Seberapa Pentingkah Resolusi Hidup ?

By Gustyana

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

Gambar Resolusi 2017

Resolusi adalah sebuah target dalam hidup, sebaiknya sih resolusi dibuat tidak hanya awal tahun saja, namun selama kita ingin mencapai sebuah kehidupan yang lebih baik lagi, akan terasa lebih baik untuk membuat sebuah target.

Saya pernah dalam sebuah hidup tidak membuat target dalam hidup, hasilnya kurang maksimal dan terasa berlalu biasa – biasa saja, dan kemudian saya membuat target – target pencapaian dan membuat hidup saya jauh mencapai hasil yang dicapai lebih baik dari tahun sebelumnya.

Untuk bisa menformulasikan mengenai resolusi Anda sebaiknya Anda dapat membuat dengan spesifik, coba Anda rasakan antara ‘’Saya ingin menjadi seseorang yang berguna bagi nusa dan bangsa’’ ini adalah contoh resolusi yang tidak jelas ukurannya, dan terlalu berat untuk diterjemahkan dalam action plan, akan terasa beda dengan Visi seperti ini ‘’Saya Ingin di tahun ini akan menerbitkan Buku mengenai Coaching Bisnis UKM yang Best Seller Di Indonesia, selama 1 tahun saya akan menulis buku ini’’, Nah resolusi ini jauh lebih jelas, spesifik, dan terukur, mengapa :

A. Spesifik dari Visinya (Menulis Buku Coaching Buku UKM) dan temanya juga sudah jelas.

B.Target Waktu, juga sudah jelas, menetapkan target waktu untuk menulis buku selama 1 tahun, dan tujuannya penulis menjadi Best Seller di Indonesia.

Sudah terasa ya bedanya antara membuat Visi yang Abal – abal dan Visi yang spesifik dan dapat diukur. Kemudian sesuaikan Misi, nah sebelumnya kita bahas terlebih dahulu, apa sih perbedaan antara Visi dan Misi ?

Visi sama saja dengan Goals yang ingin dicapai, sedangkan Misi adalah Cara untuk mencapai visi tersebut/prosesnya untuk sampai pada goals kita. Nah kembali ke misi, maka sesuaikan misi anda dengan Value dan Passion Anda.

Setelah menetapkan Visi dan Misi yang spesifik, sesuai dengan value dan passion Anda, maka yang tidak kalah penting adalah visualisasikan Anda berhasil mencapai Visi Misi Anda dengan penuh perjuangan, Tujuannya Adalah agar anda bisa merasakan kira – kira hambatan – hambatan apa saja yang akan kita temui, dan visualisasikan kita mampu menyelesaikan hambatan tersebut dengan kreatif, dan solusif.

Dan yang tidak kalah penting, cukup pilih tiga besar dalam menetapkan Visi dan Misi dalam resolusi Anda, yang mudah dan spesifik untuk dapat dibuat Action plannya nanti, tak usah muluk – muluk, dan mudah diingat agar bisa di internalisasikan dan bisa mengkristal dalam diri Anda.

Resolusi adalah tentang perjuangan hidup, menurut saya tanpa perjuangan hidup, kita tidak akan bisa menggapai semua resolusi yang sudah tersusun rapi dan manis. Dan yang terpenting adalah menjaga api semangat secara persisten untuk tetap memperjuangkan tujuan hidup kita, walaupun step by step dan dimulai dengan langkah yang mudah dan terkecil, yang penting adalah action, Saya memiliki tips sederhana untuk Anda yang ingin tetap menjaga api semangat perjuangan hidup kita;

1.Jika Anda lelah, dan merasa segala usaha Anda belum terwujud, take a break, santai sejenak sob, lalu berdiri dan tegaklah kembali?
Hidup itu bukan berlomba siapa yang cepat mencapai garis finish, maka niscaya yakin Anda akan cepat lelah, cara yang cerdas adalah tetap Santai tapi serius (SERSAN) namun pasti, Go ahead….nikmati setiap proses dan hambatan, karena semua itu adalah bumbu untuk meningkatkan skill dan value kamu sob.

2.Mewujudkan Resolusi di tahun sebelumnya, kenapa tidak?
Kalau kita meneruskan resolusi atau goals dari tahun sebelumnya, Why Not? Contohnya saja, Bagi Anda yang belum menyelesaikan skripsi, karena terlena dengan berbagai kegiatan kemahasiswaan atau sibuk mencari sampingan uang jajan, coba Anda renungkan kembali, Apakah kegiatan anda sekarang ini sudah sesuai dengan resolusi tujuan hidup Anda, mana yang menjadi prioritas, kalau Anda prioitasnya ingin mencapai gelar Sarjana, maka kembalilah kepada prioritas yang utama SELSAIKAN SKRIPSI ANDA, kalau Anda terlena kembali artinya Kuliah Anda akan semakin lama selesainya, dan ujung – ujungnya adalah Anda harus membayar Uang semesteran kembali, dan biaya kuliah semester Anda, pasti setiap tahunnya naik itu artinya Anda rugi secara Waktu, Umur, dan Financial. He..he.he…oleh sebab itu pikirkan dan renungkanlah kembali, jangan sampai menjadi penyesalan.

