MEMBANGUN BISNIS MULAI DARI NOL

By Gustyana

Pada webinar membangun bisnis dari 0 yang dibawakan oleh Uncle Thomas Phakaya, kita mendapatkan selentingan hebat he…he…, ternyata membangun bisnis tidak membutuhkan modal yang besar. Wow terasa aneh sih ditelinga dan membuat sebagian orang juga gak yakin. Tapi setelah beliau menceritakan semuanya bahwa beliau membangun kerajaan bisnisnya kurang lebih 10 tahun. Kita baru yakin kalau membangun bisnis dimulai dari modal kecil saja bisa kita mulai guys.

Kalau kita tidak memiliki modal yang besar lantas apa yang harus kita lakukan, menurut beliau ada 6 strategi yang bisa kita lakukan guys untuk dapat suntikan modal uang fresh, strategi ini datang dari inspirasi Rebert T. Kiyosaki, apa saja strateginya:

1. Joint Venture

perusahaan yang didirikan dua atau lebih entitas bisnis untuk membuat kesepakatan kerjasama bisnis dalam jangka waktu tertentu. Biasanya, perusahaan yang bekerjasama adalah pihak lokal dan asing. Jika mengacu pada UU No. 25 Tahun 2007, joint venture adalah bentuk penanaman modal asing.

2. Dana Hibah

 Pemberian uang/barang atau jasa dari pemerintah daerah kepada pemerintah atau pemerintah daerah lainnya, perusahaan daerah, masyarakat dan organisasi kemasyarakatan, yang secara spesifik telah ditetapkan peruntukannya, bersifat tidak wajib dan tidak mengikat, serta tidak secara terus menerus yang bertujuan untuk menunjang penyelenggaraan urusan pemerintah daerah, Anda bisa mencari infonya pada pemerintah provinsi / daerah tempat Anda tinggal.

3. Mencari Investor

orang perorangan atau lembaga baik domestik atau non domestik yang melakukan suatu investasi (bentuk penanaman modal sesuai dengan jenis investasi yang dipilihnya) baik dalam jangka pendek atau jangka panjang.

4. Mencari Partner 

Anda bisa menggunakan cara ini apabila Anda ingin melakukan scale up untuk bisnis Anda, dan Anda coba mencari partner yang betul- betul memiliki visi misi yang sama, dan berjuang bareng, serta Anda mendapatkan chemistry dengan dia. Saran sih ini dari pengalaman saya, kalau Anda bisa mengguna tes STIFIN untuk mengetahui apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan Anda, dan partner Anda bisa menutupi kekurangan dalam melakukan bisnis dengan Anda.

5. Sedekah

Pemberian seorang [Muslim] kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah lebih luas dari sekedar zakat maupun infak. Karena sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta.

6.Dana CSR

Suatu konsep organisasi perusahaan yang memiliki berbagai bentuk tanggungjawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang diantaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas, dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakupaspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Dah ini dari 6 alternatif cara ini bisa digunakan sebagai inspirasi Anda untuk bisa menggunakan ide dalam menentukan sumber dana untuk menscale up bisnis Anda.

Kemudian bagaimana cara mengembangkan bisnis yang sifatnya terus berkesinambungan, caranya adalah dengan memiliki ABCDF dari rumus uncle Thomas Phakaya dalam berbisnis, apa saja itu :

  1. Attitude

Sikap kita perlu tercipta dengan kuat untuk memulai sebuah bisnis, karena bisnis itu penghasilannya tidak pasti, so kamu perlu memiliki mental yang kuat untuk menghadapi ketidakpastian pendapatan, dan kamu dalam kondisi jatuh bangun membangun bisnis harus yang namanya kuat dalam sikap profesionalisme.

  • Behaviour

Perilaku kita sangat menentukan yang namanya, penentuan sikap kita dalam merespon dari kebutuhan pasar yang mungkin dapat kita lakukan untuk menciptakan kesigapan kita dalam merespon pasar tersebut (agility dalam bertindak terhadap pasar sangat penting).

  • Commitment

Kita harus memiliki komitmen yang kuat dalam melakukan action untuk bisns kita guys, planning tanpa eksekusi yang kuat is nothing.

  • Development

Kita harus terus mengembangkan diri dalam mengisi otak kita dengan melakukan investasi leher ke atas. Gunanya tentu untuk meningkatkan skills kita dalam berbisnis dan mengeksekusi planning -planning kita dalam bisnis

  • Fokus

Kita harus dapat focus pada tujuan kita, dan jangan sampai tergoda pada bisnis lain yang mungkin dapat menggiurkan kita untuk beralih, stay focus dan tetap yakin.

Selamat menerapkan Rumus Sakti ini ya dalam membangun kerajaan bisnis kamu. Salam sukses penuh keberkahan.