Merancang Metoda Pengukuran Pelatihan Sistem Manajemen Kinerja Yang Akan Menungkik Produktifitas Karyawan Anda

By Gustyana
business benchmarking benchmark measure company performance vector

business benchmarking benchmark measure company performance vector

Pelatihan performance management merupakan sebuah usaha yang akan dilakukan oleh sebuah perusahaan demi mendapatkan kinerja sumber daya manusia (SDM yang efektif). Seiring dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang terus mengalami kemajuan, maka dapat dipastikan bahwa persaingan dunia bisnis dimasa yang akan datang akan semakin berat. Untuk itu sebuah perusahaan akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kinerja perusahaannya. Untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja dari para karyawan, sebuah perusahaan perlu melakukan berbagai bentuk pelatihan dan usaha pengembangan. Salah satunya adalah pelatihan performance management.

Performance management adalah sebuah proses yang digunakan untuk mengelola kinerja sebuah perusahaan. Dalam hal ini sebuah perusahaan dituntut untuk dapat memanfaatkan secara optimal SDM dan harus mampu mengelolanya dengan tepat sehingga kinerja SDM tersebut mampu mewujudkan visi dan misi dari perusahaan. Dengan adanya performance management atau manajemen kinerja yang tepat merupakan sebuah solusi untuk menciptakan sebuah perusahaan yang tangguh.

Usaha memajukan dan mengembangkan perusahaan memang tak semudah membalikkan telapak tangan, prosesnya sangatlah berliku dan perusahaan sering kali menemui berbagai perubahan dan sepak terjang di lingkungannya. Untuk itu proses perbaikan seluruh elemen perusahaan mulai dari atasan hingga bawahan sangatlah penting dilakukan. Setiap perusahaan pasti memiliki visi dan misi yang ingin dicapainya, dan untuk mencapai tujuan tersebut perusahaan membutuhkan sebuah strategi yang dapat dimanfaatkan untuk pencapaian tujuan tersebut baik secara kulitatif maupun kuantitatif.

Dalam hal ini dibutuhkan sebuah pelatihan performance management yang dapat membantu meningkatkan efektivitas perusahaan dalam mencapai tujuannya. Dengan adanya pelatihan manajemen kinerja yang efektif dapat membantu meningkatkan keefektifan bagi setiap karyawan sehingga perusahaan akan tetap dapat bertahan dalam menghadapi persaingan di lingkungannya. Dengan adanya sistem manajemen yang baik tidak hanya dapat memberikan kelangsungan hidup perusahaan dalam jangka waktu yang panjang, namun juga dapat membantu atasan dalam memberikan teladan yang baik bagi para bawahannya.
perform cartoon

Sebuah perusahaan hendaknya terlebih dahulu memahami apa itu performance management sebelum mengadakan pelatihannya. Performance management merupakan suatu proses yang bertujuan untuk melakukan identifikasi, evaluasi, dorongan dan peningkatan serta memberikan suatu penghargaan kepada kinerja karyawan. Dengan adanya manajemen kinerja atau performance management akan menjadi penghubung antara tujuan perusahaan dan tujuan individu para karyawannya. Artinya dengan meningkatnya kinerja dan keprofesionalan karyawan maka tujuan perusahaan akan lebih mudah tercapai. Tujuan dari performance management adalah:
1. Menyatukan strategi perusahaan
Sebuah perusahaan yang memiliki komitmen tentu saja akan membuat sebuah target bagi setiap karyawan yang disesuaikan dengan strategi perusahaan yang kemudian akan dilakukan evaluasi. Melalui performance management perusahaan akan berusaha mengimplementasikan strategi perusahaan kepada seluruh karyawannya.

2. Administrasi pegawai
Melalui performance management sebuah perusahaan dapat menentukan kenaikan gaji, bonus dan demosi bagi setiap pegawai.

