Pentingnya Pelatihan Teknik Negosiasi Agar Mampu Menjalankan Perusahaan dengan Sukses

By Gustyana

Negoisasi

Banyak orang yang berbondong-bondong mengikuti pelatihan teknik negosiasi di berbagai daerah. Mereka ingin mencari bekal yang cukup untuk bekerja, terutama bagi yang punya bisnis maupun mengelola perusahaan. Pasalnya, teknik bernegosiasi merupakan salah satu kunci utama dalam sebuah bisnis. Negosiasi merupakan bentuk komunikasi yang bertujuan mencari jalan keluar dan keuntungan bersama dengan lawan bicaranya. Bisa dikatakan kalau cara yang satu ini adalah sebuah perundingan atau ajang diskusi yang dibuat untuk memperoleh tujuan bersama. Dalam hal ini Anda dan lawan bicara akan terlihat seperti sedang tawar menawar untuk membandingkan satu hal dengan lainnya, bisa sama atau bahkan saling bertentangan. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan jalan keluar dan mencari keuntungan yang nantinya bisa diambil serta dinikmati oleh kedua belah pihak.

Di perusahaan atau bisnis tertentu, biasanya teknik negosiasi diperlukan antara lain untuk melakukan investasi, tanam modal di perusahaan lain, negosiasi antara penjuak dan pembeli, memenangkan tender, serta masih banyak lagi. Meskipun begitu, ternyata cara penyelesaian masalah dengan negosiasi tidak hanya ada dalam dunia usaha, bisnis, dan hubungannya dengan perusahaan saja. Akan tetapi juga sering dipakai di berbagai macam segi kehidupan seperti diplomatik, hubungan internasional, perdagangan, negosiasi global, buruh dan majikan, bahkan di Pilkada sekalipun.

Apa Pentingnya Ikut Pelatihan Negosiasi?
Karena bernegosiasi sama halnya dengan melakukan tawar menawar, maka Anda harus mempunyai skill komunikasi yang bagus. Kemudian juga ilmu serta strategi menggunakan negosiasi dengan benar sehingga tidak mudah dijatuhkan atau dikalahkan dengan pihak lawan. Pelatihan teknik negosiasi akan memberikan Anda pengalaman dan juga bekal ilmu dasar bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara dengan orang lain serta bekal ilmu untuk menentukan langkah yang akan diambil nantinya.

Adapun beberapa manfaat ikut pelatihan teknik negosiasi antara lain :
1. Keterampilan dalam berkomunikasi dengan orang lain meningkat.
2. Mampu belajar untuk menjadi seorang pendengar yang baik atau good listener.
3. Mengetahui dan memahami bagaimana cara mengendalikan keadaan ketika negosiasi berlangsung.
4. Mengetahui prinsip serta taktik bernegosiasi yang baik dan benar.

Meskipun inti dalam sebuah negosiasi adalah berusaha mempertahankan dan memenangkan opini bisnis Anda, tapi perlu diingat kalau tujuannya adalah mencapai kesepakatan bersama. Tidak peduli jika Anda punya ambisi lebih besar ketimbang pihak lain. Akan tetapi negosiasi memang diselenggarakan bukan hanya untuk menemukan solusi tapi juga mempererat hubungan baik dengan orang lain, misalnya partner bisnis, pelanggan setia, bahkan pesaing sekalipun. Itulah mengapa dalam pelatihan teknik negosiasi, Anda akan diajari bagaimana cara menyusun strategi yang baik dan profesional. Adapun strategi negosiasi yang wajib dilakukan adalah sebagai berikut:
1. Anda harus mengetahui dan merencanakan dengan matang target yang akan dicapai.
2. Negosiator yang baik harus mempunyai wewenang agar