Chief Destruction Officer Sebuah Sarana Baru Pembaharuan Model Bisnis

By Gustyana

Saya mengambil contoh dari seorang CEO yang luar biasa dikenang, di KAI yang dahulu PT KAI sangat lelet (1.0) dan kini KAI menjadi gesit dengan bisnis model 2.0. Siapa yang tidak kenal dengan Ignatius Jonan, sosok yang fundamental dan merubah model bisnis lama dengan reenginering model bisnis baru KAI.

Kalau saja para perusahaan yang sudah merasa besar tidak segera berubah, akan terus menerus mengalami kemunduran karena tak kunjung segera menemukan CEO yang mampu mendobrak fondasi bisnis model yang sudah tidak relevan.

Bersumber dari tulisan yuswohady yang terkenal dengan membahas pada sub tema CDO ini, yang mungkin selama ini kita dengar adalah Chief Financial Officer, Chief Executive Officer, Chief Financial Officer, Chief Operating Officer, atau Chief Marketing Officer, Kini hadir sebuah sebutan jabatan baru yang akan banyak dicari oleh banyak industri bisnis yaitu ”Chief Destruction Officer”

CDO ini tugasnya adalah merusak organisasi untuk melakukan perombakan dan perubahan total model bisnis lama menjadi model bisnis baru yang relevan, tuntutan CEO sekarang ini tidak hanya memiliki kepiawaian untuk membangun bisnis tetapi harus melakukan perusakan organisasi.

Lanskap bisnis sekarang ini tidak mengenal yang namanya pesaing, dan mana rekan bisnis kita, semuanya sangat blur dan tidak jelas, Very chaoz saat ini, radical, turbulent, volatile, uncertainty, and unpredictable.

Contohnya layanan pos saat ini, dahulu berjaya kurang lebih ratusan tahun, yang konon sudah ada dari jaman penjajahan Belanda, namun