5 Kesalahan Fatal Para Pebisnis Start Up

By Gustyana

Kali ini saya akan membahas hal yang berbeda dari biasanya, saya saat ini dipercaya untuk membenahi Tim Digital Marketing sebuah perusahaan start up Di Jakarta, banyak start up yang bertumbuh dan berjibaku menemukan model bisnis dan potential market yang tepat, Dengan model bisnis dan pangsa pasar yang tertarget tentu akan membuat cash flow perusahaan akan jauh lebih segar, sehingga daya tahan perusahaan untuk terus bertumbuh akan berjalan dengan mulus dan baik.

Lain hal tak bisa dielakkan banyak start up yang pada awal berdirinya, sudah banyak membakar uangnya untuk heboh melakukan promosi dan cash back gila – gilaan jadi tak heran banyak yang gugur di pertengahan perjuangan guys.

Yuk kita bahas, beberapa kesalahan pebisnis startup pertama kali dalam membangun bisnis adalah

1. Tidak memiliki perencanaan bisnis, sehingga dia berjalan tanpa arah yang jelas, pengukuran perkembangannya pun akan semakin sulit apabila tidak memiliki perencanaan bisnis.

2. Merekrut banyak Tim, belum memiliki cash flow yang baik tapi sdh merekrut pegawai yang banyak, ini adalah kesalahan fatal, tanpa merencanakan man power plan yang baik.

3. Belum memiliki proses bisnis yang jelas di dalam organisasinya. sehingga belum clear siapa melakukan apa, dan output pekerjaan apa tidak jelas.

4. Nah kalo proses bisnis saja tidak jelas, bagaimana mau melakukan set up KPI yang terukur… lha dari awal model dan perencanaan bisnisnya pun tidak jelas.

5. Salah merekrut orang krn belum menentukan kualifikasi yg tepat ditambah dengan salah menempatkan seseorang sesuai kapasitas, minat, dan kapabilitasnya.

Tunggu update saya untuk kembali mengobservasi kesalahan-kesalahan awal para startup bisnis, yang akan saya tuliskan kembali sesuai dengan pengalaman yang saya alami saat ini, mungkin dari sahabatada yang ingin menambahkan yuk sharing donk dan berbagi, agar menjadi pembelajaran kita bersama.