Menguak 5 Rahasia Membuat Prioritas Pekerjaan Anda Agar Kegiatan Terjadwal

By Gustyana

Prioritas

Pentingnya menetapkan prioritas aktivitas bagi setiap orang pentingnya menetapkan prioritas aktivitas haruslah diketahui oleh setiap orang mulai dari seorang mahasiswa hingga seorang karyawan. Setiap haruslah dapat belajar menetapkan prioritas saat akan memulai aktivitas.

Jika Anda ingin menjadi seorang siswa yang berprestasi akan lebih baik jika Anda mengetahui bagaimana cara menetapkan prioritas. Pasti Anda merasa kebingungan saat akan menjelang ujian yang diadakan keesokan hari. Anda akan bingung mana pelajaran yang harus dipelajari terlebih dahulu. Hal tersebut bisa Anda hindari jika Anda sudah menetapkan skala prioritas pelajaran mana yang lebih penting menurut Anda.

Dalam menetapkan sebuah prioritas terbukti sangatlah tidak mudah untuk dilakukan. Setiap hal pasti akan dirasakan semual hal penting untuk dikerjakan dan tidak ada sesuatu hal yang bisa ditunda terlebih dahulu. Hal itulah yang sering membuat orang malas untuk membuat skala prioritas dari aktivitas mereka.

Agar Anda tidak selalu kebingungan saat akan melakukan sesuatu, ada baiknya Anda memulai mencoba dari sekarang untuk menetapkan prioritas aktivitas apa saja yang akan dikerjakan. Awalnya memang terasa tidak mudah dan sulit, Namun jika Anda sudah terbiasa bisa memprioritaskan hal yang Anda anggap penting lebih dahulu, maka dijamin Anda akan menjadi siswa yang berprestasi.

Coba Cara Ini Untuk Menetapkan Prioritas dari Aktivitas Anda dengan Sticky Note
1. Tuliskan Semua Aktivitasmu

Pentingnya menetapkan prioritas aktivitas dapat dilakukan dengan cara pertama yaitu dengan menuliskan seluruh aktivitasmu. Sebelum bisa membuat skala prioritas, Anda harus tahu kan apa saja aktivitas yang akan Anda lakukan mulai hari ini hingga seminggu ke depan.
2. Tentukan Tujuan Utamamu dari Aktivitas Seminggu Tersebut.

Setelah menuliskan segala aktivitasmu selama seminggu. Mulai pikirkan tujuan utama apa saja yang ingin Anda lakukan. Anda bisa memutuskan tujuan utamamu dengan mempertimbangkan deadline dari tugasmu.
3. Bagi Aktivitasmu dalam Beberapa Kategori

Setelah Anda menuliskan segala aktivitas dan sudah menentukan tujuan utama selama seminggu. Sekarang bagilah aktivitas tersebut dengan kategori penting atau pun mendesak.

Contohnya saja jika minggu ini Anda mendapatkan tugas untuk membuat karya ilmiah, maka Anda haru mendahulukan tugas ini dan memasukkannya ke dalam kategori mendesak karena deadline adalah minggu ini.

Jika dalam minggu ini Anda juga akan mendapatkan tantangan dari atasan dalam mencapai target pendapatan dan kerjasama dengan klien yang priorfitas, maka Anda bisa memasukannya ke dalam kategori penting. Hal itu karena membuat karya ilmiah memiliki deadline yang harus Anda selesaikan. Sedangkan tugas dari Atasan bisa Anda pelajari 2-3 hari sebelum hari H bukan?
4. Buatlah Jadwal Pekerjaan

Membuat jadwal pekerjaan yang juga dilengkapi dengan deadline kapan selesainya akan sangat berguna bagi Anda. Membuat jadwal pekerjaan akan membuat Anda selalu ingat setiap pekerjaan yang harus diselesaikan sesuai dengan deadlinenya. Saat Anda sudah membuat jadwal pekerjaan seperti ini, bisa juga membuat pekerjaan yang Anda lakukan lebih terarah dan lebih teratur.
5. Disiplin Mengikuti Daftar Aktivitas

Hal terakhir adalah Anda harus selalu disiplin untuk melakukan hal yang sudah Anda buat daftar prioritasnya. Aktivitas yang termasuk mendesak, penting dan tidak terlalu penting bisa Anda lakukan sesuai jadwal yang sudah Anda buat. Selalu disiplin melakukan hal sesuai daftar tentu akan mempermudah Anda dalam menjalani aktivitas Anda dan secara otomatis Anda akan mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.

Kesalahan Saat Mendahulukan Prioritas
Saat Anda sudah menetapkan skala prioritas untuk aktivitas Anda, maka tidak bisa dipungkiri jika Anda juga akan melakukan kesalahan dalam mengerjakan daftar tersebut. Berikut beberapa kesalahan yang harus Anda hindari.
1. Gagal Mengikuti Daftar yang sudah Dibuat
Jika Anda gagal untuk melakukan hal yang sudah Anda buat pada daftar prioritas maka Anda belum bisa membedakan hal yang harus diprioritaskan. Jika Anda tidak mengikuti daftar prioritas Anda, maka Anda bisa mengalami kebingungan lagi saat melakukan aktivitas.
2. Tidak Bisa Menghadapi Gangguan

Saat Anda mulai melakukan hal sesuai daftar piroritas yang telah dibuat, maka gangguan juga akan banyak sekali bermunculan. Bisa saja saat Anda fokus mengerjakan tugas dengan deadline besok tapi Anda malah ikut pergi ke mall saat diajak teman.
3. Melakukan Penundaan
Semua hal yang ditunda pengerjaannya tentu akan membuat pekerjaan yang sudah Anda buat daftar prioritasnya menjadi tidak efektif. Hal itu akan membuat Anda gagal dalam membuat suatu prioritas dan juga gagal dalam memanajemen waktu. Hal-hal tersebut haruslah Anda hindari agar Anda bisa mengerti pentingnya menetapkan prioritas aktivitas.