DENGARKAN SUARA MEREKA

By Gustyana

Kalau kamu ingin membuat produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan maka dengarkan suara – suara kebutuhan mereka dengan hati. banyak yang tidak mendengarkan pelanggan sehingga produk kamu tidak pas dengan market kamu.

Kalau kita berbicara pada produk yang akan dikembangkan, kamu bisa membuat survei kecil-kecilan pada segmen pasar yang akan kamu tuju sebelum kita betul betul meluncurkan sebuah produk.

Jangan sampai produk yang sudah kita luncurkan ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan pasar, nah yang paling penting adalah bagaimana kita bisa mendapatkan data untuk memahami aspirasi mereka, & bagaimana cara memperolehnya dan tips dalam memberikan pertanyaan survey kepada segmen pasar kita adalah sebagai berikut:

1. Kamu bisa membuat survey pasar pada story Instagram / facebook, dengan ini kamu bisa mencari tahu kebutuhan mereka, buat gambar yang selaras dengan pertanyaan survey yang akan kamu gali.

2. Buatlah pertanyaan terbuka, dan jumlah pertanyaan yang diberikan jangan terlalu banyak, kisaran berjumlah 3-5 pertanyaan yang cukup mengena sesuai kebutuhan yang akan kita ungkap.

3. Cari tahu keramaian / kerumunan pasar kita dimana?, dan kita harus tahu tempat mereka berkumpul di social media?, dekati ketua komunitas mereka dan buatlah kerja sama yang saling menguntungkan.

4. Design draft iklan atau poster yang menarik, posisikan diri kamu ke posisi market yang akan kamu tuju. Tujuannya adalah supaya kita bisa lebih peka dengan masalah yang sedang mereka hadapi, sehingga kita bisa jauh memiliki empati.

5. Berikan mereka spesial gift / bonus bagi mereka yang secara benar mengisi survey kebutuhan pelanggan.

Dari kelima langkah ini, kamu bisa membuat pilot projects untuk mengembangkan produk, eitss begitu kamu melakukan RnD jangan terlampau terburu-buru untuk segera meluncurkan produk ke pasaran, kamu bisa menguji produk kamu ke pasaran terlabih dahulu, kira-kira produk kamu sudah sesuai belum menjawab masalah mereka. Sampai produk kamu mengalami proses improvement yang paling tidak 80% mendekati ekspektasi dan menjawab permasalahan pasar kalua boleh kita meminjam istilah dari Kang Jaya Setiabudi seorang pebisnis dari Yukbisnis.com, kita harus bisa membuat produk yang ngagenin.

Karena dengan produk yang ngagenin, kita akan mendapat marketing gratis dari mulut ke mulut dari mereka.

Tapi sebelumnya kamu perlu tau dahulu ciri-ciri dari produk yang ngangenin itu apa saja, yuk simak:

  1. Banyak customer yang repeat order, dan akhirnya jadi pelanggan setia kamu.
  2. Sangat sedikit complain yang ditujukan kepada produk kamu
  3. Kualitas produk yang baik ditambah packaging serta feature yang sesuai kebutuhan pasar kamu banget
  4. Mereka bersedia untuk merekomendasikan produk kamu.
  5. Kalau kamu melakukan survey kepuasaan pelanggan, maka penilaian mereka terhadap produk kamu sudah pasti bagus, dengan hanya menutup mata saja.

Okay demikian sedikit pembahasan bagaimana step – by step dari bagaimana kita melakukan survey pasar untuk membuat produk yang sesuai dengan permasalahan pelanggan, bukan membuat produk berangkat dari keinginan dari pemilik bisnis, semoga bermanfaat ya.

Jangan lupa share artikel ini, untuk mmeberikan manfaat kepada banyak orang.