Menyibak Jenis – Jenis Metode Pelatihan Manajemen SDM Untuk Mendongkrak Produktifitas Karyawan Anda

By Gustyana

training_development

Pelatihan manajamen SDM sangatlah penting untuk dilakukan, mengingat sumber daya manusia (SDM) merupakan kunci dari keberhasilan dan kesuksesan suatu perusahaan. Seiring dengan perkembangan teknologi dan transportasi yang semakin canggih saat ini, sebuah perusahaan dituntut untuk dapat meningkatkan manajemen sumber daya manusia yang sesuai dengan perkembangan bisnis, baik saat ini maupun untuk masa yang akan datang.Hal ini bertujuan agar perusahaan dapat memiliki SDM yang berkualitas yang mampu mengantarkan perusahaannya ke arah yang lebih baik.

Kompetisi antar perusahaan yang berlangsung saat ini sangatlah ketat. Persoalan produktivitas menjadi penentu terhadap keberlangsungan sebuah perusahaan. Tidak hanya itu kualitas dan kemampuan para karyawanpun menjadi penentu paling dasar dalam membangun citra perusahaan. Dalam menghadapi kompetisi bisnis, kesuksesan sebuah perusahaan dalam mencapai visi dan misinya sangatlah ditentukan oleh manajemen. Suatu kerjasama yang baik yang terjalin di dalam perusahaan akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan perusahaan dalam mencapai target. Oleh karena itu pelatihan manajemen SDM yang tepat sangatlah diperlukan agar semua karyawan dapat bekerja secara profesional. Semakin profesional para karyawan dalam bekerja maka semakin meningkatnya image perusahaan sehingga mampu bersaing dengan perusahaan lain dan semakin berkembang.

Tujuan dilaksanakan pelatihan manajemen SDM adalah untuk membantu sebuah perusahaan dalam memperbaiki kinerja karyawan terlebih karyawan baru. Sebagaimana kita ketahui pada umumnya dalam perekrutan karyawan seringkali hanya mengandalkan latar belakang pendidikan saja. Sehingga kita tidak mengetahui apakah kemampuan karyawan tersebut sesuai atau tidak dengan bidang akademiknya. Untuk itu perusahaan bertugas untuk memantau bagaimana kemampuan para karyawan sehingga SDM tersebut dapat dimanfaatkan seefektif mungkin agar tercapainya tujuan perusahaan. Dengan adanya sebuah pelatihan SDM akan sangat membantu dalam memberikan pengetahuan dan pemahaman baru terhadap perkembangan teknologi sehingga kinerja karyawan semakin meningkat. Pelatihan SDM juga sangat penting untuk meningkatkan loyalitas bagi para karyawan terhadap tim kerja ataupun kepada perusahaan tempat dia bekerja. Dengan memiliki karyawan dan SDM yang memiliki kemampuan sesuai standard perusahaan, maka tujuan perusahaan akan lebih mudah untuk diwujudkan. Pelatihan SDM ternyata juga mampu mengurangi waktu belajar karyawan baru dan membantu mereka dalam mengatasi berbagai masalah serta mampu memberikan kesempatan bagi mereka untuk lebih mengenal bagaimana perusahaan tempat mereka bekerja dijalankan.

Saat ini dapat dikatakan bahwa hampir semua perusahaan yang ada di Indonesia berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelatihan guna meningkatkan kualitas SDM di perusahaannya. Meski demikian tidak sedikit pula perusahaan yang tidak mampu memberikan pelatihan manajemen yang tepat sehingga keprofesionalan para karyawannnya belum dapat dicapai dengan sempurna.

