CHANGE YOUR MINDSET, CHANGE YOUR HABBIT

By Gustyana

Diantara kamu pasti banyak yang mempertanyakan bagaimana merubah kebiasaan dan mindset kita agar lebih berkualitas. Belum lagi merubah kebiasaan haruslah dimulai dengan merubah mindset terlebih dahulu. Karena segala perintah tubuh untuk berperilaku menjadi kebiasaan  berasal dari otak kita dan yah itu semua bermula dari mindset Anda.

Dengan  mengubah mindset  maka perilaku kita akan ikut mempengaruhi pola tindakan kita. kita akan mendapatkan pola seperti ini dengan pemahaman yang baru -> terbuka secara pikiran -> maka akan menjadi kebiasan yang baik -> menjadi budaya dan bagian dari diri kita sehingga habbit (kebiasaan) kita pun berubah.

Disini kita akan membahas bagaimana 7 cara yang efektif, mengubah / mengupgrade mindset kita yang pada akhirnya akan merubah perilaku kita:

1. Ubah cara kita berkata pada diri sendiri

Ketika semangat mulai menurun dalam mencapai apa yang menjadi tujuan kita, dan pikiran kita mulai merasakan negatif. Saat seperti ini kita perlu kembali mencharge diri kita dan mengatakan pada diri sendiri ya saya bisa lakukan ini, atau saat ini belum berhasil, tapi saya yakin bisa melakukan ini. ”Ya saya bisa melakukan ini dengan sebaik – baiknya saya harus melakukannya dengan lebih baik, kalau saya melakukan dengan cara yang sama, jangan harap saya akan mendapatkan hasil berbeda. Yakin saya bisa, begitulah salah satu contoh kita untuk memberikan kata – kata yang positif ke dalam diri kita, dengan kembali melihat kenapa kita memulai hal ini, apa alasan kita melakukan ini dahulu, Maka semangat akan kembali lagi guys.

2.Ubah cara kita dalam berkata – kata

Hal ini maksudnya adalah Bagaimana cara kita meyakinkan pada diri kita untuk mengubah kata- kata negatif menjadi kata – kata yang jauh lebih positif, Ingat kata – kata negatif akan memberikan dampak negatif thingking kepada diri kita. Dengan negatif thingking yang kita perbuat akan membuat saraf – saraf kita enggan untuk merubah menjadi tindakan positif, Karena dinamika perilaku kita sangat dipengaruhi oleh mindset kita. Maka mulai saat ini ubah cara kita berkata positif ke dalam diri kita, supaya kita memiliki believe (keyakinan) untuk memiliki mental positif dalam diri kita.

3.Melakukan diterminasi pola pikir yang kamu inginkan dan lakukan segera

Dalam membuat impian (goals) kita yang harus merajut mindset untuk membentuk menjadi kenyataan, kita harus bisa menditerminasikan segala impian kita ke dalam pola pikir alam bawah sadar yang kita buat. Maka otak akan membentuk bayangan blueprint dimana kita dapat  membuat pola langlah – langkah yang harus kita wujudkan dalam action nyata.

Bayangkan saja apabila kekuatan pikiran Anda, tidak mampu untuk mewujudkan  alam bawah sadar kita tentang keyakinan kesuksesan goals yang akan kita wujudkan, Berdasarkan hasil studi literatur bahwa alam bawah sadar kita adalah penentu dari kesuksesan kita apabila dibandingkan dengan alam sadar kita. Maka betulkan dahulu Keyakinan Alam Bawah Sadar kita untuk sukses, maka alam semesta akan membukakan jalan untuk ke arah tujuan yang kita impikan.

4.Pelajari dan Terapkan

Suatu pola kesuksesan dapat dipelajari polanya, dan Anda dapat mempelajari pola dan proses kesuksesan seseorang dalam mengubah perilaku dan mindset sukses tersebut. Kita dapat membedah seseorang tersebut dalam mencapai kesuksesan dengan pola yang seperti apa ? Dan bagaimana milestone yang harus dicapai dalam setiap prosesnya. Kemudia buatlah parameter ukuran pencapaian Anda, apabila belum berhasil sesuai dengan tujuan Anda, Change Mindset dahulu, lalu buatlah pola perubahan perilaku baru.

😀

5.Ciptakan sebuah habbit baru untuk dapat mendukung perubahan mindset Anda

Bagaimana Anda bisa merubah pikiran Anda tanpa merubah perilaku Anda, It is Impossible ya, kamu harus mencoba untuk  menciptakan sebuah pola perilaku baru yang dapat mendukung perubahan mindset Anda. Bukan hal yang tidak mungkin bahwa Anda akan berubah menjadi seseorang yang jauh lebih baik, kalau kita tidak menciptakan pola perilaku yang dapat mendukung dari Mindset kita yang baru.

6. Keluarlah dari Zona Nyaman

Dan tahapan terakhir yang dapat merubah total dari Mindset dan Perilaku (Habbit)  adalah kita harus berani keluar dari zona nyaman untuk memperbaiki kebiasaan kita yang buruk, dengan secara konsisten menerapkan perilaku yang kita ubah, maka secara perlahan dengan keberanian kita untuk hijrah (berpindah) dari perilaku yang buruk di masa lalu menjadi pribadi dengan perilaku yang lebih baik maka kita harus berani keluar dari zona kenyamanan kebiasaan kita. Well, apabila berhasil menjadi pribadi yang lebih baik dari hari kemarin, selamat Anda wajib merayakan kemenangan untuk memberikan apresiasi kepada diri Anda. 


Selamat mencoba untuk mengubah mindset dan kebiasan Anda.