Apa Sih Gunanya Melakukan Investasi Pelatihan SDM

By Gustyana

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

Gambar Motivasi Karyawan

Investasi pelatihan SDM apakah memang dibutuhkan? Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kualitas baik dari segi kemampuan maupun mental begitu dibutuhkan. Terutama bagi instansi dalam rangka mengembangkan usaha yang sudah dirintis hingga menjadi instansi besar. Sudah seharusnya instansi menggali lebih jauh agar mempunyai investasi pelatihan sumber daya manusia. Pelatihan SDM sendiri berperan penting agar instansi bisa berkembang secara efektif.
Investasi pelatihan dibutuhkan guna membentuk SDM yakni karyawan yang mempunyai kemampuan, kinerja, dan mental berkualitas. Dalam hal ini, instansi dapat melakukan beberapa program pelatihan yang bertujuan membentuk perilaku dan pola SDM berkualitas. Sehingga nantinya dapat memudahkan jalan instansi atau perusahaan mencapai tujuan.
Investasi pelatihan SDM yang dimaksud dapat berupa pelatihan formal atau informal. Adapun tujuan keduanya sama yakni dalam rangka meningkatkan produktivitas kinerja sehingga berkesempatan memperoleh hasil lebih baik nantinya.
Efisiensi dan Cakupan Investasi Pelatihan SDM.

Namun, sebenarnya masih banyak pihak mempertanyakan tentang efisiensi dan efektifitas pelatihan SDM. Masih menjadi tanda tanya, apakah pelatihan SDM hanya kegiatan yang menghamburkan anggaran perusahaan atau memang bisa menjadi investasi menguntungkan bagi perusahaan? Untuk menyelenggarakan pelatihan SDM bagi karyawan memang dibutuhkan anggaran khusus. Bilamana pelatihan tidak dilaksanakan secara baik dan efektif, maka pelatihan SDM yang dilakukan bisa dikatakan hanya membuat anggaran dan waktu saja. Sebaliknya, suatu investasi pelatihan SDM bisa dicapai saat pelatihan dijalankan secara efektif dari ranah materi, instruktur, atau aspek yang lain. Lebih lanjutnya, ada 2 cakupan dalam investasi pelatihan yang dijelaskan dalam tabel berikut:

Mengembangkan Pelatihan

Cakupan Investasi Pelatihan SDM Uraian Singkat

1. Pelatihan umum investasi pelatihan sumber daya manusia.
Pelatihan SDM yang dimaksud bersifat umum. Dimana pelatihan mempunyai nilai pada peningkatan karir seseorang serta nilai pada pasar tenaga kerja umum.

2. Pelatihan spesifik investasi pelatihan sumber daya manusia.
Seperti namanya, cakupan pelatihan SDM ini lebih spesifik. Dimana nilai yang dimiliki lebih terbatas. Hal ini lantaran adanya spesifikasi instansi terkait.
3. Pelatihan SDM yang dimaksud bersifat umum. Dimana pelatihan mempunyai nilai pada peningkatan karir seseorang serta nilai pada pasar tenaga kerja umum.

Target Keberhasilan

Program pelatihan SDM dapat bernilai investasi menguntungkan bagi perusahaan bila berjalan baik. Salah satu indikator pelatihan berjalan baik adalah tercapainya target keberhasilan. Target keberhasilan itu sendiri mencakup 3 aspek berikut:

a. Cara berpikir karyawan
b. Pola perilaku karyawan
c. Kompetensi karyawan

Seperti hal di atas juga disebutkan target keberhasilan program pelatihan. Agar target bisa dicapai sesuai harapan, maka pelatihan SDM hendaknya diselenggarakan sesuai perencanaan matang. Perencanaan yang dimaksud setidaknya meliputi beberapa tahapan wawancana kepada karyawan seputar metode dan materi pelatihan yang pas, menyelami info terupdate seputar pelatihan SDM, dan sebagainya.

Dari uraian di atas, kini semakin jelas bahwa suatu perusahaan memang perlu menyelenggarakan pelatihan SDM. Namun, agar tujuan yang ditargetkan tercapai pelatihan harus direncanakan dengan baik. Tanpa perencanaan matang, pelatihan hanya akan memakan anggaran perusahaan dalam nominal besar dan menjadi pengeluaran yang sia-sia. Bukan hanya itu saja. Pelatihan SDM semacam itu hanya membuat waktu dan tenaga para karyawan saja. Lantaran para peserta pelatihan SDM yang tidak lain adalah karyawan perusahaan tidak bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat selama pelatihan ke dalam dunia kerja.

Meskipun demikian, pelatihan SDM bisa menjadi suatu program yang bermanfaat dan bernilai investasi sekaligus aset penting perusahaan bila dilakukan secara efektif. Dalam hal ini perusahaan mesti membuat perencanaan sebaik mungkin dan tidak lupa menganalisa pengembalian investasi pelatihan SDM.

Note:
Mau update artikel - artikel mencerahkan seperti diatas langsung melalui smartphone Anda? Langsung saja Invite PIN BBM saya : 518EA00E atau Save No WA saya 087700350056. Bagi yang invite, saya akan berikan BONUS 4 EBOOK DAHSYAT tentang MINDSET, Kebebabasan FInancial dan cara meraih Karir Impian. Financial-Freedom-Banner

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

Berlangganan dan Download 6 Ebook Dasyat