3.Jangan jadikan resolusi sebuah beban, tapi jadika resolusi sebagai Cambukan semangat.
Yaps jangan sesekali resolusi itu dijadikan beban Guys, Nanti Anda akan merasa tertekan. Jadikan resolusi sebagai cambuk semangat untuk Anda. Setidaknya dari resolusi yang sudah Anda susun terselip tentang semangat gimana harus mewujudkan dan perjuangan hidup tidak hanya pada resolusi saja, karena sebenarnya disepanjang hidup kita pasti ada saja godaannya, Anda mampu istiqomah tidak. He..he..he,,

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, bahwa kita harus persisten dan disiplin dalam menjalani proses setiap perjuangan hidup kita, tehnik boleh banyak, tapi jika sikap menunda belum Anda ubah, mau motivator siapapun, Mau Rumus apapun tidak akan mempan, dan ini PR utama Anda untuk mengubah habbit Anda, Anda harus mengganti dengan sikap disiplin, cara boleh segudang tapi kalau kualitas diri Anda masih merasa paling benar, bisa jadi Anda tetap akan memakai cara Anda sendiri. Buku bacaan bisa menggunung tapi jika Anda belum bisa menumbuhkan sikap berani mengambil resiko, maka mungkin pengetahuan tidak akan menjadi tindakan.

Jadi yuk mulai kita pikirkan resolusi ‘’being’’, Apa yang akan Anda buat menyertai resolusi ‘’having’’ dan ‘’doing’’ yang sudah rutin mengisi halaman depan catatan Anda di tahun baru.

Jadi ingat Anda perlu menanyakan ke dalam Diri Anda mengenai perjuangan hidup Anda, Agar tetap persisten, disiplin, dan menjaga api semangat perjuangan hidup Anda ;
a. Sikap apa yang perlu Anda tumbuhkan di Tahun 2017 ?
b. Kualitas diri seperti apa yang perlu ada pada diri Anda di Tahun 2017 ?
c. Ingin menjadi manusia seperti apakah Anda di tahun 2017 ?
d. Sikap apa yang perlu Anda tinggalkan di tahun 2017 ?
e. Kualitas diri seperti apa yang perlu Anda tingkatkan di tahun 2017 ?

Resolusi 2017

Dan sebenarnya resolusi adalah sebuah perjuangan hidup Anda, yang harus terus anda perjuangkan setiap harinya, karena Resolusi tidak hanya sebatas tulisan di awal tahun, Talk less do More Guys, action and action yang terpenting adalah itu, dan sebenarnya tema kita tentang ‘’Pentigkah Resolusi Dibuat’’ dari kesimpulan tulisan ini adalah Resolusi sebagai;

a. Sebagai pemberi arah kegiatan
Catatan goals (resolusi) yang kita buat tentu akan memberikan arah untuk kita. Dengan arah ini, akan lebih mudah bagi kita untuk merancang berbagai kegiatan yang membantu kita untuk mencapai cita – cita yang telah ditetapkan.

b. Sebagai pemberi rasa puas, atas pencapaian demi pencapaian yang diraih
Pada akhir tahun, kita dapat melihat kembali daftar resolusi yang telah kita buat tersebut, dan dapat menghitung berapa banyak kegiatan yang telah berhasil kita lakukan dan tujuan apa yang telah berhasil yang kita capai. Dan tentunya dengan pencapaian ini akan membuat hidup kita terutama setahun yang telah kita jalankan terasa lebih berguna dan bermanfaat.

c. Sebagai motivasi untuk terus belajar dan berkembang
Hasil evaluasi akhir tahun yang kita laksanakan atas daftar kegiatan dalam resolusi yang kita buat, memotivasi kita untuk melakukan yang lebih baik di tahun berikutnya.

Demikian tulisan ini, semoga dapat memberikan inspirasi kepada para pembaca dalam menjaga semangat perjuangan hidup yang kita jalani untuk mencapai tujuan hidup kita , sukses dunia dan sukses akhirat, salam sukses penuh keberkahan.

Note:
Mau update artikel - artikel mencerahkan seperti diatas langsung melalui smartphone Anda? Langsung saja Invite PIN BBM saya : 518EA00E atau Save No WA saya 087700350056. Bagi yang invite, saya akan berikan BONUS 4 EBOOK DAHSYAT tentang MINDSET, Kebebabasan FInancial dan cara meraih Karir Impian. Financial-Freedom-Banner

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

Berlangganan dan Download 6 Ebook Dasyat