Runtuhnya Raksasa Yahoo Disebabkan Oleh Terlena Dengan Kejayaan.

By Gustyana

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

Gambar Yahoo

Hari Ini Yahoo diakuisisi Verizon hari ini. Akhir tragis ikon internet yang begitu jaya dan tersohor. Dan Saya saat ini juga masih menggunakan email akun yahoo sampai sekarang.
Tragisnya Yahoo hanya diakusisi Verizon dengan nilai IDR 65 Triliun. Padahal di tahun 2000, valuasi Yahoo sekitar IDR 1300 Triliun. Bahkan 6 tahun lalu, Yahoo sempat ditawar Microsoft IDR 650 Triliun dan tidak dilepas. Sekarang dilepas di harga IDR 65 Triliun.

Yah saat ini sangat menyedihkan Yahoo di beli oleh Verizon dengan hanya 65 Tiliun dan tidak termasuk dengan saham yahoo di perusahaan CIna yaitu Alibaba. Verizon mengatakan bahwa Verizon mengatakan kesepakatan untuk bisnis internet inti Yahoo, yang memiliki lebih satu miliar pemakai aktif setiap bulan, akan membuatnya menjadi perusahaan media telepon genggam dunia.
Pimpinan Yahoo, Marissa Mayer, mengatakan, “Yahoo adalah sebuah perusahaan yang telah mengubah dunia, dan akan terus melakukan ini karena bergabung dengan Verizon dan AOL.”
Dalam sebuah email kepada stafnya, Mayer mengatakan dirinya berencana tetap di Yahoo, dan menambahkan, “Saya mencintai Yahoo dan saya mempercayai Anda semua. Sangatlah penting bagi saya untuk menyaksikan Yahoo memasuki bab baru.”
Perusahaan yang bermarkas di California, Sunnyvale, ini juga berusaha menyesuaikan diri dengan konsumen yang semakin banyak menggunakan telepon genggam, yang memberikan lebih sedikit pemasukan iklan.

Belum lagi yahoo akan berencana menutup kantornya di cina dan akan menghapus sekitar 350 pekerjaan, yahoo sekarang ini sedang berjuang untuk mempertahankan pertumbuhan keuntungan sementara menghadapi persaingan dengan portal pencari online lain seperti Google.

Jatuhnya Yahoo disebabkan terlena dengan kejayaan dan terlalu yakin dengan produk sendiri, Cuek dan lengah terhadap lawan baru dan kecil. Ketika yahoo menjadi market leader, Kecenderungan perusahaan raksasa selalu meremehkan pemain baru, karena mereka terlalu yakin dengan kebesaran dan kejayaan mereka. Mereka terlena dengan kejayaan dan melupakan bahwa bisnis ada masa dimana mengalami mature dan akan decline, terbuai, dan Malas untuk berinovasi, Padahal Yahoo memiliki flickr yang perkasa, kenapa justru dengan kapasitas cloud yang sangat raksasa justru yahoo tidak bisa melahirkan facebook ataupun instagram.

Penyakit khas perusahaan raksasa dan inovator adalah lengah dengan kejayaan sekali lagi inovasi menjadi strategi yang sangat jitu untuk kelangsungan hidup sebuah bisnis, Saat jaya Yahoo pernah ditawari membeli Google di tahun 2002 dengan harga 13 Triliun, tapi Yahoo Menolak dengan alasan kemahalan, Tahukah Anda berapa nilai Google sekarang ? Hanya IDR 8000 Triliun Saja, Sekali lagi Itulah Takdir Yahoo ? Batal dapat untung IDR 7987 Triliun, Malah harus termehek – mehek dijual dengan harga IDR 65 Triliun. Dan Perusahaan raksasa biasanya enggan untuk mengubur produk sendiri dan dihajar oleh rival mereka seperti Google tanpa ampun wehehehe bisnis memang kejam mas bro. Untuk itu kekuatan inovasi dan kekuatan untuk mengantispiasi bisnis kita sebelum decline sangat perlu dilakukan transformasi arah bisnis,

Perusahaan Raksasa banyak yang lupa untuk selalu mengantisipasi untuk melakukan diversifikasi bisnis ataupun transformasi arah bisnis, kekuatan inovasi sangat ditentukan oleh para SDM yang ada didalam perusahaan tersebut, terutama kejelian para pimpinan perusahaan untuk melakukan analisa kompetitor ataupun new comer bisnis mereka.

Yahoo adalah salah satu contoh tragis sama seperti TELKOM yang mengalami perubahan bisnis adalah telepon rumah, Dulu bisnis ini menjadi sumber uang bagi TELKOM, sang penguasanya. Namun kini ketika handphone telah ada dimana – mana, frekuensi pengguna telepon menurun drastis (dirumah pun banyak orang yang kini lebih memilih handphone daripada telepon yang jadul itu). Dari itulah yang terjadi: penurunan pendapatan Telkom dari bisnis telepon rumah lebih cepat daripada yang mereka prediksi. Bisnis telepn rumah kemudian menjelma menjadi bisnis yan stagnan, dan bagian dari sejarah silam.

Dari contoh diatas sudah jelas bahwa; tanpa spirit inovasi, sebuah produsen bisa tergolek kehilangan raga, Proses ini mungkin menjadi dramatis dalam bisnis yang melibatkan teknologi, seperti Telkom, Yahoo, Google, TELKOMSEL, Indosat, XL, Dll. Ketajaman mengendus tren pasar, tim pengembangan produk (product development) yang unggul serta Budaya inovasi yang mengakar seperti Astra International menanamkan budaya dan menghargai setiap – ide dari karyawan dan langsung memberikan penghargaan kepada para karyawan yang dapat mengimplementasikan sebuah inovasi ataupun improvement. Hal – hal inilah sejumlah elemen dasar yang perlu dibentangkan jika sebuah organisasi ingin terus bisa bertahan dalam laga inovasi yang terus berjalan tanpa henti.

Tanpa bekal itu semua, sebuah organisasi bisa terjebak dan sekarat. Bagi mereka, perang inovasi bisa menjelma menjadi drama yang menyakitkan, dan membuat mereka terkubur lenyap dalam kesunyian.

Note:
Mau update artikel - artikel mencerahkan seperti diatas langsung melalui smartphone Anda? Langsung saja Invite PIN BBM saya : 518EA00E atau Save No WA saya 087700350056. Bagi yang invite, saya akan berikan BONUS 4 EBOOK DAHSYAT tentang MINDSET, Kebebabasan FInancial dan cara meraih Karir Impian. Financial-Freedom-Banner

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

Berlangganan dan Download 6 Ebook Dasyat