3. Pengembangan SDM
Dari informasi yang diperoleh dari performance management kita dapat belajar bagaimana cara meningkatkan efektifitas kerja. Dari informasi yang ada kita dapat merancang pelatihan apa saja sesuai dengan kebutuhan untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Apabila produktivitas karyawan menurun maka tugas kita adalah mencari informasi mengenai penyebabnya dan mencarikan solusi.

Meski sebuah perusahaan telah melaksanakan pelatihan bagi para karyawannya, hal ini belum tentu dapat menjamin perkembangan perusahaan tersebut. Seperti halnya saat ini banyak ditemui bahwa evaluasi kinerja karyawan hasil pelatihan SDM atau performance management masih melenceng dari tujuan sebuah perusahaan. Untuk itu anda perlu mempelajari 5 level penilaian keefektifan suatu pelatihan performance management agar anda dapat memastikan apakan metode yang anda gunakan dalam pelatihan mampu menghasilkan SDM yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau tidak.
1. Reaksi
Pada level pertama ini anda dapat melakukan evaluasi terhadap reaksi para peserta pelatihan terhadap program yang diberikan kepadanya. Apakah reaksi mereka positif atau tidak dan apakah mereka puas terhadap materi atau pelatihan yang telah diberikan.

2. Pembelajaran
Setelah anda melihat dan menguji seluruh reaksi para karyawan yang mengikuti pelatihan performance management, kini anda perlu melakukan analisa apakah setelah pelatihan ini kinerja para karyawan dapat berubah ke arah yang lebih baik atau tidak.

3. Perilaku
Disini anda harus menganalisa perilaku para pegawai anda setelah mereka mendapatkan pelatihan. Apakah perilaku mereka berubah ake arah yang positif atau tidak.

4. Business impact
Level ini adalah dimana anda harus menilik apakah produktivitas para pekerja meningkat atau tidak. Jika produktivitasnya meningkat maka dapat dikatakan bahwa pelatihan yang telah anda rancang dan telah anda berikan dapat dikatakan berhasil. Jikalau produktivitasnya menurun maka anda harus mencoba merancang program pelatihan baru dengan metode baru yang kiranya dapat menunjang produktivitas perusahaan.

5. ROI of training
Di level yang terahir ini return on investment dari sebuah pelatihan harus mulai dihitung dalam bentuk rupiah. Misalnya setelah diberikan pelatihan pendapatan meningkat. Dan dihitung pula pengeluarannya serta bandingkan antara keduanya. Dari sinilah anda dapat mengukur ROI dari hasil sebuah pelatihan yang telah anda berikan kepada para karyawan.

Salah satu inti dari pengelolaan SDM adalah bagaimana cara sebuah perusahaan mengelola performansi SDM. Tujuan dari pengelolaan SDM adalah untuk mendapatkan performasi yang prima, sehingga mampu memberikan konstribusi yang optimal bagi sebuah perusahaan. Pelatihan performance management adalah sebuah siklus mulai dari perencanaan, tindakan, pemantauan, pengkajian dan kembali kepada perencanaan.

Setiap perusahaan pasti memiliki sistem manajemen kinerja masing-masing. Akan tetapi tidak semua sistem manajemen yang mereka terapkan mampu mendorong perusahaan untuk dapat bersaing dengan perusahaan besar lainnya. Untuk itu dibutuhkan suatu pelatihan performance management khusus yang terlebih dahulu disesuikan dengan kebutuhan dan tujuan perusahaan sehingga dapat menghasilkan performance management yang mampu meningkatkan citra perusahaan. Dengan adanya pelatihan performance management yang tepat diharapkan akan mampu mengembangkan sistem manajemen kinerja yang sesuai dengan perusahaan.

Sebagaimana kita ketahui kunci sukses suatu perusahaan terletak pada kualitas dari performance managementnya. Jadi dengan adanya pelatihan performance management yang tepat maka akan membantu perusahaan dalam mencetak para pekerja yang handal di masa depan. Yang pastinya nanti akan mendorong perusahaan untuk mampu bersaing dengan perusahaan lainnya.