan pekerjaan sendiri saja. Jika selesaikan bersama maka beban kerja akan semakin ringan.

2. Bangun Kepercayaan
Dengan membangun kepercayaan dengan para pegawai maka bisa meningkatkan keinginan untuk bekerja sama. Caranya adalah dengan sering berkomunikasi dengan para pegawai di tiap divisi. Mengajak mereka agar mau mengutarakan ide serta opini. Jangan hanya menjadi pemimpin yang mau didengar oleh karyawan tetapi juga menjadi pendengar yang baik. Dengan begitu mereka bisa menjadikan Anda contoh dan melakukan hal yang sama dengan para pegawai lainnya. Hal ini akan membuat teamwork skill semakin meningkat karena adanya kemampuan berkomunikasi yang bagus di dalam kantor.

3. Hargai Usaha Mereka
Meskipun gagal, tentunya tiap orang ingin mendapatkan penghargaan atau sekedar apresiasi dari usaha yang telah dilakukan. Anda pun juga harus memberikan apresiasi serta dukungan positif kepada semua pegawai atas kerja keras mereka terhadap perusahaan. Adanya motivasi akan membuat mereka semakin bersemangat dalam bekerja.

4. Berikan Hadiah
Kalau perlu, Anda bisa memberikan hadiah atau imbalan bagi keberhasilan pegawai. Tentunya hal ini akan membangkitkan semangat mereka dan kemampuan teamwork skill nya.

5. Pemeriksaan dan Pemantauan Rutin
Penting bagi Anda untuk melakukan pemantauan secara berkala tentang kinerja tiap pegawai di semua divisi. Periksa bagaimana kinerja mereka, hasil yang diperoleh, masalah yang telah dipecahkan, dan sebagainya. Dengan begitu Anda bisa mengetahui apakah mereka bisa bekerja sama dengan baik ataukah tidak. Kemudian bisa menemukan solusi untuk meningkatkan kemampuan teamwork mereka.

Itulah beberapa strategi atau tips jitu untuk meningkatkan teamwork skill dari para pegawai Anda. Ingat, meskipun manajemen perusahaan sudah dirancang sedemikian rupa, namun jika para pegawai tidak mampu bekerja sama dengan baik maka akibatnya bisa fatal. Hal tersebut berdampak pada perkembangan perusahaan. Oleh karena itu, mulai sekarang usahakan agar kemampuan bekerja sama antar pegawai di kantor tetap bagus.