Menculik Perhatian Orang Lain

By Gustyana

Mendengar kata negoisasi maka terjadi dalam benak kita biasanya adalah suatu hal tawar menawar. untuk mencapai kesepakatan kedua belah pihak. Biasanya proses negoisasi ini harus disepakati oleh kedua belah pihak, apabila salah satu dari kedua belah pihak ada yang kurang setuju dengan hasil proses negoisasi. Biasanya akan dilakukan  negoisasi ulang.

Namun caranya meyakinkan negoisasi dalam sebuah keputusan bisnis memang dapat dikatakan tidaklah mudah? dibutuhkan skills komunikasi dan cara pandang pemikiran yang cukup komprehensif untuk dapat menghasilkan keputusan yang win – win solution.

Negoisasi adalah sebuah cara yang ditempuh untuk mendapatkan suatu keputusan atau kesepakatan bagi kedua belah pihak melalui cara komunikasi yang baik, serta diskusi yang baik. Proses negosiasi dilakukan tidak hanya menyangkut sebuah perjanjian, kesepakatan, kerjasama, akan tetapi proses negoisasi dapat dilakukan dalam rangka mempengaruhi keputusan orang lain.

Dalam proses negosiasi tidak selamanya mencari pemenang atau pecundang, akan tetapi perlu untuk menggunakan kemampuan sosial dan komunikasi efektif & kreatif untuk mendapatkan hasil ke arah yang lebih positif bagi kedua belah pihak.

 Adapun ciri – ciri  negoisasi memiliki karakter sebagi berikut:

  1. Melibatkan dua orang atau lebih
  2. Terdapat hal yang dinegosiasikan atau masalah yang dinegosiasikan, bukan tidak mungkin muncul masalah baru.
  3. Kedua belah pihak menjalin kerjasama
  4. Melibatkan barang & jasa
  5. Menggunakan bahasa lisan, ekspresi wajah atau gerak tubuh (menyampaikan bahasa agar mudah dimengerti disampaikan kepada orang lain)
  6. Terdapat kesepakatan baru ( Biasanya diakhir negoisasi ditemukan kesepakatan sebagai hasil dari proses negoisasi dari kedua belah pihak)
  7. Proses negosiasi dalam kelompok guna mengambil keputusan kelompok.

Tujuan

Kenapa kita harus melakukan negoisasi dalam sebuah proses kesepakatan,dari banyak situasi sudah membuktikan negoisasi seringkali  membawa konflik tetapi dibalik proses negoisasi yang sungguh alot, kenapa kita harus melakukan negoisasi ini, berikut 3 alasan mengapa negosiasi penting dilakukan;

  1. Untuk mendapatkan kesepakatan yang baru yang dapat disetujui kedua belah pihak
  2. Untuk menghindari konflik diantara kedua belah pihak
  3. Untuk menghindari hal hal negatif yang timbul dari proses negosiasi akibat perbedaan pendapat. Selain itu dapat meleburkan & agar menyatukan perbedaan tersebut melalui proses negosiasi

Demikian tujuan kenapa kita harus melakukan negoisasi kepada orang lain, karena inti dari kemampuan negoisasi adalah win – win solution dan skills komunikasi. Semoga bermanfaat.