Tak Perlu Berat Membangun Budaya Memonitor KPI Organisai Anda, Terapkan 5 Hal ini Dalam Organisasi Anda

By Gustyana

Tidak semudah membalikkan telapak tangan, bagaimana mengukur kinerja haruslah kita memulai dengan membuat identifikasi, definisi, dan standar pengukuran yang jelas.

Apabila kita melihat banyak industri yang menginginkan penilaian yang obyektif, seharusnya para pemimpin dan tataran BOD harus memiliki komitmen yang kuat dalam membangun budaya untuk mengukur kinerja secara konsisten dan berkala.

Apabila atasan Anda saja tidak memiliki kontrak individu performance plan yang jelas diawal tahun bagaimana Anda dapat mengukur kinerja bawahan dan departemen Anda.

Nah terlebih Anda yang bekerja di departemen HR, anda adalah role model, sebelum anda meminta departemen lain untuk membuat dan mengumpulkan bukti – bukti penilaian kinerja. Departemen HR haruslah sudah memberikan contoh membuat individual performance kontrak lebi dahulu. Maka jadilah role model yang baik karena Anda yang bekerja di departemen HR adalah panutan bagi departemen lain.

Selanjutnya bagaimana cara membangun budaya dan kesadaran dalam organisasi Anda untuk membuat dan memonitor performance dari departemen dan timnya, yuk simak berikut ulasannya:

1.  Konten kpi yang mudah diukur

Jangan membuat kontent dan key result area (KRA) melebihi 8 item, paling baik Anda membuat KRA 3 – 5 item saja

2. Buatlah standar ukuran yang mudah diukur dan dicapai

Jangan mempersulit tim anda dan departemen Anda, buatlan standar ukuran yang mudah Anda capai dan tidak rumit.

3. Buatlah definisi KPI yang mudah dan simple namun Smart

Jangan membuat definisi KPI yang terlalu njlimet sehingga kita susah untuk mengukurnya, pakailah prinsip SMART dalam membuat definisi KPI.

4. Atasan adalah role model dalam monitoring kinerja (KPI)

Mulailah dari atasan yang memberikan contoh konsisten untuk memonitor pencapaian KPI, karena atasan adalah contoh bagi bawahannya.

5. Asahlah kemampuan coaching dan mentoring setiap leader, dan bangun budaya rewards

Terus membangun kemampuan coaching setiap lini manager agar memiliki kemampauan mementor dan mencoach bawahannya dalam pengukuran pencapaian KPI setiap bulannya, lantas apabila kebiasaan memonitor KPI sudah mulai kelihatan terbentuk berikan reward kepada tim Anda.

Demikian lima hal kebiasan yang harus dibangun dalam organisasi Anda dalam melakukan monitor performance, karena sesuatu hal yang tidak dapat diukur karena tidak adanya record pencapaian kinerja departemen dan tiap individu dalam organisasi Anda.

Selamat berjuang kawan.