Ada banyak metode yang dapat diterapkan dalam pelatihan manajemen sumber daya manusia. Penerapan suatu metode tersebut disesuaikan dengan jenis pelatihan yang akan digunakan dan yang dapat dikembangkan oleh sebuah perusahaan. Pemberian pelatihan yang tepat adalah jalan utama untuk meningkatkan citra perusahaan.
1. Training
Salah satu cara dalam melatih SDM adalah dengan memberikan training kepada seluruh karyawan mereka. Training ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja para karyawan sehingga dapat diperoleh sumber daya manusia yang berkualitas. Metode ini dilakukan dengan cara para karyawan memperhatikan secara langsung para karyawan senior bekerja, kemudian mereka akan mencontoh dan ikut mengerjakannya. Sebaiknya sebelum mereka terjun kelapangan langsung, terlebih dahulu para SDM diberikan pelatihan materi seperti dengan menggunakan peta-peta, gambar, sampel masalah, dll.
2. Metode vestibule
Vestibul merupakan sebuah metode pelatihan bagi para pegawai baru dengan menggunakan suatu ruangan isolasi. Di dalam ruangan tersebut para karyawan dikumpulkan dan dilatih secara bersamaan dengan menggunakan instruktur.
3. Metode demonstrasi
Metode ini adalah dimana para atasan langsung mempraktekkan cara kerja yang baik dan benar yang nantinya menjadi tugas para karyawan. Orang yang mendemonstrasikan tersebut haruslah seorang yang ahli, yang benar-benar memiliki kinerja yang profesional, sehingga SDM yang di ajarkannya diharapkan mampu bekerja sebagaimana ahlinya tersebut.
4. Rotasi
Metode rotasi adalah metode pelatihan silang. Metode ini dilakukan bagi para karyawan yang akan mendapatkan variasi kerja, para instruktur memindahkan para peserta pelatihan dari tempat kerja yang satu ke tempat kerja lainnya. Hal ini sangat berguna untuk membantu perusahaan ketika ada karyawan yang cuti, sehingga kegiatan perusahaan tidak akan terhambat.
5. Simulasi
Metode lainnya dalam pelatihan manajemen sumber daya manusia adalah dengan metode kasus. Yakni memberikan masalah kepada para karyawan dan menugaskan mereka untuk menyelesaikan kasus tersebut. Hal ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan karyawan dalam sigap untuk mengambil tindakan terhadap masalah yang akan dihadapinya nanti.
6. Progam pengembangan SDM yang lebih interaktif
Yaitu sebuah proses untuk mendapatkan para karyawan yang berkualitas melalui pemberian materi yang akan dilaksanakan oleh sebuah badan tertentu yang telah ditunjuk oleh perusahaan.

produktivitas-kerja

Dalam mempersiapkan program pelatihan bagi para karyawan, hendaknya sebuah perusahaan mempersiapkannya dengan matang, sehingga tujuan dari pelatihan tersebut dapat dicapai. Selain itu anda para pemimpin juga harus senantiasa memotivasi para karyawan untuk tetap semangat dalam mengikuti pelatihan. Ada beberapa tahap yang harus dipersiapkan oleh sebuah perusahaan sebelum memberikan pelatihan kepada para sumber daya manusia, yaitu:
1. Menentukan kebutuhan pelatihan SDM
Hal ini bertujuan untuk memperoleh informasi sebanyak mungkin terkait perlu atau tidaknya dilakukan pelatihan SDM dalam perusahaan tersebut.
2. Mendesain program pelatihan SDM
Dalam menentukan sebuah metode pelatihan SDM terlebih dahulu anda harus mengidentifikasi mengenai tujuan anda agar para pekerja dapat mengetahui dan mengerjakan apa yang anda inginkan.
3. Evaluasi efektifitas program pelatihan SDM
Sebuah pelatihan manajemen SDM haruslah menjadi solusi bagi permasalahan yang dihadapi perusahaan. Sebagaimana tujuannya, pelatihan para SDM bertujuan untuk memperbaiki kekurangan dari keterampilan setiap pekerja.
Pada dasarnya sebuah pelatihan manajemen SDM merupakan suatu usaha yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan guna meningkatkan kemampuan, keahlian serta keterampilan dari seluruh karyawannya sehingga citra perusahaan tersebut dapat ditingkatkan. Sebuah perusahaan yang memiliki SDM yang mampu bekerja secara profesional pastinya akan lebih cepat mengantarkan perusahaan tersebut kearah yang lebih baik, sehingga perusahaan mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain yang lebih besar.