Bagaimana Melakukan Pelatihan Assessmen Kompetensi Yang Komprehensif, Agar Memotret Potensi Seseorang

By Gustyana

stock-vector-assessment-center-chart-with-keywords-and-icons-4059848561

Assessmen kompetensi adalah salah satau jenis pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan dan mengukur tingkat kemampuan yang Anda miliki. Sebagai salah satu orang yang bekerja di bidang HRD, Anda harus memahami manajemen SDM yang jauh lebih kompleks dan termasuk juga di dalamnya adalah penilaian dalam kinerja dari seorang karyawan.
Untuk assessmen kompetensi ini sendiri adalah suatu aktivitas dalam pengukuran seberapa jauh dari kemampuan atau kompetensi dari seseorang untuk melalui sebuah metode dalam penilaian yang nantinya bisa akan diandalkan dan dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini juga termasuk di dalamnya adalah proses yang berkelanjutan untuk bisa terus membangun pengetahuan dan juga keterampilan dari seorang karyawan di dalam sebuah perusahaan.

Untuk beberapa pegawai, penilaian dan kompetensi sendiri sebenarnya bisa memberikan sebuah gambaran yang jauh lebih jelas tentang sebuah perkembangan potensi dari karir dan selanjutnya akan menambahkan keterlibatan dari mereka di dalam sebuah perusahaan. Dan hampir di semua perusahaan pasti memiliki standar dalam penilaiannya sendiri tentang kompetensi dari seorang karyawan untuk disemua posisi yang mereka duduki. Mulai dari sistem assessmen, hingga manajemen tentu saja mendapatkan data dan informasi yang jauh lebih valid sebagai salah satu indikator dari kemampuan yang mereka miliki.

Dan biasanya metode dalam sebuah pelatihan assessmen kompetensi ini bisa dimanfaatkan oleh sebagian besar HRD untuk bisa menentukan jenjang karir atau dalam proses promosi sebuah jabatan. Dengen demikian, maka anda dapat menilai apakah orang ini layak untuk bisa menduduki posisi yang dimaksudnya.
Assessmen center merupakan salah satu metode yang sangat umum digunakan dalam sebuah penilaian kompetensi untuk sumber daya manusia dalam sebuah organisasi. Untuk jenis penerapan yang dilakukan dengan tujuan melakukan identifikasi dan proses penjaringan karyawan, yang mana dinilai sangat berpotensi dalam sisi manajerial untuk bisa menduduki posisi tertentu.

ilustrasi asesmen

Tujuan dari peniliannya ini adalah untuk mendapatkan calon pemimpin yang lebih handal dan siap dalam menghadapi tantangan di masa yang akan datang. Serta melakukan identifikasi kebutuhan dan pengembangan yang memang diper