Sadarkah Anda Rekrutmen Proses Merupakan Tahapan Paling Krusial Untuk Organisasi Anda

By Gustyana

Tak banyak yang sangat perhatian pada rekrutmen proses ini, Coba bayangkan, kalau kita salah memilih orang yang tidak tepat, begitu masuk dan mengakibatkan kesalahan ketika karyawan sudah kita maintain. Berapa besar biaya rekrutmen, pelatihan, gaji, benefit dll yang sudah kita keluarkan.

Berhati – hatilah dalam tahapan proses rekrutmen ini, karena tahapan perkenalan antara seseorang dan dari pihak perusahaan kepada kandidat calon karyawan. Hal yang harus dipersiapkan seseorang ketika pada tahap rekrutmen ini adalah melihat job spesifikasi dan budaya perusahaan yang akan Anda masuki. Kemudian lakukan check informasi perusahaan pada social media, coba add pada beberapa karyawan yang bekerja disana, lakukan direct message kepada karyawan pada perusahaan yang akan kita sasar untuk meminta keterangan bagaimana kondisi bekerja di perusahaan yang akan kita tuju, mulai dari gaji, jenjang karir, benefit, budaya perusahaan, dan lain sebagainya. Sehingga diibaratkan tidak membeli kucing dalam karung.

Nah sedangkan kalau dari pihak perusahaan sendiri, biasanya melakukan background check juga kepada calon karyawan dengan cara memerika orang – orang yang mengenal dari kandidat tersebut pada perusahaa sebelumnya seperti yang tertera pada CV calon karyawan, melakukan cek juga untuk social media seperti facebook, instagram, linkedin, dan lain sebagainya. Fungsinya adalah untuk melihat attutide pada social media dari calon kandidat kita.

Kembali lagi, bagaimana melakukan proses rekrutmen yang efektif, kita bahas dengan tuntas disini:

  1. Pembuatan Job Spesifikasi dan Pemasangan Info Lowongan Pada Portal Digital Rekrutmen

Ketika kita melakukan identifikasi dan penyusunan job spesifikasi, usahakan kita pasang pada portal penyedia lowongan pekerjaan seperti job street, job db, dan lain sebagainya, ataupun kita berbayar dengan melakukan pemasagan info lowongan diinstagram dan linkedin, 2 social media yang saat ini sedang booming.

2. Melakukan Assessment Dengan Sistem Digitalisasi

Untuk menghemat waktu proses seleksi administrasi dan melakukan tes assessment, sebaiknya dilakukan dengan platform digital sehingga mungkin dari peserta luar kota dapat dilakukan dimana mereka tinggal sekaligus mengurangi biaya perjalanan dari peserta calon karyawan dan menghemat proses waktu untuk dilakukan assessmen sampai didapatkan hasil psikorgram.

3. Proses Interview User dan HRD Secara Online

Proses interview juga dapat menggunakan beberapa platform digital untuk menghemat biaya rekrutmen dan waktu proses rekrutmen, sebut saja beberapa media digital untuk interview ada skype, zoom dan lain sebagainya.

4. Proses Tes Kesehatan di Domisili Calon Kandidat Karyawan

Untuk menghemat waktu proses rekrutmen, untuk para praktisi HR dapat mencoba untuk bekerjasama dengan banyak penyedia jasa tes kesehatan, sehingga calon karyawan dapat melakukan tes kesehatan dimanapun tempat  calon karyawan tinggal.

5. Proses Penandatanganan Perjanjian Kerja Dengan Google Drive

Pada proses ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan media digital, misal saja dengan google drive bisa kita gunakan, untuk calon pekerja yang sudah kita nyatakan terima. Dapat diilakukan penandatangan basah atau digital, kemudian dikirimkan kepada perusahaan melalui email. Sehingga menghemat dari sisi biaya rekrutmen dan waktu proses rekrutmen itu sendiri.

Sudah kita ulas mengenai 5 hal untuk mempercepat proses rekrutmen dan mengurangi biaya rekrutmen perusahaan. Sehingga dapat berhemat dari sisi biaya rekrutmen itu sendiri, oleh karenanya kita harus menggunakan cara yang efektif, & patut dicoba :

  1. Pembuatan Job Spesifikasi dan Pemasangan Info Lowongan Pada Portal Digital Rekrutmen
  2. Melakukan Assessment Dengan Sistem Digitalisasi
  3. Proses Interview User dan HRD Secara Online
  4. Proses Tes Kesehatan di Domisili Calon Karyawan
  5. Proses Penandatanganan Perjanjian Kerja Dengan Google Drive

Semoga bermanfaat ya sobat, dan selamat mencoba