Kunci Sukses Membangun KPI yang Berdasarkan Balance Scorecard

By Gustyana

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

balanced-scorecard

Balanced Scorecard (BSC) adalah konsep manajemen yang pertama kali diciptakan oleh Robert Kaplan. Ini merupakan pengembangan dari konsep pengukuran kinerja yang digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan. Kaplan membuat konsep pengukuran kinerja yang lebih tajam dengan membuat pendekatan yang lebih efektif dan seimbang untuk mengukur kinerja sebuah perusahaan. Pendekatan ini didasarkan pada empat perspektif yakni pertumbuhan, pembelajaran, bisnis internal, pelanggan, dan finansial. Semua perspektif tersebut mempunyai keseimbangan antara tujuan perusahan dalam jangka pendek maupun panjang.

Konsep Balanced Scorecard

BSC ini sudah didefinisikan oleh banyak ahli dan masing-masing dari mereka mempunyai pendapat yang berbeda namun maksudnya tetap sama. Berikut ini adalah pendapat dari para ahli tentang BSC:
a. Menurut Kaplan, Young, Banker, dan Atkinson
BSC adalah sistem manajemen penilaian dan pengukuran kinerja yang menggunakan empat perspektif yang telah dijelaskan di atas.

b. Menurut Mowen and Hansen
BSC adalah sistem manajemen strategis. BSC mampu mengartikan strategi dan visi organisasi ke dalam ukuran yang menyeluruh serta memberikan kerangka kerja untuk sistem manajemen strategi dan pengukuran. Jika strategi dan visi bisa dinyatakan dalam target, ukuran, dan strategi yang jelas, maka BSC dapat disampaikan kepada semua anggota organisasi. Semua anggota organisasi harus menerapkan dan memahami hasil BSC supaya strategi dan visi organisasi bisa dicapai.

c. Menurut Mulyadi
Istilah BSC terdiri dari dua kata yakni Balanced atau Berimbang dan Scorecard atau Kartu skor. Balanced atau Berimbang bisa diartikan sebagai kinerja yang diukur dengan berimbang berdasarkan dua sisi yakni sisi non keuangan dan keuangan, rencana dalam jangka panjang dan jangka pendek, dan melibatkan bagian eksternal dan internal. Sedangkan arti dari Scorecard atau Kartu skor merupakan kartu untuk menulis skor dari hasil kinerja untuk perencanaan di masa datang dan kondisi sekarang.

Karakteristik Balanced Scorecard

BSC adalah sistem manajemen strategis dan juga disebut dengan Strategic Based Accounting System. BSC menjabarkan strategi dan misi perusahaan ke dalam tolak ukur kinerja dan operasional. BSC mempunyai karakteristik sebagai berikut:

a. Komprehensif
BSC mampu memperluas perspektif yang ada dalam pengukuran kinerja. Sebelumnya hanya ada perspektif pelanggan, perspektif pertumbuhan, perspektif bisnis internal, dan perspektif pembelajaran.  Perluasan tersebut mempunyai banyak manfaat untuk perusahaan yakni menghasilkan kinerja keuangan yang lebih banyak dalam jangka panjang serta mampu membantu perusahaan untuk memasuki lingkungan bisnis yang lebih kompleks.

b. Koheren
BSC membuat semua personel harus bisa membuat hubungan sebab akibat pada sasaran strategis yang ada dalam perencanaan strategis.

c. Seimbang
Sistem perencanaan strategis mampu menghasilkan keseimbangan dalam keempat perspektif yang ada di BSC sehingga hal ini sangat penting untuk menciptakan kinerja keuangan dalam jangka panjang. Perspektif satu tidak ada yang lebih unggul dari perspektif yang lain.

d. Terukur
BSC mampu mengukur target strategis yang sulit untuk diukur.  Target strategis yang terdiri dari perspektif pelanggan, perspektif pertumbuhan, perspektif bisnis internal, dan perspektif pembelajaran adalah target yang tidak mudah untuk diukur, namun dalam BSC perspektif non keuangan tersebut dapat diukur sehingga kinerja perusahaan dapat dicapai.

Balanced-scorecard

Tujuan Pengukuran Kinerja Perusahaan
Untuk pihak manajemen, pengukuran kinerja perusahaan merupakan dasar untuk mengambil keputusan strategis dan menyusun langkah yang ada di masa depan.  Untuk pihak yang ada di luar manajemen, hasil pengukuran tersebut bisa digunakan sebagai pertimbangan dalam menanamkan modal. Itulah tujuan dari Balanced Scorecard.

Note:
Mau update artikel - artikel mencerahkan seperti diatas langsung melalui smartphone Anda? Langsung saja Invite PIN BBM saya : 518EA00E atau Save No WA saya 087700350056. Bagi yang invite, saya akan berikan BONUS 4 EBOOK DAHSYAT tentang MINDSET, Kebebabasan FInancial dan cara meraih Karir Impian. Financial-Freedom-Banner

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

Berlangganan dan Download 6 Ebook Dasyat