Apa Itu Assessment Center Dalam Corporate Culture?

By Gustyana

Gambar CBHRM

Selamat Pagi Kawan, Apa Kabarnya? Saya doakan semoga teman – teman dalam keadaaan sehat dan penuh keberkahan, Okay pada artikel ini kita akan membedah secara ringan dan renyah mengenai Apa sih itu assessment center? Artikel ini sebenarnya ada kaitannya dengan artikel pada pembahasan kita sebelumnya yaitu tentang Corporate Culture, yaitu sebenarnya corporate culture diturunkan dari Visi, Misi, dan Value Perusahaan (disingkat VMV).

Visi, misi, dan value digunakan sebagai sebuah arah (driven) dari BOD dan seluruh insan didalam sebuah organisasi perusahaan untuk dapat bertingkahlaku dengan visi,misi, dan value perusahaan tentunya agar memiliki sikap dan attitude yang profesional dan seragam. Nah core competency yang telah dicascade (apa itu artinya ya cascading = diturunkan) dari VMV yang harus dirumuskan ke dalam kamus kompetensi sehingga setiap definisi, nilai – nilai, dan standar perilaku diseragamkan didalam competencies directory.

Untuk melakukan identifikasi terhadap semua insan didalam organisasi agar mengetahui sejauh mana pemahaman, internalisasi dari nilai – nilai dari Visi, Misi, dan Value maka dilakukanlah assessment competencies core competencies, nah sob kompetensi itu apa sih? Kompetensi adalah kombinasi dari pengetahuan (knowlegde), keterampilan (skill), dan atribut personal yang tercermin melalui perilaku kinerja yang sangat menentukan dalam pencapaian keberhasilan pelaksanaan tugas (performa unggul)

Kompetensi sendiri dibagi menajdi dua yaitu soft competency dan hard competency., Tehnical competency (hard competency) adalah kompetensi yang dapat diukur dengan standar ukuran yang jelas yaitu skill dan knowlegde, sedangkan soft competency adalah sebuah perilaku didalam attitude seseorang yang berada didalam sub concious (alam pikiran bawah sadar) seseorang sehingga perlu dilakukan assessment untuk dapat kita lihat dalam perilaku kerja dan perilaku sehari – hari, nah core competency ini adaah termasuk ke dalam soft competency.

CBHRM II

CBHRM

Untuk proses assessment center sebenarnya simple kawan, yaitu prinsipnya apa yang menjdi expected job competency, maka dilakukan assessment analisa gap competency assessment terhadap individual competency profile. Ingat – ingat ya prinsip ini kawan dalam assessent center. Adapun 7 (tujuh) karakteristik dari assessment center adalah menggunakan standar dimensi kompetensi pekerjaan dan digunakan untuk melakukan assessment untuk berbagai tujuan, menggunakan berbagai tehnik dan metoda, dilakukan dalam bentuk interaktif dan grouping (beberapa orang sekaligus), menggunakan beberapa assessor, hasil assessment berupa gabungan intepretasi (polling/integrasi) dari berbagai assessor, hasil prediksi potensi pemegang jabatan/kandidat lebih baik dan akurat, simulasi dari realita bisnis sehingga hasil lebih baik, biasanya menjadi bagian dari proses people development (terkait). Kita lihat kawan 7 karakteristik assessment center adalah menggunakan multi assessor. Apa itu assessor dalam assessment center adalah Profesi spesialis yang menjalankan penilaian atau pengukuran potensi seseorang (pemegang jabatan/ kandidat).

Tips Untuk Assessor adalah;
a.Memahami “realita” kompetensi kerja (aplikasi, standar, ukuran dan kewajaran)
b.Memahami “potensi manusia”, tidak terjebak oleh “kulit & atribut” (halo effect)
c.Tidak fanatik terhadap alat-alat assessment
d.Memiliki integritas tinggi
e.Independen dan netral
f.Positif dalam memahami manusia

Biasanya apa saja assessment center tools yang digunakan antara lain:
a)Interview
b)Performance tracking (melalui biodata)
c)Observasi
d)Test psikologi & personality

Assessment Centre :
a. Seluruh tools di atas
b. Ability test (psikomotorik, pengetahuan, skill)
c. Simulation (In-tray, group discussion, role play, presentation, team callenge)

Yuk kita bahas satu persatu dari masing – masing tools & metoda diatas;

a)Interview
– Tetapkan sejelas mungkin dimensi yang akan digali
– Susun daftar pertanyaan secara teratur
– Catat hal-hal yang penting (avidence) selama interview
– Sediakan waktu yang cukup (min: 45 mnt)
– Sediakan form sederhana untuk me-rating dimensi-dimensi yang sudah ditetapkan setelah interview
– Usahakan mendapat umpan balik dari user (konfirmasi)

b)Performance tracking (melalui biodata)
Melihat true history hukuman disiplin, riwayat pelatihan, dan prestasi kinerja dari peserta yang mengikuti assessment center.

c)Observasi
Kemampuan untuk mengamati perilaku sewaktu assesee menjalani aktivitas-aktivitas dalam Assessment Center, biasanya prinsip observasi adalah ORCE (Observation, Recording, Classifying, dan Evaluating). Agar kita optimal dalam melakukan observasi maka kita harus fokus pada fakta, orientasi pada perilaku, penguasaan alat/tekhnik assessment, berpedoman pada model kompetensi, dan hindari hallo effect/primacy effect/stereotype.

d)Tes Psikologi & Personality
Suatu cara penilaian psikologis yang bersifat objektif terhadap kapasitas individu untuk kemampuan tertentu, di bawah kondisi yang sudah distandarisasikan, dimana assesor dapat membuat suatu perbandingan antara individu satu dengan yang lain.

Satu lagi guys biasanya banyak assessment center menggunakan simulation tools yang berdasarkan realitas dari tugas – tugas kantor dan tantangan pekerjaan dalam suatu perusahaan, adapun jenis – jenis dari simulation tools antara lain:

In-Tray
Metode yang menyajikan situasi-situasi nyata yang dihadapi seseorang dalam bekerja. Bentuk dari simulasi ini berupa kumpulan memo yang harus direspon oleh assesee.

Group Discussion
Metode assessment yang menempatkan assesee ke dalam suatu tugas pemecahan masalah yang diberikan dalam situasi kelompok.

Role Play
Suatu bentuk tes situasional yang menstimulasikan aspek-aspek interpersonal relationship/komunikasi yang dituntut oleh suatu pekerjaan.

Presentation
Suatu bentuk tes situasional yang mensimulasikan aspek-aspek komunikasi/presentasi oral yang dituntut oleh suatu pekerjaan.
Disini assesee diminta untuk mempersiapkan sebuah materi presentasi yang berisi tentang suatu hal yang mewakili tugas/pekerjaannya.

Team Callenge
Dalam kegiatan ini, assesee diberi suatu tugas/tantangan yang mencakup berbagai situasi. Kemudian assesee diminta untuk memberikan respon kreatif untuk menangani situasi tersebut secara berkelompok.

Okay kawan demikian pembahasan simple, renyah, dan aplicable dari Apa itu Assessment Center? Tunggu update dari artikel saya yang mengulas tentang manajemen HR dan Bisnis yang simple dan kemrenyesss dan diupdate setiap seminggu sekali setiap hari senin pagi, Salam Sukses Penuh Barokah.