Membangun Kerjasama Tim Adalah Fondasi Awal Mempertahankan Bisnis Anda.

By Gustyana

Pentingnya tim dalam membentuk karakter dan budaya dalam dunia bisnis Anda. Dalam membangun kerjasama tim dengan baik pada budaya perusahaan, justru akan membagi beban kerja anda sebagai owner kepada tim Anda. Bagi Anda yang positioningnya adalah pedagang saat ini. Maka tingkatkan pola pikir Anda (gowth mindset) untuk menjadi seorang pebisnis, maka sistemkan bisnis anda,  buat target KPI yang jelas, dan harus memiliki kayawan sesuai bidang minat dan kompetensinya.

Tentu ini tidak mudah, karena dibanyak perusahaan secara umum, karyawan adalah cost, namun apabila Anda memiliki karyawan yang great maka itu yang disibut asset.

Bagaimana menciptakan kerjasama tim yang ciamik sehingga bisnis Anda bisa autopilot:

  1. Tanyakan kembali budaya perusahaan Anda

Menelaah kembali apa sih goals dar Visi Misi, dan Values dari Anda membangun bisnis ini, kemudian cipatakan core values dari Visi, Misi perusahaan untuk menjadi bagian dari karyawan Anda.

2.Buatlah pemetaan karakter owner dan carilah partner Anda untuk menutupi kelemahan Anda.

Lakukan pemetaan talent, dan proses recruitment dari kualifikasi yang telah ditentukan sesuai kebutuhan organisasi bisnis Anda.

3.Rajinlah untuk melakukan komunikasi dan penanaman nilai budaya perusahaan Anda

Pendekatan ke karyawan untuk mengetahui minat, tujuan, dan komunikasi yang intens kepada karyawan Anda, untuk mengembangkan minat karyawan Anda, dan kebutuhan apa yang diperlukan ketika karyawan kita bekerja, sehingga kita akan mendapatkan alasan dari seseorang karyawan kita bekerja.

4. Buatlah acara kebersamaan kepada karyawan Anda.

Membangun bonding dengan karyawan Anda sangat baik, sehingga karyawan merasa diperhatikan. Salah satu bentuk program yang baik untuk membangun bonding dengan karyawan Anda adalah dengan membuat acara gathering kebersamaan, minimal ya 2 bulan sekali nonton bareng gitu.

5. Lakukan refreshment mengenai budaya perusahaan Anda terutama Core Values terus lakukan internalisasi.

Terus dengungkan budaya organisasi bisnis Anda (core values) dengan cara apa ? pertama buat program sosialisasi, kemudian kedua lakukan training core values Anda, ketiga cipatakan sistem dan SOP-nya, pilih change leader dan change agent budaya perusahaan. Terakhir berilah reward kepada karyawan Anda yang secara konsisten menerapkan core values organisasi bisnis Anda.

Demikian lima hal yang perlu Anda coba dalam  membangun kebersamaan pada Tim Anda, karena fondasi awal mempertahankan bisnis Anda adalah karyawan yang mampu mendukung, dan bekerjasama dengan baik. Selamat Mencoba