Bagaimana Menggali Potensi Dari Manajemen Karier Karyawan

By Gustyana

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

manajemen karir

Manajemen karier karyawan merupakan suatu bentuk pengolahan potensi karyawan agar lebih berkembang lagi. Manajemen karier karyawan sendiri memiliki arti sebagai tahapan untuk membuat karyawan lebih memahami dan mengembangkan minat dan keahlian karir mereka  dengan lebih efektif. Dengan adanya manajamen karir ini karyawan bisa ditempatkan di post-post perusahaan yang sesuai dengan bidang mereka sehinga produktivitas perusahaan pun bisa lebih meningkat.
Manajemen karir ini juga bisa membuat karyawan yang pada awalnya menduduki posisi rendah bisa perpindah ke posisi yang lebih tinggi. Namun tentu saja hal itu harus melalui tahapan pemeriksaan, penyeleksian dan penilaian dari perusahaan. Apakah karyawan dengan potensi dan keahlian tersebut pantas untuk menduduki sebuah posisi tertentu.
Cara mengembangkan potensi karier karyawan.

Biasanya proses manajamen karier ini menjadi tanggung jawab HRD untuk lebih mengembangkan sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan. Tugas HRD di sini dengan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai karyawan yang memiliki kualitas menonjol dan memberikan kesempatan kepada karyawan tersebut untuk berkembang. Bagaimana caranya ?
Berikan program pelatihan di mana seorang karyawan mampu memperluas wawasannya serta mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya. Tentu saja program pelatihan tersebut harus dengan persetujuan dari perusahaan. Bisa juga dengan mengadakan program pelatihan ini secara rutin dan dikuti secara bergantian oleh setiap divisi yang ada di perusahaan. Dari program rutin tersebut pasti akan terlihat individu-individu yang lebih bersemangat serta memiliki keseriusan untuk mengembangkan jenjang karirnya.
Selain dengan mengadakan program pelatihan, ada beberapa cara lainnya yang bisa digunakan untuk melihat dan mengembangkan potensi karyawan, seperti :
1 Berikan tugas dengan nilai kesulitan yang cukup tinggi, nantinya akan terlihat bagaimana sikap mental serta keefektifan karyawan dalam menyelesaikan tugas tersebut.
2.         Berikan tekanan dalam pekerjaan mereka, tentu tekanan yang dimaksud masih dalam batas yang wajar. Dengan presurre dari atasan biasanya akan muncul ide-ide kreatif untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.
3.         Lakukan peninjauan pekerjaan yang sesuai. Berikan standar tinggi pada hasil pekerjaan yang diharapkan datang dari karyawan tersebut.
4.         Berikan penilaian hasil kerja yang bertujuan untuk meningkatkan karier mereka. Karyawan akan lebih termotivasi dengan adanya apresiasi yang akan mendongkrak prestasi mereka di perusahaan.
5.         Lakukan rotasi kerja secara beraturan. Dengan melakukan riotasi ini akan terlihat karyawan mana yang fleksibel dan mana yang tidak. Selain itu bisa mengembangkan wawasan dan keahlian karyawan agar tidak terpaku pada satu jenis pekerjaan saja.
Manfaat manajemen karir karyawan
Dengan adanya pengolahan potensi dari setiap karyawan, maka hal itu dapat membuat perusahaan dengan mudah menemukan bibit-bibit yang mampu memberikan kontribusi tinggi pada perusahaan. Tidak hanya mampu diterjunkan dalam sebuah proyek tertentu saja, namun juga fleksibel mengemban tugas lainnya jika diperlukan.
Pengidentifikasian potensi karyawan ini juga akan lebih efektif dalam hal penempatan posisi karyawan. Sendaianya ada seorang karyawan yang resign atau pensiun, setidaknya perusahaan sudah tahu karyawan mana yang berpotensi untuk bisa langung menggantikannya, tanpa harus menunggu waktu lama untuk membuka lowongan kerja baru. Dalam hal ini manajemen karier karyawan membuat perusahaan lebih efektif dan efisien dalam menempatkan karyawan pada post-post yang tepat.
Bisa dibilang salah satu faktor yang turut mendorong kemajuan perusahaan adalah adanya manajemen karier bagi karyawannya. Dengan mengetahui dan mengapresiasi potensi karyawan secara tepat, bisa lebih memaksimalkan kinerja mereka terhadap perusahaan. Selain itu ketidakpuasan karyawan bisa dihindari karena mereka merasa potensi yang dimiliki dihargai oleh perusahaan. Ditambah, intelektual dan mental kerja mereka juga dikembangkan karena dorongan manajamen karier karyawan yang dilakukan oleh perusahaan.

Note:
Mau update artikel - artikel mencerahkan seperti diatas langsung melalui smartphone Anda? Langsung saja Invite PIN BBM saya : 518EA00E atau Save No WA saya 087700350056. Bagi yang invite, saya akan berikan BONUS 4 EBOOK DAHSYAT tentang MINDSET, Kebebabasan FInancial dan cara meraih Karir Impian. Financial-Freedom-Banner

Berlangganan dan Download 4 Ebook Bagus Tentang Life Skills, Motivasi, dan Financial Freeedom

Berlangganan dan Download 6 Ebook Dasyat