Bagaimana Menjalankan Sistem Manajemn SDM Yang Berbasis Kinerja

By Gustyana

Sistem Manajemen SDM

Sistem manajemen SDM perusahaan memiliki pengaruh sangat besar terhadap perjalanan perusahaan tersebut. Baik buruknya sistem manajemen SDM yang dijalankan akan berimbas pula pada kinerja para karyawan. Karena meski tidak memberikan keuntungan secara langsung, namun SDM merupakan asset yang sangat penting bagi perusahaan. Tanpa adanya SDM yang tepat dan professional, maka jelas perusahaan tidak akan bisa djalankan dengan baik.

Manajemen SDM sendiri berarti sebuah proses yang mengatur hubungan antara SDM atau karyawan di sebuah perusahaan. Pengaturan tersebut berkaitan dengan perekrutan karyawan, pembinaan atau pelatihan karyawan, pengembangan potensi karyawan dan berbagai kebijakan lain dari perusahaan yang berkaitan dengan karyawan.
Cara kerja sistem manajamen SDM perusahaan
Setiap perusahaan tentu memiliki sistem manajemen SDM yang berbeda. Namun pada dasarnya tujuan manajemen tersebut searah, yaitu membentuk SDM yang berkualitas untuk mendukung perkembangan perusahaan. Dengan tujuan tersebut, sistem manajemen SDM ini dijalankan melalui berbagai langkah, seperti :
a. Melakukan pengorganisasian tugas dengan tepat. Termasuk dengan melakukan pendalaman terhadap fungsi sebuah pekerjaan, keterampilan setiap individu karyawan, mendeteksi masalah dalam setiap divisi dan memberikan rekomendasi perbaikan serta memastikan terjadianya reorganisasi jika diperlukan. Dengan pengorganisasian tugas ini diharapkan kinerja SDM yang ada lebih efektif
b. Melakukan pengorganisasian sumber daya, yang lebih merujuk kepada keterampilan dan keahlian SDM. Dalam langkanh ini manajemen SDM bertugas untuk merekrut dan menyeleksi tenaga kerja, memberikan pelatihan serta mengembangkan potensi SDM yang ada
c. Melakukan penilaian kinerja terhadap SDM atau karyawan. Manajemen SDM harus membuat kriteria kinerja yang ingin diperlihatkan dari para karyawan. Kemudian menilai, mengukur dan mengevaluasi kinerja setiap karyawan. Selanjutnya hasil penilaian tersebut menjadi tolak ukur dari maju atau mundurnya perusahaan
d. Melakukan pengembangan potensi SDM. Bisa dengan melaukan pelatihan, pembinaan atau pengamatan tentang potensi karier setiap SDM. Di sini manajemen  SDM memberikan kesempatan luas bagi karyawan untuk merencanakan jenjang karier yang akan mereka raih selama bekerja
e. Memberikan penghargaan baik berupa kesempatan promosi, penerimaan bonus serta sistem pengupahan yang adil. Dengan apresiasi yang tepat dapat memacu karyawan untuk meningkatkan kualitas SDM mereka.

Tujuan dari sistem manajemen SDM
Setiap bagian dari perusahaan dibentuk dengan tujuan untuk mendukung jalannya perusahaan tersebut. Begitu pula dengan sistem manajemen ini yang memiliki tujuan sebagai berikut :
1.     Menciptakan SDM yang tidak saja handal dalam keahlian bekerja namun juga memiliki mental yang kuat serta loyalitas kepada perusahaan. SDM yang dibentuk oleh manajemn SDM yang bagus tidak hanya meningkatkan kualitas kerja karyawannya, namun menjadikan SDM tersebut siap dalam menghadapi arus globalisasi dan perubahan dalam bentuk apapun yang terjadi di perusahaan.
2.     Manajemen SDM memberikan peluang bagi setiap karyawan untuk mengembangkan karier sesuai dengan keterampilan mereka. Tidak hanya itu, jenjang karier ke tingkat yang lebih tinggi pun bisa dicapai jika karyawan memang memiliki kualitas SDM yang mumpuni.
3.     Memberikan keunggulan pada setiap divisi atau unit perusahan karena pengorganisasian tugas dan SDM yang jelas. Penempatan SDM yang tepat juga membuat divisi atau unit tersebut bisa bekerja lebih maksimal.
4.     Mencapai tujuan perusahaan dengan melakukan perubahan secara sistematis dan terintegrasi pada manajemen administrasi jika diperlukan.

Seperti yang telah disinggung, bahwa SDM yang bermutu merupakan faktor penting pendukung berkembangnya sebuah perusahaan. Karenanya perusahaan sebisa mungkin harus memiliki karyawan yang cerdas dalam bekerja, memiliki integritas dan loyalitas tinggi serta bisa memberikan daya saing kepada perusahaan. Semua hal tersebut bisa diwujudkan jika sebuah perusahaan memiliki sistem manajemen SDM yang sangat handal.