Mengapa Personal Branding Sangat Penting ?

By Gustyana

Dengan personal branding yang efektif, kamu akan ahli dalam bidang tertentu. Membangun reputasi solid dalam bidang tertentu memang tidaklah mudah. Membutuhkan konsisten dan komitmen yang kuat untuk mewujudkannya. Dengan meningkatkan reputasi dan nama baik di pasaran. Kamu akan memiliki reputasi, image, identitas, yang menonjol dan berbeda daripada yang lainnya.

Personal branding adalah Bagaimana proses diri seseorang menjual dirinya kepada orang lain. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara, Kamu mulai dapat mengidentifikasin kepada diri kamu sendiri, dan mulai mengartikulasikan proposi nilai unik yang kamu miliki,dan mulai manfaatkan platform digital dengan pesan yang konsisten untuk mencapai tujuan tertentu.

Perlu kamu ingat adalah personal branding mencakup bagaimana cara orang dapat memaksimalkan potensinya dan termasuk mengetahui nilai-nilai mereka, keterampilan, dan memiliki sikap atau perilaku yang baik

Nah dalam memaksimalkan personal branding ini, penting ini untuk kamu ketahui bahwa dalam melakukan personal branding itu sendiri, memiliki dua komponen yaitu komponen utama dan komponen pendukung.

Ayo kita bahas satu persatu dari kedua komponen ini ya guys:

Pertama, komponen utama untuk membangun pondasi persomal branding adalah terdapat nilai (value), keahlian (skills), dan tingkah laku/sikap (behavior). Jika ketiganya kita padukan, kamu telah memiliki sebuah fondasi dalam membentuk sebuah citra untuk diri kamu agar dapat dilihat oleh orang lain.

Komponen kedua adalah  komponen pendukung yang terdiri dari keaslian (originality), keunikan (uniqueness), dan penampilan (looks).

Apa yang dimaksud dengan keaslian (originality) adalah keaslian untuk menampakkan diri anda dan value yan dimunculkan untuk menampilkan kepada orang lain.

Keunikan (uniqueness) adalah kekhasan dari kita yang akan kita tonjolkan kepada orang lain sehingga menjadi ciri khas berbeda dibandingkan dengan orang lain.

Penampilan (looks) adalah sikap, gesture, cara berpenampilan yang perlu kita atur agar orang lain dapat memberikan simpati dan perhatian (atensi) kepada kita,

3 Langkah melakukan personal branding :

  1. Kamu harus self aware atau lebih sadar kepada diri sendiri. Bayangkan Ketika orang lain akan mengatakan sesuatu kepada Diri kamu. Bagaimana kamu membuktikan kepada orang – orang,siapa kamu dan apa yang akan kamu lakukan terhadap diri kamu untuk membangun personal branding kamu yang orisinil dan otentik.
  2. Lantas langkah kedua adalah tell your story with your life. Anda perlu menceritakan diri kamu kepada orang lain lewat kisah hidup yang telah dijalani. Kamu bisa memberi bukti kepada dunia siapa kamu sebenarnya.
  3. Untuk masuk tahap ketiga atau yang terakhir, kamu perlu memperdalam hubungan dengan orang lain atau deepen your relationships. Membangun hubungan jangka Panjang yang berkesinambungan tentu membutuhkan seni tersendiri dan tidak mudah. Untuk itu perlunya kamu mengetahui karakter seseorang. Mengetahui apa yang menjadi hal yang paing disukai dalam  pembahasan dengan orang tersebut.

Menjalin kearaban untuk saling simbiosis mutualisme dimana dia membutuhkan kita dan kita juga membutuhkan dia. Pada dasarnya dengan membangun hubungan yang sangat tulus akan memelihara hubungan kita terhadap pelanggan ataupun followers kita. Maka kesimpulannya adalah perlunya membangun personal branding untuk tujuan jangka panjangn adalah dalam hal mempromosikan dir kita untuk mendapatkan koneksi, jaringan, dan membangun hubungan jangka Panjang, dengan memperoleh tujuan kesuksesan dalam hidup kita. Selamat mencoba 3 langkah diatas dalam membangun personal branding